Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman Kembangkan Tangsel Menjadi Kota Masa Depan

Eco City Innovatif

Eco City Innovatif

Tangselmedia – Saat ini banyak muncul ide, gagasan dan konsep kota masa depan seperti Smart City, Technopolis, Eco City, Sister City dan lain-lain. Namun benarkah semua gagasan atau ide tersebut dapat menjawab tantangan zaman dari masyarakat sekarang yang serba digital? Jawabnya belum tentu, karena masih banyak infrastuktur yang dibangun pengembang yang belum berpihak kepada para pengguna sepeda motor, pesepeda dan para penderita disable.

Memasuki usianya yang ke 8, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman memiliki inovasi akan mengembangkan Tangerang Selatan menjadi Kota Masa Depan yang berdampak positif terutama terhadap masyarakat marginal. Rencana pengembangan akan dilakukan selama lima tahun kedepan dengan mengembangkan Sembilan Situ dan Lima Sungai di kota Tangsel.

Sekretaris Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman Kota Tangsel, Mukoddas Syuhada mengatakan, bahwa sungai dan situ yang ada di Tangerang Selatan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi Kawasan Eco City. Kawasan yang akan menjadi tempat beraktivitasnya warga kota, selain itu akan di bangun juga semacam Hutan Kota dan Taman Kota, kemudian Kampung- kampung eksisting ditata menjadi kampung Eco Wisata Innovatif.

pedestrian melayang tampak samping pedestrian melayang tampak atas“Transportasi sungai akan dibuat untuk menghubungkan kampung-kampung wisata di pusat kota. Lalu akan disediakan pedestrian melayang untuk pejalan kaki, disable dan pengguna sepeda yang akan dibuat aman dan nyaman, akan ada CCTV dan aplikasi tombol panik di handpone sebagai keamanan, ditambah lagi lift dan eskalatur untuk mempermudah aksesnya”, papar Mukoddas kepada TangselMedia (25/11).

Rencananya juga tedapat Vending Mechine yaitu tempat makanan dan minuman yang dapat digunakan setiap saat dan ada SkuaDRONE untuk pantau kemacetan.

“Di beberapa tempat akan terdapat Vending Mechine makanan dan minuman yang dapat digunakan setiap saat. Sementara untuk mendapatkan informasi tentang tata ruang, titik Kemacetan atau jalur evakuasi akan dibuat SkuaDRONE yang beroperasi di jam-jam yang telah ditentukan dan direncanakan”, tambah Sekdis Tata Kota Tangsel ini.

Masih menurut Mukoddas, sebagai kota modern dan memudahkan akses ke Pemkot Tangsel, maka akan dilengkapi fasilitas online untuk publik.

“Untuk pelayanan publikpun akan disediakan fasilitas online yang dapat diakses oleh masyarakat yang semuanya terhubung dengan pusat pemerintahan Tangerang Selatan “, tutup Mukoddas. (SR/isk)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply