Sosialisasi Strategi Pemasaran Digital Marketing

TangselMedia-Perkembangan teknologi saat ini berdampak terhadap dunia pemasaran yang berubah menjadi era digitalisasi. Era digital memberikan cara baru dan kemudahan kepada para pemasar guna mempelajari mengenai perilaku konsumen, produk, brand dan layanan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Digitalisasi juga membantu komunikasi antara para pemasar dengan konsumen ke dalam kelompok yang lebih luas maupun komunikasi perorangan. Teknologi digital membawa perubahan baru pada komunikasi pemasaran, periklanan, dan sebagai sarana membangun hubungan, yang terdiri dari online advertising, alat berbagi vidio, telepon selular hingga aplikasi web, maupun jaringan sosial online.

Pemasaran digital merupakan suatu kegiatan pemanfaatan teknologi digital guna menciptakan komunikasi yang terintegrasi, memiliki tujuan dan terukur guna membantu mendapatkan dan mempertahankan pelanggan sekaligus membangun keterikatan  yang lebih dalam. Sebagai cabang dari pemasaran tradisional, pemasaran digital menggunakan saluran digital modern dalam penempatan produk sekaligus sebagai sarana komunikasi dengan pemangku kepentingan, yaitu pelanggan dan investor guna membahas tentang merek, produk, dan kemajuan bisnis mereka.

Pemasaran digital melibatkan teknologi digital seperti web, e-mail, database, seluler, dan TV digital. Hal ini untuk mendukung kegiatan pemasaran interaktif dan noninteraktif yang bertujuan  untuk mencapai hasil dan retensi yang menguntungkan pelanggan dalam multichannel proses pembelian dan siklus hidup pelanggan. penggunaan teknologi digital dalam pemasaran membuka saluran baru dalam menjual produk dan layanan, yang sekaligus menempatkan pelanggan sebagai penanggung jawab yang menciptakan perubahan mendasar dalam dinamika pemasaran.

Berdasarkan kondisi di atas, perlu ada upaya yang dilakukan untuk membantu para karang taruna & warga sekitar dalamstrtegi pemasaran digital marketing. Untuk itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Teknik Industri  Universitas Pamulang (UNPAM) yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa  membantu para karang taruna & warga sekitar khususnya di Desa ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan dengan kegiatan “ SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MARKETING Bagi Masyarakat Desa Ciater Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan, maka kegiatan PKM dalam bentuk sosialisasi, dilaksanakan pada harI Minggu, 12-14 Desember 2021.

Baca Juga  Sonny Febrino Meraih Juara 1 Saat Launching Cluster East Summerland

Pemasaran digital memberi peluang bagi para pelaku bisnis dari berbagai ukuran dan jenis usaha yang ingin dipasarkan, maupun mengenalkan produknya ke pasar yang lenih luas dengan harga yang lebih terjangkau. Manfaat pemasaran digital dalam mendukung pemasaran sebaiknya dengan enrapkan definisi pemasaran. Dimana disebutkan bahwa pemasaran merupakan proses manajemen yang bertangung jawab dalam mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan kebutuhan serta memberikan keuntungan bagi pelanggan dan sekaligus terhubung pada kegiatan operasional bisnis perusahaan guna meraih keuntungan.

Kepala Desa Ciater, dan Karang taruna Serata warga sekitanya dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Universitas Pamulang khusus Program Studi Teknik Industri atas kepeduliannya untuk membantu para karang taruna dan warga sekitar dalam dalam sosialisasi strategi pemasaran digital marketing di Desa Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan  yang harus mengetahui strategi atau langkah-langkah dalam dalam melakukan kegiatan pemasaran secara digital.

Diharapkan pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Teknik Industri, Universitas Pamulang (Unpam) dapat bermakna dan berkesinambungan baik bagi karang taruna & warga sekitar maupun Unpam. Para akademisi di Unpam diharapkan dapat menjadi sumber ilmu, penghubung atau interface dengan pemangku kepentingan karang taruna serta warga sekitar  menjadi center of excellent dalam strategi pemasaran digital marketing.(***)

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply