Mahasiswa Teknik Mesin UNPAM Gagas Rancang Bangun Rak Al-Quran dan Tempat Cuci Tangan Untuk Fasilitas Umum

TangselMedia-Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang (UNPAM) yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan perancangan serta pengerjaan rak Al-Quran dan tempat Cuci Tangan dengan pengelasan listrik pada hari Minggu tanggal 29 Mei 2022.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh dua kelompok, terdiri dari kelompok yang berfokus pengerjaan rak diketuai oleh Iqbal beserta tim sedangkan kelompok yang berfokus pengerjaan tempat cuci tangan diketuai oleh Diva beserta tim. Dalam kegiatannya bekerjasama dengan Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Rw. 003 dan Ikatan Alumni Teknik Mesin Universitas Pamulang.

Untuk teknis pelaksanaannya kelompok PKM mahasiswa merancang terlebih dahulu desain produk, dilanjutkan dengan membeli material yang dibutuhkan, memotong material besi, hingga akhirnya merangkai potongan tersebut menjadi kesatuan produk yang utuh dengan bantuan pengerjaan pengelasan listrik.

Mereka berharap dengan adanya program ini menghasilkan output berupa memberikan suatu produk yang dimanfaatkan langsung oleh masyarakat sekaligus mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dengan berbagai organisasi setempat.

Sebagai Ketua RT Regha mengungkapkan bahwasannya respon dari masyarakat sangat menerima kehadiran program PKM oleh mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang, terbukti dari spontanitas membantu menyediakan fasilitas di lokasi kegiatan.

Baca Juga  Lakukan Roadshow ke DPD, DPW PKS Banten Siap Menangkan Pasangan Wahidin - Andika

“Dengan bantuan secara spontanitas dari masyarakat, program ini berjalan dengan lancar dan cepat sesuai dengan estimasi waktu yang ditentukan.” ungkapnya

Ketua IKATM Unpam sekaligus MPKT RW 03 Rahman memantau secara langsung serta memberi pengarahan kepada setiap mahasiswa jika mengalami sedikit kesulitan dari proses aktifitasnya, dari awal hingga akhir proses pengerjaan setiap anggota menerapkan keselamatan kerja.

“Dari setiap  proses dilakukan mahasiswa, terbukti menerapkan ilmu yang didapatkan dari Universitas dan diterapkannya  keselamatan kerja.” ujarnya

Diakhir sesi serah terima produk, mahasiswa dan masyarakat yang hadir melakukan bincang-bincang santai kemudian dilanjutkan dengan melakukan foto bersama dan penandatanganan form kerjasama Implementation Arragement (IA) antara kaprodi teknik mesin dengan Regha selaku Ketua Rt. 002 dan Ketua Karang Taruna Kademangan Unit Rw. 003 Yuda Nur Rohim***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply