Menjadi Pelopor Desa Digital di Indonesia, Dosen Unpam Adakan PKM Guna Mendorong Kesuksesan Warganya

TangselMedia.com-Dalam rangka melaksanakan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), empat orang dosen Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang yaitu Khairunnisa, S.Psi., M.Si, Adi Candra, S.T.MT., Franka Hendra Sukma, ST, MT dan Supriyono, S.E.,M.T. mengadakan Pelatihan dan Pembinaan yang dilaksanakan di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Desa Cijengkol, merupakan pelopor pertama Desa Digital di Indonesia yang mana masyarakatnya saling bahu membahu untuk mendukung kemajuan Desanya. Kegiatan PKM ini diikuti oleh Peserta Karang Taruna Desa Cijengkol, Pelaku Usaha Desa Cijengkol dan dihadiri Kepala Desa Cijengkol serta Camat Caringin.

Selain para dosen Prodi Teknik Industri kegiatan PKM yang berjudul “Mengenali Proses Bisnis Dengan Coaching Potensi SDM Melalui Pelatihan 5 W  1 H Pada Pelaku Usaha Di Desa Cijengkol “ mengusung konsep pelatihan turut juga melibatkan mahasiswa Program Studi Teknik Industri yaitu, Cindra Puspa Deviarti,  Fadya Kusumawati,  dan Munbaits Niar Pratama sebagia keterlibatan peran aktif mahasiswa untuk menunjang ketercapaian Sembilang Kriteria dalam Peningkatan MUTU Pendidikan.

Sebelum pelatihan dilaksanakan Camat Caringin memberikan sambutan dengan mengucapkan sangat berterimakasih kepada para Dosen Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang yang telah mengadakan pelatihan agar meningkatkan kemampuan bagi para pelaku usaha Desa Cijengkol dan Karang Taruna. Dia berharap program ini dapat memberikan pemahaman menegnai kesiapa Teknologi Tepat Guna yang bermanfaat bagi para Peserta PKM. Sambutan juga disampaiakan oleh Kepala Desa Cijengkol, yang menyatakan berterimakasih kepada TIM PKM Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang. Harapannya pelatihan ini terjalin kesinambungan antara  praktek usaha dilapangan dengan teori yang di bawa dari Akademik yaitu Pendidikan Tinggi. Pak Lurah berpesan kepada seluruh Tim PKM dan para peserta yang hadir agar mematuhi protokol kesehatan. Dalam kesempatan itu ketua TIM PKM, Khairunnisa, S.Psi., M.Si memaparkan jika Desa Digital ini sudah sangat maju sekali dan menjadi contoh untuk desa-desa lainnya agar dapat memanfaatkan Sumber Daya yang ada. Ia mengucapkan banyak terimakasih atas sambutan dari Pearangkat Desa dan dan antusias para peserta PKM ini.

Baca Juga  Guna Tingkatkan UMKM di Setu Tangsel, Dosen Unpam Berikan Workshop Pembuatan Ekstrak Jahe Merah

Selanjutnya memasuki materi inti yaitu pelaksanaan PKM ini di sampaikan oleh Tiga Pemateri yaitu Adi Candra, S.T.MT., Franka Hendra Sukma, ST, MT dan Supriyono, S.E.,M.T. para pemateri melakukan pembinaan dan pelatihan dianataranya yaitu, mengenali bagaimana pelatihan 5 W 1H  ( What, Where, Why, Who, When dan How) ini sangat bermanfaat dimana Ketika para pelaku usaha yang ada di desa Cijengkol mengalami kendala pada usahanya, maka dengan cepat permasalahan tersebut dapat di Analisa dan dapat diselesaikan. Para Peserta sangat antusias dalam melakukan pelatihan ini karena sangat penting sekali dalam menghadapi kendala-kendala dalam melakukan usaha, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama Tiga Hari yaitu, Mulai dari Juma’at 12 Maret Hingga Minggu 14 Maret 2021.

Setelah pemaparan materi selesai Tim PKM mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi dari para peserta yang telah rela menyempatkan waktunya untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan ini dalam Tema Pengabdian Kepada  Masyarakat dan juga ucapan Terimakasih Kepada Kepala Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi atas terlaksananya Kegiatan PKM ini dengan sangat baik kedepan mudah-mudahan Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang akan melakukan kelanjutan Pembinaan, tak lupa pemberian cindera mata di berikan sebagai tanda terimakasih beserta piagam dan sertifikat. Ketua Pelaksana TIM PKM juga mengatakan bahwa pembinaan kepada  masyarakat ini harus dilakukan secara berkelanjutan.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply