Mahasiswa Unpam Berikan Edukasi Pengemasan dan Pemasaran Produk dari Limbah Minyak Jelantah

TangselMedia – Mahasiswa teknik industri universitas pamulang mengunjungi Dusun Resing Gondrong yang merupakan salah satu daerah di Kecamatan Cipondoh, Kabupaten  Tangerang, Provinsi Banten. di daerah ini sebagian masyarakat khususnya ibu rumah tangga masih belum mengetahui bahwa minyak goreng bekas dapat diolah untuk dijadikan sesuatu yang menguntungkan dan ada dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan jika tidak di buang sembarangan.pada tanggal 3 -5 november 2023, Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang (UNPAM) yang diketuai oleh Hendrian dwi putra yang beranggotakan muh daffa, arya dova, dan fiqri setiadi. melakukan sosialisasi dan pemahaman cara mengemas dan memasarkan produk dari limbah minyak jelantah agar dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai jual di Dusun Resing, Gondrong, Kecamatan Cipondoh.

Pada kegiatan ini Kepala Desa Dusun Ressing Pak Asan berhalangan hadir karena ada agenda lain, Yanti Supriyanti selaku Dosen Pendamping, Ibu-ibu Dasawisma , dan rekan – rekan Mahasiswa Teknik Industri UNPAM. Dalam sambutan yang diberikan oleh perwakilan ibu-ibu Dasawisma, menyampaikan ucapan terimakasih kepada kelompok PKM Mahasiswa Teknik Industri UNPAM atas kepedulian yang diberikan terhadap permasalahan yang dihadapi para ibu-ibu rumah tangga.

Selanjutnya kelompok PKM Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang menjelaskan cara mengemas dan memasarkan produk yang sudah jadi. ” jika ingin suatu produk memiliki nilai jual ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan salah satu nya pengemasan, tujuannya untuk melindungi produk dari kerusakan serta memberikan informasi yang ada didalam produk tersebut. ”ujar Hendrian dwi putra. Ketua kelompok PKM Kelompok 2 Mahasiswa Teknik Industri UNPAM. Menurutnya pengemasan memiliki banyak manfaat dan dapat menarik orang untuk membeli produknya.

Baca Juga  Prodi Teknik Industri UNPAM Gelar PKM Pelatihan Harga Pokok Produksi

Kemudian kelompok PKM Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang juga menjelaskan bagaimana memasarkan produk yang dibuat dari limbah minyak jelantah. “ untuk memasarkan sebuah produk, informasi yang diberikan harus jelas dan terperinci sehingga calon pembeli akan memahami kegunaan dan manfaat dari produk yang ditawarkan” ujar Hendrian dwi putra. Ketua kelompok PKM Kelompok 2,hendrian menambahkan bahwa dalam melakukan pemasaran harus menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan calon pembeli.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *