Pembinaan dan Penyuluhan Penentuan Persediaan dengan Metode Peramalan Permintaan Produksi Kopi Pada UMKM di Dusun Pasir Kaliki

TangselMedia-Mayoritas masyarakat Indonesia bekerja dalam bidang pertanian. Salah satu komoditas tanaman perkebunan yang banyak dibudidayakan yaitu tanaman kopi. Indonesia menempati peringkat ke-3 dunia setelah Brazil dan Vietnam dalam produksi kopi di tahun 2013.

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang dikembangkan di Indonesia karena masuk dalam kategori komoditi penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Desa Genteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang yang menjadi salah satu kabupaten penghasil pertanian cukup besar menyumbang Pendapatan Daerah dari bidang Pertanian, disebabkan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tidak menunjang kebutuhan masyarakat Sumedang, lebih mendukung pengembang masuk menanamkan investasi untuk kepentingan bisnis mereka di Kabupaten Sumedang.

Kang Dewa menceritakan awal mula Beliau menanam kopi atas inisiatif sendiri menanam kopi untuk bisa mendapatkan pendapatan lebih, karena jika mengandalkan tanaman sayuran dan tembakau harga dipasar tidak pernah stabil, harga lebih dimainkan oleh para pengepul, sedangkan petani tidak bisa menentukan harga terkadang lebih banyak petani merugi. Kini berjalannya waktu hak itu telah membuahkan hasil yang baik dan memiliki nilai jual tinggi dan pada akhirnya petani-petani di Desa Genteng tempat tinggal Kang Dewa mengikuti menanam bibit kopi.

Dalam rangka meningkatkan produksi kopi di usaha mikro UMKM di Desa Genteng khususnya para petani kopi, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan Penentuan Persediaan dengan Metode Peramalan Permintaan Produksi Kopi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang Jawa Barat yang dilaksanakan dari tanggal 04 Juni s/d 06 Juni 2022 dengan mengikuti ketentuan protokol Kesehatan.

Pembukaan Kegiatan PKM dihadiri Bapak Wanto Sarwoko, ST., MT selaku koordinator tim PKM Prodi Teknik Industri-Universitas Pamulang, Bapak, Dede Amung Sutarya, S.pd selaku Kepala Desa di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang Jawa Barat dan tim dosen yang akan melaksanakan kegiatan PKM terdiri dari Bpk. Ruspendi, ST., MT sebagai Ketua dan narasumber, Bpk. Khasbunalloh, ST., MT sebagai MC dan Anggota dan Fredy Dwi Ibnu Saputra, ST., MT sebagai anggota.

Beberapa hal yang akan coba disampaikan adalah terkait dengan bagaimana memperkirakan kebutuhan atau permintaan produk kopi yang dihasilkan oleh UMKM. Hasil diskusi dengan pihak desa juga didapatkan beberapa potensi yang bisa dikembangkan lagi dari kelompok UMKM dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, antara lain:

  1. Cukup banyaknya warga usia produktif yang terjun di dunia usaha khususnya UMKM
  2. Meminum kopi saat ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia khusunya kabupaten Sumedang
  3. Keinginan pihak desa untuk melakukan kolaborasi dengan pihak akademisi dalam membina dan bertukar pengetahuan serta pengalaman dengan kelompok UMKM.

Salah satu usaha yang dilakukan tim pengabdian dalam membina UMKM di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat adalah dengan mencoba memberikan penyuluhan bagaimana cara mengatur tingkat persediaan supaya bisa disesuaikan dengan tingkat permintaan sehingga tercapai persediaan produk yang sehat.

Baca Juga  Dua Ganda Campuran Indonesia Berhasil Singkirkan Unggulan Hong Kong

Berdasarkan latar belakang tersebut, kami dari Tim Program Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang (UNPAM) yang berjumlah 3 dosen terpanggil untuk ikut serta membantu melakukan penyuluhan kepada kelompok UMKM dan juga pemuda Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dengan judul “Pembinaan dan penyuluhan penentuan persediaan dengan metode peramalan permintaan produksi kopi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat”

Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dalam mengendalikan masalah persediaan agar stok produk kopi bisa sesuai dengan jumlah permintaan sehingga tidak terlalu besar dan juga tidak kekurangan saat permintaan meningkat. Kelompok UMKM harus mampu memperkirakan kebutuhan produk kopi dengan baik karena persoalan persediaan akan sangat berpengaruh pada biaya (modal) yang dikeluarkan. Lebih dari itu perputaran modal juga sangat penting bagi UMKM yang memang umumnya modal yang digunakan tidak terlalu besar. Ketepatan jumlah stok produk kopi yang disesuaikan dengan jumlah permintaan akan menjadi penting sekali. Karena jika terjadi kesalahan terkait kebijakan persediaan produk kopi, maka akan meningkatkan risiko kerugian bagi UMKM. Karena stok produk kopi yang terlalu besar tentu berisiko perputaran modal menjadi terhambat, sedangkan stok produk kopi yang terlalu sedikit akan berisiko tidak tercapainya laba usaha yang optimal karena kehilangan kesempatan menjual. Secara khusus tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah:

  1. Dengan pembinaan dan penyuluhan terkait bagaimana mengetahui kebutuhan permintaan produk kopi maka diharapkan kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, bisa menentukan jumlah persediaan produk kopi yang dibutuhkan sehingga sesuai dengan permintaan dari pelanggan.
  2. Memberikan pemahaman kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, akan pentingnya kesesuaian persediaan dengan permintaan agar biaya persediaan menjadi lebih efesien
  3. Membantu pihak Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dalam membina para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mampu berkembang dan bersaing

Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dede Amung Sutarya, S.pd selaku Kepala Desa di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang Jawa Barat  beserta jajarannya, Bapak Dr. Ali Maddinsyah, SE, MM selaku Ketua LPPM-Universitas Pamulang, Bapak Syaiful Bakhri, ST. M.Eng, Ph.D selaku Dekan Fakultas Teknik  – Universitas Pamulang serta Ibu Rini Alfatiyah, ST, MT, CMA selaku Ketua Program Studi Teknik Industri – Universitas Pamulang atas terselenggaranya kegiatan PKM ini. Kami berharap, dari kegiatan ini kiranya dapat memberikan motivasi, wawasan, dan kesadaran kepada peserta sekaligus meningkatkan produksi kopi pada usaha mikro kecil dan UMKM di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang Jawa Barat.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *