Pemberdayaan Karang Taruna Untuk Pelatihan Design Label Packaging Produk Makanan

TangselMedia-Pada hari Jum’at  tanggal 25 November 2022 sampai dengan hari Minggu, 27 Novermber 2022, telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. PKM berjudul “Pemberdayaan Karang Taruna Untuk Meningkatkan Perekonomian Dengan Design Label Packaging Produk Makanan dalam Menaikkan Nilai Produk dan Harga Jual Di Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor”. Kegiatan PKM ini diketuai oleh Ibu Rini Alfatiyah, S.T, M.T, CMA. Untuk pemateri oleh Bapak Sofian Bastuti, S.T, M.T dan Bapak Wahyudin, S.T, M.T. Disamping dosen juga melibatkan mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri.

Pada kegiatan PKM disambut baik oleh Kepala Desa Ciampea Udik yaitu H. Cecep Basarudin dan Sekretaris Desa Aris Munandar. Adapun tujuan dari PKM ini adalah memberdayaan karang taruna untuk meningkatkan perekonomian dengan design label packaging produk makanan dalam menaikkan nilai produk dan harga jual. Dalam kegiatan PKM ini dilakukan pembinaan dan pendampingan masyarakat Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Metode yang akan digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui kegiatan Penyuluhan, diskusi dan simulasi secara offline. Kegiatan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, mengenai sosialisasi pentingnya kemasan yang baik untuk menaikkan nilai produk dan harga jual, jenis kemasan yang akan kami sosialisasikan adalah jenis standing pouch.

Fokus dari kegiatan PKM adalah membuat kemasan standing pouch, namun sebelum membuat kemasan standing pouch ada beberapa kegiatan pendukung yang dilakukan terlebih dahulu. Sebelum ke kemasan produk perlu memerhatikan kualitas produk, dan meningkatkan kesadaran dan pemahaman mitra tentang pentingnya promosi produk.

Baca Juga  Sedang Ramai Kasus Vaksin Cina, BPOM Pastikan Vaksin Di Indonesia Aman

Setelah melakukan penyuluhan, diskusi dan simulasi tim Pengabdian Kepada Masyarakat  Universitas Pamulang memberikan kemasan standing pouch dan alat press packaging tersebut kepada masyarakat pemberdayaan karang taruna untuk meningkatkan perekonomian dengan design label packaging produk makanan dalam menaikkan nilai produk dan harga jual di Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor agar alat tersebut dipakai atau digunakan untuk kemajuan usaha UMKM. Dengan adanya kemasan standing pouch dan alat press packaging dapat meningkatkan pembuatan produk, Sehingga perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik dan lancar.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *