Dukung Pemanfaatan Inovasi Alat Inveronmental Temperatur and Humidity Detection Sebagai Upaya Monitoring Suhu dan Kelembaban Ruangan/Lingkungan Ruang Penyimpanan Produksi Sabun Cuci Piring

TangselMedia-Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di ketuai oleh Dede Irta dan beranggotakan 4 orang mahasiswa Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang lainnya, melangsungkan penyuluhan terkait Pemanfaatan Inovasi Alat Monitoring suhu dan kelembaban ruang penyimpanan produksi sabun cuci piring, di dalam lingkungan Perumahan Mutiara Harmoni RT 001/014, Desa. Sukamanah, Kec. Rajeg, Kab. Tangerang tanggal 05 Desember 2021. Tempat tersebut dipilih untuk menjangkau secara luas wujud pengabdian Universittas Pamulang yang di wakili oleh mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat di Kampus dengan memberikan penyuluhan akan pentingnya pemanfaatan inovasi alat monitoring suhu dan kelembaban ruang penyimpanan khusu pada produksi sabun cuci piring yang dibuat dirumahan atau bisa kita sebut home industri.

Acara tersebut berlangsung dengan lancar dan penuh antusias dari warga sekitar dengan di hadiri oleh ketua RT, pengurus wilayah dan masyarakat sekitar serta dihadiri oleh Dosen Pembimbing PKM. “Saya sangat berterimakasih banyak atas informasi dan ilmu yang para mahasiswa berikan, dari program PKM ini tentang bagaimana cara pembuatan sabun, pemasaran, dan alat pendeteksi suhu dan kelembaban yang cukup menarik untuk warga kita”. Ujar pak Wagino selaku perwakilan masyarakat.

Tujuan dari penyuluhan pada program PKM ini adalah mengenalkan tentang cara pembuatan/memproduksi sabun cuci piring dengan biaya terjangkau, mengenalkan standarisasi produk, pembuatan alat atau penggunaan alat untuk mendukung suatu ruangan atau lingkungan produksi sabun cuci piring menjadi steril, pemasaran atau penjualan yang lebih mudah, efektif dan efisien.

Setelah melakukan kegiatan penyuluhan para peserta kemudian menerapkan secara langsung atas apa yang telah di dapat selepas penyuluhan dengan menyampaikan alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Alat/Robot ETHAD. Mahasiswa perwakilan dari kelompok  menjelaskan secara detail tentang kelebihan dan manfaat dari Alat/Robot ETHAD yang bisa di akses menggunakan handphone dan aplikasi yang dibuat sebagai penghubung ke robot ETHAD. Selain para mahasiswa, dosen pembimbing dan masyarakat mendapatkan ilmu, para mahasiswa juga diajarkan cara membuat atau memproduksi sabun cuci piring dan alat/robot ETHAD sebagai alat monitoring suhu dan kelembaban disuatu ruangan/lingkungan produksi. Maka terjadi pertukaran ilmu antara mahasiswa, dosen pembimbing dan masyarakat perumahan puri harmoni yang sangat bermanfaat bagi peserta program PKM.

Baca Juga  Covid-19 dan Hubungannya Dengan Revolusi Industri 4.0

“Saya sangat senang sekali dengan adanya program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan para mahasiswa dan dosen pembimbing Universitas Pamulang sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan dan saling belajar bagaimana cara membuat peluang usaha dengan memproduksi produk sabun cuci piring serta dari diri pribadi beserta kelompok sangat senang sekali karena alat/robot Environmental Temperature and Humadity Detection upaya monitoring suhu dan kelembaban yang kita buat bisa diterima dengan baik oleh perwakilan masyarakat Perumahan Puri Harmoni. Harapan saya semoga alat yang kita buat bisa bermanfaat dan bisa jadi inovasi baru untuk masyarakat perumahan puri harmoni terutama di wilayah Rt 001/014. Semoga kedepannya program pengabdian kepada masyarakat yang diadakan Universitas Pamulang kedepannya bisa semakin baik dan senantiasa memberikan manfaat pada masyarakat. Saya mengucapkan banyak terima kasih untuk para mahasiswa, dosen pembimbing dan masyarakat perumahan Puri Harmoni khususnya wilayah RT 001/014 yang telah berkenan untuk menjadi peserta di program PKM ini dan mengsukseskan kegiatan ini’’. Ujar Dede Irta selaku ketua  PKM mahasiswa Universitas Pamulang.

Penutupan program PKM ini ditutup dengan pemberian sebuah plakat secara simbolis kepada perwakilan masyarakat sebagai wujud rasa terima kasih atas partisipasi warga Puri Harmoni RT 001/014 . Diharapkan Kerjasama ini akan terjalin untuk waktu kedepannya dan dapat memberikan manfaat untuk mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply