Kebun Botani Puspiptek Serpong

Wisata
image from :puspiptek.ristek.go.id

image from :puspiptek.ristek.go.id

TangselMedia.com – Alam dengan pepohonannya, merupakan salah satu pemandangan terbaik yang bisa kita temui di muka bumi ini. Hijaunya dedaunan dan rimbunnya pepohonan menjadikan alam sebagai salah satu paru-paru dunia yang harus terus dilestarikan dan terus dijaga agar kita tetap bisa menghirup segarnya udara.

Salah satu contoh keindahan alam yang kaya akan tumbuh-tumbuhan adalah kebun botani. Kebun botani biasanya digunakan sebagai tempat riset berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang biasanya tumbuh secara alami maupun sengaja ditanam seperti tanaman ex-situ (tanaman yang berada di luar habitatnya). Tujuannya tentu saja sebagai bahan untuk penelitian dan pelestarian.

Namun fungsi kebun botani tidak hanya sebagai tempat mengkoleksi atau meneliti berbagai jenis tumbuhan dan tanaman. Akan tetapi kebun botani juga mulai digunakan sebagai sarana wisata yang memiliki nilai pendidikan bagi mereka yang mengunjunginya. Boleh dikatakan kebun botani merupakan arboretum yang kaya akan pengetahuan.
Ada banyak kebun-kebun indah yang bisa kita jumpai di Indonesia namun hanya ada sekitar 6 Kebun Raya yang terdapat di Indonesia. Kebun raya adalah kebun dengan ukuran yang super luas dan bisa mencapai ratusan hektar. Kebun raya yang ada di Tanah Air diantaranya adalah.

1.Kebun Raya Bogor
2.Kebun Raya Eka Karya Bali
3.Kebun Raya Cibodas
4.Kebun Raya Purwodadi
5.Taman Buah Mekarsari, dan
6.Kebun Botani Puspiptek Serpong.

Dan yang disebut terakhir yaitu Kebun Botani Puspiptek Serpong merupakan sebuah kebun botani yang terdapat di kawasan Serpong, Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Kebun ini merupakan pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi dan lebih dikenal dengan istilah “Puspiptek”. Puspiptek memang sengaja dirancang sebagai kawasan pusat penelitian dan pelayanan teknis serta untuk menunjang teknologi dan keahlian SDM.

Pada awalnya kawasan seluas 142,5 hektar ini merupakan kebun karet dan lahan penduduk, namun rencana pembangunan reaktor nuklir pada tahun 1964 menyebabkan tempat ini menjadi kering dan tandus, tanpa pohon. Kemudian pada tahun 1978 diadakan penghijauan yang laksanakan oleh LIPI. Penghijauan ini dimaksudkan untuk menyegarkan kembali lahan kering ini. Dan hasilnya, hingga saat ini Kebun Botani Puspiptek telah memiliki berbagai jenis tanaman dan pepohonan yang berasal dari berbagai pulau di Indonesia, diantara tanaman-tanaman yang ada di Puspiptek seperti Kleco, Damar, Kemiri Cina, Rotan, Dukuh, Nibung, Sindur, Kedawung, dan lain lain.

Tidak hanya itu, di Kebun Botani ini juga terdapat berbagai tumbuh-tumbuhan seperti tumbuh-tumbuhan penghasil buah, tanaman obat-obatan. Bahkan, di kebun ini juga terdapat berbagai jenis tanaman komoditi yang dapat di eksport seperti Karet, Kopi, Teh, Kelapa Sawit, Coklat dan lain lain.

Bagi anda warga Tangerang Selatan yang ingin berkunjung ke Kebun Botani Puspiptek Serpong ini, Anda dapat berkunjung setiap hari untuk menikmati keindahan alamnya yang sangat asri dan sejuk. Kekayaan jenis tumbuh-tumbuhan yang dimiliki oleh kebun ini menjadikan anda tidak akan merasa rugi ketika berkunjung ke Kebun Botani Puspiptek Serpong. Karena, tidak hanya tumbuh-tumbuhan dan pepohonan yang disebutkan di atas saja yang tumbuh di kebun ini, melainkan disini juga terdapat Kebun Bumbu yang berisi berbagai jenis tanaman rempah-rempah khas Indonesia seperti Salam, Serai, Jeruk Purut, Jeruk Sambal, Pala, Keluwek, Rimpang, Kunyit, Jahe, Laja, Kayu Manis, dan lain-lain.

Dan satu lagi kelebihan dari kebun ini adalah, lengkapnya tanaman dari berbagai provinsi, Kebun Provinsi Mini itulah sebutannya. Berisi berbagai jenis tanaman dari berbagai provinsi di Indonesia contohnya seperti Lontar yang berasal dari Sulawesi Selatan, Kantil yang berasal dari Jawa Tengah, Gandaria yang berasal dari Jawa Barat, Majegau yang berasal dari Bali, serta berbagai tanaman-tanaman dari provinsi lainnya. Ada sekitar 87 jenis tanaman yang diwakili sedikitnya 50 individu jenis pohon tumbuh ditempat ini.

Tertarik untuk berkunjung? Jika anda memiliki waktu luang, sempatkan untuk mengunjunginya bersama keluarga.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.