Keberhasilan Program Gerbang Mapan, Terbukti Hasil Tambak Melimpah

Banten, Liputan UKM 0

PANEN IKAN BANDENG

TangselMedia.com – Program Gerbang Mapan (Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai) yang dicetus oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dalam rangka memberdayakan masyarakat di sekitar pantai mulai terlihat hasilnya.

Keberhasilan program Gerbang Mapan bisa dilihar dari panen perdana ikan bandeng melimpah pada area tambak seluas 50 hektar, beberapa waktu lalu, di Desa Patramanggal, Kecamatan Kemiri.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, Heri Wibowo, menjelaskan bahwa adanya program Gerbang Mapan ini adalah bagian dari 25 program unggulan Bupati Zaki Iskandar.

Keberhasilan program ini berkat hasil kerjasama dengan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) Institut Pertanian Bogor (IPB). Awal dimulai program ini sejak tahun 2015 lalu dengan bekerjasama dengan desa-desa, antara lain Muara Kecamatan Teluknaga, Margamulya Kecamatan mauk, Patramanggala Kecamatan Kemiri.

Heri mengungkapkan bahwa ada tiga aspek yang menjadi fokus perhatian dalam program Gerbang Mapan, yakni penguatan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan infrasturktur dasar.

Heri sangat bersyukur sebab pada tahun 201 ini, kerjasama dengan IPB mengalami penambahan menjadi enam desa. Lalu ditargetkan tahun 2018 nanti aka nada 25 desa. Pihak Heri sengaja untuk tidak menerapkan ke banyak desa dengan program ini, dengan alasan ingin benar-benar fokus sehingga upaya semua proses menjadi efektif dan efisien, ungkap Heri.

Di lain kesempatan, Didin Syamsudin selaku Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Tangerang menghaturkan rasa terima kasih tak terhingga kepada PKSPL IPB atas kerjasama selama ini dengan Pemkab.

Didin berharap bahwa kelak pencapaian ini mampu dipertahankan bahkan ditingkatkan secara konsisten agar penerapan program Gerbang Mapan dapat diterapkan secara mata diseluruh wilayah pesisir Kabupaten Tangerang.

Menurut Dr. Aryo Damar, Kepala PKSPL IPB mengaku senang atas pencapaian hasil panen yang berlimpah tersebut. Sebab keberhasilan itu berkat upaya Dinas Perikanan dan Kelautan selalu intensi koordinasi dengan IPB sehubungan dengan peningkatan ekonomi masyarakat pesisir dengan kegiatan tambak ikan bandeng.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply