Pakai Sisa Kulit Jeruk untuk Kebersihan Rumah

Nasional, Properti 0
Foto: rumah.com

Foto: rumah.com

TangselMedia – Apakah Anda senang mengkonsumsi buah jeruk? Nah, mulai sekarang ada baiknya manfaatkan kembali kulit jeruk kulit jeruk Anda dengan tidak membauangnya. Seperti dituturkan oleh pakar interior rumah Amanda Hearn, ternyata kulit jeruk mengandung banyak kegunaan dan bisa diterapkan untuk menjaga keharuman di rumah Anda.

Melalui pemanfaatan sisa kulit jeruk mampu mengharumkan ruangan serta pada bagian-bagian tertentu agar terhindar dari bau yang tidak sedap. Berikut cara agar memaksimalkan kulit jeruk yang dikutip dari Balkonie.com.

1. Pewangi Ruangan

Kulit jeruk bisa dimanfaatkan sebagai pewangi ruangan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, masukkan kulit jeruk ke dalam panci yang berisi air, masaklah dengan suhu rendah kemudian biarkan hingga air mendidih. Kulit jeruk akan mengeluarkan minyak alami yang berfungsi untuk mengharumkan ruangan. Tambahkan satu batang kayu manis atau bisa juga daun kemangi agar aroma wangi lebih terasa.

2. Pembersih Buatan 

Selain itu, kulit jeruk dapat menjadi pembersih alami yang baik untuk membersihkan rumah. Cara membuatnya pun tidak rumit, yakni rendam kulit jeruk di dalam air cuka dan diamkan selama satu hingga dua minggu.

Kemudian campurkan air dengan perbandingan 50:50 dan mulailah membersihkan rumah seperti biasa. Wangi alami dari kulit jeruk dapat membersihkan sekaligus mengharumkan rumah. Oh ya,, Anda juga telah membantu menyelamatkan lingkungan dengan mendaur ulang bahan yang telah digunakan.

3. Mengharumkan Tempat Cucian Piring

Area tempat mencuci piring cenderung terasa lembab dan menimbulkan aroma kurang menyenangkan sebab kerap kali digunakan. Untuk menghilangkan wangi tersebut, masukkan kulit jeruk ke dalam wadah es, tambahkan air dan bekukan. Setelah itu Anda cukup cairkan es batu berisi kulit jeruk itu di dalam bak cucian piring, biarkan wangi kulit jeruk menyeruak hingga tidak timbul lagi aroma tak sedap.

4. Membersihkan Talenan

Talenan atau papan kayu untuk memotong sayuran ataupun bisa menjadi sarang bakteri. Sehingga dibutuhkan pembersihan menyeluruh agar kuman-kuman di dalamnya hilang. Caranya pun tidak sulit, silahkan gosokkan kulit jeruk pada talenan secara keseluruhan, bilas, dan keringkan di tempat panas. Kulit jeruk berguna sebagai desinfektan yang bisa menghilangkan bakteri.

5. Menetralisir Bau di Dalam Kulkas

Barangkali perabotan rumah tangga ini merupakan tempat favorit anggota keluarga menyimpan aneka makanan dengan aroma yang beragam. Oleh sebab itu, agar dapat menetralisir wangi yang kurang menyenangkan tersebut, kulit jeruk bisa menjadi salah satu cara ampuh agar menghilangkannya. Caranya sebagai berikut, letakkan kulit jeruk pada mangkuk dan simpan di dalam kulkas. Wangi kulit jeruk akan menetralisir sekaligus menyegarkan kulkas.

Dengan melakukan beberapa tips cara membersihkan seperti diatas, semoga segala perabotan rumah tangga Anda dapat terhindar dari bakteri dan sekeluarga menjadi sehat. Selamat mencoba!

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply