Pelatihan Peningkatan Efesiensi Sistem Produksi Tepung Pisang di Desa Cijengkol, Banten

TangselMedia, Kewajiban dosen–dosen perguruan tinggi adalah melakukan Tridharma perguruan tinggi dimana didalam melakukan berbagai kegiatan yakni selain melakukan kegiatan mengajar dikelas dosen juga diwajibkan untuk melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pada hari Senin 28 Maret s.d Rabu 30 Maret 2022, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diketuai oleh Dwi Suryanto, S.T., M.T, beranggotakan  Adi Candra, S.T., M.T, dan Taufik S.T, M.T beserta rekan-rekan mahasiswa dari prodi teknik industri.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tema “Pelatihan Peningkatan Efesiensi Sistem Produksi Tepung Pisang Untuk Meminimumkan Pemborosan di Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak Banten”

Pada Kegiatan PKM ini disambut baik oleh Kepala Desa Cijengkol Nendi, S.PD.I,, Kelompok Karang Taruna dan warga Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Kabupaten Lebak. Dengan kondisi pandemik seperti sekarang ini maka pelaksanaan harus selalu mematuhi protokol Kesehatan, akan tetapi masyarakat tetap antusias untuk mengikuti kegiatan

Tujuan Pelatihan dari PKM ini adalah untuk membantu Masyarakat Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng, Lebak Banten, dalam mengolah Pisang menjadi Tepung Pisang dan juga dalam Meningkatkan Tarap Hidup masyarakat dengan mengikuti Pelatihan Peningkatan Efesiensi Sistem Produksi untuk meminimumkan pemborosan dalam proses pengolahan pisang menjadi Tepung Pisang.

Sehingga masyarakat setempat dapat mengetahui bagaimana cara membuat Tepung Pisang, yang bahan dasarnya dari Pisang, sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan Tarap Hidup Perekonomian dan juga bagi para dosen pelaku Pengabdian Kepada Masyarakat, dapat berbagi pengetahuan terkait cara Pembuatan Tepung Pisang pada Masyarakat Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng, Lebak Banten

Baca Juga  Kesadaran Orang Tua Dalam Mengontrol Gadget Anak di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Sukabumi

Kegiatan PKM diberikan dalam bentuk penyuluhan, Pelatihan, diskusi dan simulasi di ruang aula Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Cilograng, Lebak, Banten. Metode yang digunakan adalah penyampaian informasi koordinasi dengan masyarakat tentang bagaimana Meningkatkan Tarap Hidup masyarakat dengan cara efesiensi meminimumkan pemborosan dalam pengolahan pisang menjadi tepung pisang dalam  menumbuhkan kesadaran masyarakat di mulai dengan lingkungan keluarga menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.

Dengan adanya Program PKM ini diharapkan dapat turut berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat sehingga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam usaha efesiensi meminimumkan pemborosan saat dalam proses pembuatan tepung pisang dan terutama bagi karang taruna dan UMKM produsen tepung pisang di Kampung Cibeber Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak Banten, untuk mengembangkan dan meningkatkan produktivitas dan kelancaran pembuatan tepung pisang sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat. Pelatihan ini dimaksudkan dapat memberikan pengetahuan serta kiat-kiat bagi masyarakat untuk meminimumkan pemborosan agar dapat lebih efesien disaat proses pengolahan pisang menjadi tepung pisang sehingga mendatangkan manfaat bagi dirinya dan masyarakat sekitar.

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang ini diharapkan dapat turut berkontribusi membangun Desa Cijengkol, Kp. Cibeber, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, Melalui warga yang hadir untuk berbagi pengetahuan, mendorong masyarakat  agar masyarakat mendapatkan pengetahuan serta kiat-kiat dalam upaya efesiensi meminimumkan pemborosan saat dalam proses pembuatan tepung pisang bagi penduduk Desa Cijengkol Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak Banten.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply