Keunikan dan Daya Tarik Kota Tangerang Selatan

TangselMedia.com – Siapa sih yang tak kenal dengan kota Tangerang Selatan? Setelah diresmikan pada tahun 2008, kota tersebut mengalami banyak perubahan baik dari segi pembangunan dan yang lainnya. Saat ini rencana pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah kota sudah hampir 90% dari sektor infrastruktur jalan. Sedangkan untuk pembangunan pariwisata, pusat belanja, pusat kuliner, destinasi wisata, dan gedung-gedung pemerintahan juga dilakukan dengan cepat. Perkembangan pembangunan Tangsel yang terbilang cukup cepat ini membuat banyak orang yang ingin berkunjung, bahkan ada beberapa yang tertarik untuk menetap dan tinggal di kota tersebut.

Saat iniTangerang Selatan sudah sangat ramai, bukan hanya penduduk asli yang tinggal disana, akan tetapi banyak pendatang yang menetap untuk mencari peluang usaha atau pekerjaan baru. Hal ini disebabkan banyaknya peluang usaha dan pekerjaan yang masih terbuka lebar bagi masyarakat. Seiring berjalannya waktu, pemerintah kota terus melakukan perbaikan wilayah Tangerang Selatan meliputi sektor infrastrukstur saja melainkan mengembangkan sektor lain seperti budaya, pariwisata, kesenian dan ekonomi juga turut diperhatikan. Dengan perkembangan yang sangat pesat ini, diharapkan Tangsel mampu menjadi salah satu kota terbaik di Indonesia.

Profil Kota Tangerang Selatan

profil kota tangselUsia kota Tangerang Selatan memang bisa dibilang masih sangat muda, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Tangsel akan menjadi kota yang diminati oleh banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan kondisi saat ini yaitu mulai terlihat kesibukan dari masyarakat ketika melakukan aktivitas bekerja dan kegiatan sehari-hari lainnya yang membuat kota ini semakin ramai dengan kesibukan masing-masing. Banyak pengusaha yang membangun tempat usahanya di Tangsel, hal itu berakibat pada peningkatan jumlah penduduk yang berasal dari daerah lain untuk menetap dan bekerja di kota ini. Untuk mengetahui lebih detail tentang beberapa profil mengenai kota Tangsel, maka simak penjelasan berikut ini :

  1. SejarahTangerang Selatan

Salah satu yang melatarbelakangi terbentuknya kota Tangerang Selatan yaitu karena warga di kawasan Tangsel menginginkan adanya kesejahteraan untuk masyarakat sekitar. Keinginan tersebut dipicu dengan anggapan warga yang merasa kurang dipedulikan atau diperhatikan oleh pemerintah kabupaten. Hal ini dikarenakan masih banyak wilayah kawasan Tangsel yang belum merasakan adanya pembangunan. Selain itu banyak juga fasilitas umum yang masih terabaikan. Dan pada akhirnya, DPRD Kabupaten Tangerangmenyetujui adanya pemekaran kota Tangerang Selatan tersebut.

Hingga pada tanggal 29 Oktober 2008, Menteri Dalam Negeri Indonesi yaitu Bapak Mardiyanto meresmikan pembentukan kota Tangerang Selatan yang disetujui oleh DPRD Kabupaten Tangerang dengan jumlah 7 kecamatan yang terdiri dari kota Tangerang Selatan Kecamatan Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Utara, Setu, Pamulang, Serpong dan Serpong Utara. Dengan berdirinya daerah pemekaran yaitu kota Tangerang Selatan, maka pihak Pemerintah Kabupaten Tangerang menyiapkan dana sebesar 20 milyar yang akan digunakan untuk keperluan operasional.

  1. Kependudukan

Dengan dibentuknya daerah pemekaran baru, pemerintah kota Tangerang Selatan terus melakukan pembangunan wilayah secara menyeluruh dengan cepat dan tepat. Pembangunan yang dilakukan meliputi hampir seluruh sektor seperti pertania, pendidikan, kesehata, tempat usaha, infrastruktur jalan, fasilitas umum dan transportasi. Adanya kegiatan pembangunan tersebut, menyebabkan masuknya penduduk baru yang ingin menetap di Tangsel. Saat ini, jumlah penduduk Tangerang Selatan mencapai 8.766 orang per km2. Pendatang yang menetap di Tangsel ini kebanyakan dari warga Jakarta karena memang berbatasan langsung dengan Ibu Kota.

  1. Letak geografisTangerang Selatan

Geografis Kota Tangerang Selatan terletak di pusat koordinat 06’13’30’ sampai 06’22’30’ Lintang Selatan dan 106’38’ sampai 106’47 Bujur Timur. Kota Tangsel berada 30 km di sebelah Barat Jakarta. Kondisi yang demikian menyebabkan kota ini letaknya sangat strategis karena menghubungkan antara Provinsi Jakarta dengan Provinsi Banten serta Jawa Barat. Keadaan tersebut merupakan salah satu daya tarik wisatawan atau pendatang untuk bekerja dan menatap di Tangerang Selatan. Akibatnya, jumlah penduduk kota Tangerang Selatan 2017 semakin meningkat karena banyak warga Jakarta yang berpindah ke Kabupaten tersebut.

  1. Sektor perekonomian

Ekonomi merupakan faktor pemegang kendali tingkat kesejahteraan bagi suatu daerah atau kota, sama halnya yang terjadi dengan Kabupaten Tangerang Selatan. Banyak sektor ekonomi yang membantu mengangkat atau menaikkan pendapatan penduduk kota  diataranya yaitu transportasi, perdagangan, komunikasi, persewaan, bank dan beberapa perusahaan. Tingginya jumlah penduduk di Tangerang Selatan juga mengakibatkan pertumbuhan ekonomi semakin meningkat. Hal ini dikarenakan dengan banyaknya jumlah penduduk, kebutuhan sandang, pangan, papan dan lainnya juga semakin bertambah yang membuat perputaran uang akan semakin cepat.

  1. Keadaan geologi

Kondisi wilayah Tangsel jika ditinjau dari unsur geologinya, maka sangat cocok untuk dijadikan sebagai lahan pertanian atau perkebunan. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa tanah yang menghuni kota ini merupakan asosiasi dari jenis tanah latosol coklat dan merah yang bagus untuk pertanaman. Akan tetapi, saat ini rata-rata lahan digunakan bukan untuk pertanian melainkan untuk yang lainnya. Kota Tangerang Selatan Indonesia memiliki kondisi geologi yang berupa batuan alluvium yang tahan terhadap erosi. Kemungkinan terjadinya erosi juga sangat kecil karena Tangsel terletak di wilayah yang relatif datar.

  1. Suku

Kota inimemiliki tiga karakteristik suku yang mendominasi yaitu suku Betawi, Sunda dan Tionghoa. Selain suku tersebut sebenarnya ada berbagai macam suku yang saat ini tinggal disana, akan tetapi kebanyakan suku yang tidak mendominasi ini berasal dari luar kota Tangsel seperti sumatera, jawa bahkan ada yang dari wilayah Indonesia bagian Timur. Kebanyakan masyarakat pendatang yang menetap disana adalah para pelajar dan pekerja. Akan tetapi saat ini, dengan meningkatnya jumlah penduduk maka mengakibatkan persaingan di dunia pendidikan dan pekerjaan sudah semakin ketat dan susah.

  1. Budaya

Kondisi kota Tangerang Selatan yang masih masuk ke dalam deretan wilayah Jakarta ini membuat ciri khas kebudayaan disana menggunakan busaya Betawi. Etnis budaya yang tetap dilestarikan di Tangsel adalah tradisi palang pintu. Palang pintu merupakan tradisi pernikahan yang dilakukan oleh suku Betawi dan tetap dilestarikan sampai saat ini. Pada setiap pergelaran palang pintu terdapat dua orang pendekar yang jago melakukan atraksi pencak silat yang diiringi oleh beberapa alat musik seperti krecek, kempul, gendang dn kemong.

Atraksi tersebut biasanya dilakukan oleh mempelai pria atau pengawal tamu dan harus memenangkan pertandingan tersebut. Ada daya tarik tersendiri dalam penampilan seni budaya ini, yaitu orang yang melakukan pencak silat menggunakan senjata tajam berupa golok yang menjadikan tegang suasana. Selain atraksi, pergelaran palang pintu juga diselingi dengan acara berbalas pantun. Untuk melestarikan etnis budaya agar tidak musnah, maka banyak sangar seni dan pusat latihan bela diri yang dapat dengan mudah untuk Anda temukan.

  1. Potensi yang dimiliki

Walaupun usia kota Tangerang bisa dibilang masih sangat belia karena baru beberapa tahun diresmikan, tetapi saat ini potensi yang dimiliki sudah cukup banyak dan lumayan kuat untuk menjadikan sebagai sebuah kota yang makmur dan sejahtera rakyatnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lokasi wisata, pusat perbelanjaan, perguruan tinggi, gedung sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, akses jalan yang mudah serta usia penduduk yang produktif membuat warga memiliki pendapatan yang tinggi. Dengan potensi yang dimiliki tersebut, kota Tangerang Selatan tempat menarik untuk dikunjungi dan menjadi kota yang maju.

  1. Sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana yang dimiliki suatu daerah atau kota sangat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakatnya, hal ini ditinjau dari beberapa kasus mengenai beberapa fasilitas umum. Pemerintah kota Tangerang Selatan terus melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan akses lain agar pengangkutan faktor produksi dan hasil produksi dari suatu perusahaan menjadi sangat mudah dan lancar, sehingga proses kegiatan ekonomi di kota tersebut akan berjalan dengan cepat. Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti jembatan, gedung pemerintahan, gorong-gorong, irigasi dan lainnya yang terus ditambah dan diperbaiki.

  1. Pariwisata

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang harus dimiliki oleh sebuah wilayah atau kota sebagai daya tarik masyarakat luar untuk mengunjungi kota Tangsel dan melakukan beberapa kegiatan yang berdampak pada lancarnya perputaran ekonomi seperti berkunjung ke pusat perbelanjaan, kuliner, tempat wisata ataupun melakukan investasi. Dengan berkembangnya perekonomian di bidang usaha ini, menyebabkan pertumbuhan pemukiman, perumaham, hotel dan properti semakin bertambah. DPRD kota Tenggerang Selatan dengan segala upaya terus melakan perbaikan dan penambahan sektor pariwisata seperti urusan pangan agar diminati oleh wisatawan.

Berbagai Pilihan Wisata Kuliner Tangerang Selatan

Wisata kuliner merupakan salah satu sektor penyumbang pendapatan suatu wilayah, oleh sebab itu di kota Tangerang Selatan wisata kuliner pertumbuhannya sangat berkembang pesat. Wisata kuliner selain untuk memenuhi kebutuhan pangan dari masyarakat sekitar, ternyata suatu daya tarik tersendiri untuk membuat wisatawan dari luar kota agar berkunjung ke Tangsel untuk menjelajahi dan mencoba beberapa tempat kuliner yang ada disana. Ada banyak sekali tempat makan seperti restoran dan rumah makan yang sangat terkenal dan wajib Anda coba, terlebih lagi harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi bahkan cenderung murah. Adapun beberapa wisata kuliner yang dimaksud adalah :

  1. Pasar Modern BDS City

Pasar modern BDS city Tangerang Selatan menyediakan banyak sekali jenis makanan yang lezat dan enak yang wajib Anda cicipi. Bagi Anda pencinta kuliner, pastinya sangat betah jika berlama-lama berada di pasar ini, karena ketika Anda masuk ke dalam pasar maka aroma harum dan menggiurkan dari berbagai macam jenis makanan dapat langsung tercium di hidung dan membuat Anda menjadi lapar. Pasar modern ini menyediakan jenis makanan seperti pempek, bakmi Jogja, ayam taliwang, gudeg, kroket, pastel, risoles dan masih banyak jenis makanan lain yang tentunya dapat Anda coba satu persatu disana.

  1. The Flavour Bliss

flavour bliss tangselKawasan the flavour bliss sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata kuliner bersama keluarga karena memang desain yang digunakan sengaja dibuat khusus bagi keluarga. The flavour bliss terletak di kawasan Alam Sutera dan merupakan tempat makan terbaik di kota Tangerang Selatan Povinsi Banten. Disana disediakan banyak  makan tradisional yang menggugah selera Anda. Selain makanan tradisional, kawasan the flavour bliss juga menyediakan berbagai macam makanan internasional. Warung yang menjual berbagai jenis makanan tradisional diantaranya pondok selasih, warung rawit, tahu saboga, bengawan solo, warung tekko dan raja baso. Sedangkan makanan mancanegara yaitu planet noodle, pisa cafe, dan sushi tei.

  1. Kampoeng Aer The Resort Restaurant

Kampoeng aer the resort restaurant bisa Anda temukan di Jl. gading golf boulevard, lokasi ini berdekatan dengan Jalan raya serpong. Kampoeng aer the resort restaurant

Merupakan sebuah tempat makan yang menyediakan berbagai masam masakan lezat yang siap disantap. Hidangan yang menurut warga setempat dan para wisatawan yang harus Anda coba adalah nila goreng kecombram. Nila goreng kecombrang menjadi salah satu menu favorit para kuliner ketika singgah di tempat makan tersebut. Ketika Anda mengunjungi kota Tangerang Selatan, jangan lupa mampir dan menikmati hidangan yang telah disediakan.

  1. Kawasan Tekno BSD

Kawasan tekno BSD merupakan pusat wisata kuliner terbesar di kota Tangerang Selatan. Akan tetapi sebagian masyarakat serpong menyebut kawasan tekno BSD sebagai Jalan rawa buntu. Ada banyak tempat dan menu makanan yang ditawarkan disana. Banyaknya makanan yang ditawarkan membuat Anda lebih mudah untuk memilih mana makanan yang akan dipesan terlebih dahulu. Rekomendasi berbagai tempat makan yang bisa Anda coba diantaranya yaitu ayam bakar ciamik, bebek boenda, bakso titoti, warung sate pak naryo dan nasi uduk pondok cibarray.

  1. Jalan raya serpong

Ketika Anda berkunjung daerah Tangerang Selatan dan melewati jalan raya serpong, maka jangan sampai Anda melewatkan wisata kuliner yang ada disekitarnya. Karena tempat makanan yang dijual di sekitar kawasan jalan raya serpong terkenal dengan hidangan yang sangat menggiurkan. Terdapat banyak restaurant di daerah itu yang berada di kanan dan kiri jalan raya. Disana Anda bisa dengan bebas menentukan mana tempat makan yang akan dituju. Beberapa restaurant yang terkenal dengan masakannya yaitu warung steak, martabak san francisco, gado-gado boplo, mang kabayan dan lain masih banyak yang lainnya.

  1. Jalan Letnan Sutopo

Di sekitaran kawasan jalan Letnan Sutopo terdapat beberapa warung makan yang menghidangkan berbagai jenis makanan yang tentunya tidak bisa Anda lewatkan. Karena disana disediakan berbagai macam makanan mulai dari yang tradisional sampai dengan yang internasional dapat Anda temukan. Warung yang menyediakan jenis makanan tradisional salah satunya yaitu warung Bu Kris. Warung Bu Kris menyediakan menu makan seperti belut penyet, ayam penyet dan berbagai menu masakan yang di penyet lainnya. Sedangkan untuk warung  makan yang menyediakan menu internasinal yaitu warung sushi naga. Di sana Anda dapat memesan makan seperti sushi atau makanan khas jepang lainnya.

Jenis Kuliner Paling Populer di BSD dan Pamulang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa BSD dan Pamulang merupakan sebuah kawasan yang menjadi pusat kuliner kota Tangerang Selatan. Walaupun umur kota Tangerang Selatan masih muda, akan tetapi pertumbuhan wisata kuliner terus mengalami perkembangan. Bagi Anda yang mempunyai rencana berlibur ke Tangsel atau saat ini sedang berada di sana, maka Anda wajib singgah di kawasan BSD dan Pamulang untuk menynantap bermacam kuliner yang disediakan. Terlebih lagi jika Anda merupakan seorang pecinta kuliner, maka kawasan tersebut sangat cocok untuk Anda kunjungi. Selain dinikmati disana, ternyata Anda juga bisa memesan makanan dan minta untuk dibungkus lalu di bawa pulang untuk di santap di rumah.

  1. Serah Bae Pamulang

Apakah Anda menyukai es cream? Jika iya, maka tempat kuliner ini sangat pas untuk Anda kunjungi. Tempat es cream yang satu ini terletak di dekat RSUD Tangerang Selatan dan lebih tepatnya berada di Daerah Pamulang. Resto Serah Bae Pamulang mempunyai daya tarik yang sungguh unik dibandingkan dengan yang lain. Bagaimana tidak, disana Anda dapat memesan jenis es krim yang mempunyai sebutan nama unik seperti es krim kuburan dan es krim pot. Keunikan nama tersebut tentunya diimbangi dengan rasa yang dijamin segar dan lezat saat dinikmati. Desain atau tampilannya sangat unik dan tidak biasa. Jika Anda penasaran, maka kunjungi resto tersebut sekarang juga.

  1. La vera pizza BSD

Pizza merupakan jenis makanan yang berasal dari luar negeri, akan tetapi saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai banyak yang menyukainya, terlebih untuk kalangan muda. La vera pizaa BSD paling cocok untuk dijadikan tempat nongkrong bersama teman-teman. Ada berbagai macam jenis pizza yang disediakan dan bisa Anda pilih disana. Untuk rasa sudah tidk perlu diragukan lagi, karena terkenal enak dan lezat, apalagi jika Anda sangat menyukai jenis makanan berupa pizza. Menyantap makanan dengan diiringi oleh musik yang diputarkan dari lagu yang dirilis tahun 80 an hingga kekinian dapat Anda dengar di tempat ini.

  1. Little Corner Pamulang

Kue merupakan salah satu makanan yang menjadi favotrit sebagian orang karena identiknya mempunyai cita rasa yang lembut dan manis. Bagi Anda yang menyukai jenis makanan berupa kue, ada tempat rekomendasi yang harus Anda coba untuk kunjungi. Tempat tersebut bernama little corner yang terletak di sekitaran Pamulang Tangsel. Tampilan yang disuguhkan sangat cantik dan rapi ditambah lagi dengan cita rasa yang khas dan lezat akan membuat Anda ingin menambah menu kembali. Ada bermacam jenis kue yang disediakan dan bisa Anda pesan serta nikmati langsung.

  1. Bakmie Permata Pamulang

Saat ini hampir setiap orang pernah mengkonsumsi makanan berjenis mie, mulai dari mie ayam, bihun, bakmie dan jenis mie-mie an lain. Apabila Anda ingin mencoba atau memang menyukai makanan mie, maka bakmie permata adalah tempat yang paling pas untuk didatangi. Warung bakmie ini di buka dari pagi hingga malam dan selalu ramai dengan pengunjung. Untuk mengetahui bagaimana lezatnya rasa mie yang disajikan, Anda harus sedikit berkorban karena banyaknya pengunjung membuat Anda harus mengantri terlebih dahulu untuk mendapatkan pelayanan.

  1. Pablo Cheese Tart

Makanan yang satu ini memang bukan berasal dari Indonesia, akan tetapi berasal dari negara tetangga seberang yaitu Jepang. Mungkin jika Anda pernah bepergian ke Jepang, makanan ini tidak begitu asing terlihat. Tetapi untuk yang belum pernah, mungkin kedengaran agar sedikit asing. Tetapi tenang saja, bagi Anda yang sudah atau belum pernah ke Jepang, saat ini sudah tidak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati makanan yang satu ini karena di daerah Pamulang sudah tersedia tempat penjualannya. Makanan ini sangat hits di Tangerang Selatan dan sigandrungi oleh pengunjung yang menyukai wisata kuliner.

  1. Soto Bu Tjandro Pamulang

Bagi pencinta makanan berupa soto, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota karena di Pamulang Tenggerang Selatan telah disediakan. Jenis makanan yang dijual berupa soto ayam dan juga ayam kremes. Jika aAnda berkunjung di Kecamatan Pamulang Tangsel, maka sempatkan untuk mampir ke warung tersebut untuk menikmati hidangan yang akan membuat Anda menjadi puas karena harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal bahkan cenderung murah. Soto Bu Tjandro Pamulang berada tepat di depan lapangan terbang pondok cabe. Soto ini populer di kalangan beberapa warga yang pernah berkunjung.

  1. Nasi Tutug Oncom Pamulang

Nasi tutug oncom Pamulang merupakan makanan tadisional yang sangat sederhana, akan tetapi rasa yang dihasilkan tidak sesederhana itu. Disana Anda bisa menikmati sebuah hidangan yang berisi nasi bakar, daging gepuk, tahu goreng, sambal dan kerupuk. Menu makanan dapat Anda santap disana atau bisa juga dibawa pulang ke rumah dengan dibungkus. Nasi yang disajikan lumayan banyak dan cukup kenyang untuk porsi satu orang. Usahakan mampir dan coba menu makanannya jika Anda mempunyai kesempatan untuk berkunjung di Tangerang Selatan.

  1. Food Court Mall AEON BSD lantai 1

Makanan yang ditawarkan di Food court mall AEON BSD lantai 1 terkenal sangat enak karena Anda bisa memilih jenis makanan yang sesuai dengan keinginan dan selera. Disana disediakan berbagai macam jenis makanan yang dapat membuat Anda ketagihan untuk datang lagi. Ada juga berbagai jenis makanan khas Jepang yang dijual disana, sehingga jika Anda menyukai jenis makanan tersebut tidak perlu lagi jauh-jauh ke negara asalnya. Harga yang ditawarkan sangat cocok untuk kantong Anda dan tidak akan terlalu mengurang isi kantong.

  1. Lot 9 Bintaro

Tempat makan ini didesain menggunakan properti yang unik dan menarik serta warna seninya sangat terasa. Jika Anda ingin merasakan tempat makan yang enak dengan nuansa yang rmantis, maka Lot 9 Bintaro merupakan solusi terbaiknya. Berbagai macam varian menu yang tentunya enak dan lezat telah tersedia untuk Anda pesan. Lokasi tempat makan ini berada dekat pintu keluar tol Bintaro dan mudah untuk ditemukan, oleh sebab itu Anda tidak perlu takut kesasar. Waktu paling pas untuk menikmati suasana tempat makan tersebut adalah sore hari atau saat senja.

  1. Carburator Spring Cafe

Bagi Anda yang ingin mencari tempat makan dengan suasana nyaman, maka Carburator spring cafe adalah tempatnya. Bangunan yang dibuat cukup kekinian dengan dekorasi yang sangat cantik membuat Anda merasa nyaman ketika menyantap makanan. Akan tetapi, beberapa pelayanan memang harus ditingkatkan lagi. Eitss tenang, disana banyak menu makanan yang terbilang cukup enak dengan harga terjangkau. Sehingga tidak akan melebihi budget pengeluaran Anda. Untuk saran, sebaiknya jika ingin datang ke cafe tersebut jangan waktu panas terik karena memang belum dilengkapi dengan fasilitas ac disana.

  1. Bebek Kaleo Rawabuntu

Rumah makan yang mempunyai cita rasa lezat dengan harga yang terjangkau memang sangat diminati oleh kebanyakan orang, sama halnya dengan tempat makan bebek kaleo rawabuntu ini. Hampir setiap hari tidak pernah terlihat sepi tempat makan tersebut, karena memang harga yang dibandrol cukup murah ditambah lagi dengan rasa yang bisa dibilang lezat sekali. Untuk bisa menikmati menu makan lezat tersebut, Anda harus rela antri dan berdempetan dengan pengunjung lain karena memang sangat ramai.

  1. Warung SS Bintaro

Warung SS Bintaro Tangerang Selatan merupakan sebuah tempat makan favorit bagi pecinta pedas. Tidak heran jika pengunjung yang datang memang terlihat sangat ramai karena selain memiliki cita rasa yang pedas, warung ini juga cukup murah karena 1 porsi dengan harga Rp20.000 sudah mendapatkan paket yang lengkap. Selain itu untuk jenis sambel yang disediakan cukup beragam dan Anda bisa bebas memilih jenis sambel mana yang akan dipesan. Sambel yang disediakan aiantaranya yaitu sambal mangga dan sambal terasi serta masih ada beberapa jenis sambal lainnya.

Penjelasan tentang beberapa daya tarik dan keunikan kota TangerangSelatan di atas dapat Anda jadikan sebagai salah satu rekomendasi tempt untuk berekreasi dan menghabiskan liburan bersama keluarga dan sahabat tercinta. Jika Anda berkunjung ke kota Tangsel maka jangan sampai lupa untuk singgah ke berbagai tempat kuliner yang disediakan disana.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply