Interupsi Al Muzammil Yusuf di Forum Paripurna DPR Disambut Takbir

Al Muzammil dalam rapat di gedung DPR Senayan
Al Muzammil dalam rapat di gedung DPR Senayan

TangselMedia – Serta merta suara Al Muzammil Yusuf, Anggota DPR dari Fraksi PKS menjadi perhatian semua yang hadir dalam rapat paripurna di gedung DPR, Senayan Jakarta, “Saya hanya ingin menyampaikan satu hal yang menjadi hak saya, sebagai dewan. Saya ingin menyampaikan soal suara seseorang tentang makna toleransi.” Katanya pada Rabu 19 Oktober 2016.

Al Muzammil membacakan surat yang ditulis oleh Gamal Albinsaid terkait dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta, yang menuai kontroversial dan dianggap oleh banyak pihak sebagai penistaan ajaran agama. Gamal Albinsaid adalah seorang doktor asal Universitas Brawijaya yang dalam surat itu menyoroti soal toleransi antar umat beragama.

Sebelum rapat paripurna yang membahas tentang Perjanjian Paris atas Konvensi Kerangka Kerja PBB mengenai perubahan iklim dibuka, Al Muzammil mengangkat tangan untuk mengajukan interupsi. Ia menyuarakan pernyataan.

Al muzammil menambahkan, “Saya ingatkan kepada Presiden, Kapolri, negara kita negara hukum, hormati hukum. Pernyataan kami kalau ada anggota mari didukung, kita hanya tuntut jalur hukum. Sehingga tak perlu ditakutkan seperti apa yang dikatakan Hendropriyono. Tak perlu. Karena kita tak ingin onar. Kita hanya menjalankan Pancasila. Saya ajak takbir. Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar, walillahilham,” yang langsung disambut gemuruh suara takbir.

Berikut ini surat lengkap yang dibacakan oleh Al Muzammil dalam rapat paripurna hari ini:

THE HIGHEST RESULT OF TOLERANCE IS RESPECT AND SOCIAL RELATIONS

Bismillahirrahmanirrahim…

Dua hari lalu, sebelum saya menerima penghargaan Empowering People Award dari Siemens di Jerman, salah seorang panitia mendatangi saya untuk menanyakan cara bersalaman di atas panggung karena pimpinan mereka adalah seorang wanita. Mereka menghormati ketika tahu saya tidak bersalaman dengan wanita karena tidak ingin bersentuhan dengan yang bukan muhrim saya. Saya cukup menempelkan kedua tangan saya, lalu menyapa mereka tanpa menyentuh tangannya. Mereka mengatur itu di atas panggung, agar saya merasakan kenyamanan. Itulah toleransi.

Di perjalanan ke Inggris, untuk kunjungan ke-15 perusahaan, pernah saya menaiki pesawat yang tidak menyediakan makanan halal. Setelah saya sampaikan kepada mereka, saya hanya bisa makan makanan halal, mereka mencari sebuah mie instan yang memiliki label halal untuk saya. Itulah toleransi.

Ketika saya harus presentasi di California University yang bersamaan saat Shalat Jumat, saya minta panitia menggeser jam presentasi kami, karena saya ingin melaksanakan Shalat Jumat di sana. Mereka mengijinkan menggeser waktu presentasi saya. Itulah toleransi.

Ketika makan malam dengan pangeran Charles di Istana Buckingham, mereka mengatur supaya saya mendapatkan makanan untuk vegetarian, agar saya merasa nyaman. Itulah toleransi.

Di berbagai pengalaman itu, saya merasakan dan menyimpulkan, bahwa bentuk toleransi adalah hormat. Bagi saya “The highest result of tolerance is respect and social relations”, toleransi itu adalah bentuk penghormatan kita pada perbedaan yang ada. Mulai dari hal yang kecil seperti: makanan, cara berpakaian, cara beraktivitas, sampai hal yang besar soal agama, kitab suci, dan prinsip Ketuhanan.

Baca Juga  Ceramah Habib Rizieq pada Tabligh Akbar FPI di Ciputat, Dipadati Ribuan Jama'ah

UNESCO dalam publikasinya “Tolerance: The Threshold of Peace” menyatakan social relations adalah salah satu indikator dari suksesnya toleransi di sebuah masyarakat. Oleh karenanya, hasil dari toleransi adalah kenyamanan individu dan keharmonisan sosial.

Mau tidak mau, pemimpin berperan besar dalam menjaga, membangun, dan menciptakan toleransi yang baik. Tidak boleh pemimpin itu masuk atau memberikan komentar terhadap agama, kitab suci, prinsip Ketuhanan, dan cara beribadah sebuah agama.

Peran pemimpin itu penting sekali dalam toleransi yang kita bangun. Kita rindu pemimpin yang mampu menyejukkan perbedaan kita dalam kesantunan, menciptakan keharmonisan di antara perbedaan dengan sikap saling menghormati dalam cinta kasih. Bukan pemimpin yang tidak mempedulikan perbedaan yang ada, menciptakan ketegangan dengan menghina agama, melecehkan kitab, membatasi cara beribadah. Seorang pemimpin harus menghormati agama yang berbeda dengan tidak menilai atau mengomentari agama, tidak mengomentari kitab suci, dan tidak mengomentari cara beribadah. Lalu bagaimana keharmonisan bisa hadir jika pernyataan mengarah pada pelecehan atau penghinaan pada kitab suci dan isi kitab suci?

Teruntuk Pak Ahok, before you say something, stop and think how you’d feel if someone said it to you. Sungguh menyakitkan, jika anda merasakan bagaimana yang kami rasakan, sebagai umat Islam, kitab yang kami baca tiap hari, kami jadikan pegangan hidup, kami hafalkan, kami baca saat banyak orang tidur, kami pelajari bertahun-tahun, lalu dengan mudahnya anda sebut sebagai alat melakukan kebohongan. Apakah Pak Ahok pernah menempuh jurusan tafsir hingga merasa berhak menafsirkan Al-quran seenaknya? Pak Ahok, jangan hina kitab suci saya hanya untuk kepentingan politik anda! Tidak ada sedikitpun kebohongan dalam Al quran! Hormati Al quran kami!

“Don’t get so tolerant that you tolerate intolerance” (Bill Maher). Kita tidak boleh mentoleransi sebuah keintoleransian. Jangan salah mengartikan toleransi, “Tolerance does not mean tolerating intolerance”.

Saya sebenarnya tidak suka menuliskan atau memberikan tanggapan soal permasalahan politik, tapi nasehat Ayaan Hirsi Ali bahwa “Tolerance of intolerance is cowardice” (mentoleransi sebuah intoleransi adalah sikap pengecut) cukup memantapkan hati saya untuk tidak diam.

Gagasan toleransi Ayaah Hirsi Ali itu sama dengan apa yang dikatakan Haji Abdul malik Karim Amrullah atau yang biasa kita kenal dengan Buya Hamka, “Jika agamamu, nabimu, kitabmu dihina dan engkau diam saja, jelaslah ghiroh telah hilang darimu… Jika ghiroh telah hilang dari hati, gantinya hanya satu, yaitu kain kafan. Sebab kehilangan ghiroh sama dengan mati…”

Ya, jika diam saat agamamu dihina, gantilah bajumu dengan kain kafan. Itu jika diam.

Lalu bagaimana “jika membela orang yang menghina agamamu?” Guntur Romli dan Nusron Wahid mungkin bisa membantu saya menjawabnya.

 

10 Oktober 2016

Gamal Albinsaid

(DBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *