Pemanfaatan Botol Bekas Karbol Dengan Membangun Alat Pemberi Pakan Otomatis Pada Ternak Berbasis Arduino

TangselMedia-Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu program yang dapat memberikan kesempatan mahasiswa dalam melakukan pengabdian dan pelayanan secara langsung untuk masyarakat. Dimasa pandemi covid-19 yang saat ini masih mewabah membuat ruang aktivitas masyarakat menjadi sedikit terbatas, tetapi pada saat ini perlahan semua sector ekonomi mulai bangkit berkat adanya vaksinasi massal dari pemerintah dan memberi efek positif karena angka pasien covid 19 menurun perlahan. Menyikapi hal tersebut, Mahasiswa Teknik Industri, Universitas Pamulang yang tergabung dalam tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  berkesempatan untuk membuat program dan mengembangkan ide-ide kreatif yang nantinya dapat dimanfaatkan atau dijadikan sebagai hasil usaha yang bermanfaat bagi masyarakat Rw 02 sehingga dapat  meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Rw 02 Kec. Limo.

Dalam kegiatan Tim PKM mahasiswa didampingi dosen pembimbing melakukan sosialisasi serta pendampingan kegiatan bagi masyarakat Rw 02 dalam pemanfaatan botol bekas menjadi smart feeder untuk pemberian pakan pada ternak dengan memanfaatkan barang bekas serta teknologi sederhana yang ada. Kegiatan PKM yang dilakukan adalah Pemanfaatan Botol Bekas Karbol dan Arduino untuk Feeder otomatis paka ternak. Arduino sendiri adalah mikro single board yang diturunkan dari Wiring Platform dan dirancang untuk memudahkan pengguanaan alat elektronik dalam berbagai bidang, fungsi Arduino sendiri ialah sebuat rangkaian atau alat elektronik yang bisa mempercepat atau mempermudah kita dalam pembuatan system control  baik itu yang sifatnya automasi maupun instumentasi. Keuntungan lain yaitu Arduino dapat diintegrasikan dengan  IoT (Internet of things) sehingga lebih efektif dan efisien karena dapat dioperasikan tanpa kabel, terhubung ke jaringan internet dan dikendalikan dengan ponsel.

Ini adalah salah satu ide kreatif dari kami Mahasiswa Universitas Pamulang sebagai langkah pemanfaatan teknologi diera modern dan berkontribusi untuk membantu mengurangi limbah botol bekas yang semakin hari, semakin meningkat jumlahnya. Dengan dimanfaatkanya botol bekas ini secara tidak langsung masyarakat membantu program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik dan secara tidak langsung juga membantu mengurangi dampak negatif dalam penggunaan botol plastik bagi lingkungan hidup.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan Mahasiswa di Jl.H.Midi, Rw 02, Kel. Limo, Kec. Limo, Kota Depok. Pada hari Minggu, 28-November-2021. Kegiatan tersebut dihadiri oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Ketua Rw 02, Kelompok Masyarakat Rw 02, Karang Taruna Rw 2, Ibu-ibu PKK Rw 02 dan Mahasiswa Universitas Pamulang.

Epilinus Laia sebagai ketua kegiatan PKM Mahasiswa menjelaskan “Penggunaan Arduino sebaga smart Feeder otomatis. Siapkan botol bekas untuk membuat wadah pakan ternak, Kemudian pasang Arduino pada dudukan botol isi botol dengan pakan. Setelah semua sudah terpasang, hubungkan Arduino ke ponsel, Jika sudah terhubung tingggal tekan klik satu kali, tutup pakan terbuka beberapa saat secara otomatis. . Selain itu, tutup pakan juga dapat diatur agar terbuka dan menutup otomatis pada waktu-waktu tertentu sesuai program yang kita buat”, ujar Epilinus.

Baca Juga  Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang, Gandeng Pamuda Karang Taruna, Memberikan Sosialisasi Pemanfaatan Sekam Padi Menjadi Arang Sekam Sebagai Media Tanam Yang Bernilai Ekonomis Bagi Masyarakat Kampung Rangin

Ini menjadikan bukti tanda bahwa kemajuan diera teknologi merambah diberbagai sektor bahkan dengan hanya dari botol bekas yang tadinya tidak berharga, sekarang bisa menjadi barang yang bernilai yang nantinya dapat  dimanfaatkan masyarakat Rw 02. Manfaat lain dari alat yang dibuat juga dapat digunakan untuk mempersingkat waktu dan lebih efisien dalam pemberian pakan.

Gilang Ardi selaku Dosen Pembimbing PKM menambahkan “Arduino dapat dikendalikan dari jarak jauh  secara wireless bahkan sangat mungkin diintegrasikan dengan system IoT yang menjadi tren teknologi di masa depan. Ini menjadikan bukti bahwa kemajuan diera teknologi merambah diberbagai sektor bahkan dengan hanya dari botol bekas yang tadinya tidak berharga, sekarang bisa menjadi barang yang bernilai yang nantinya dapat  dimanfaatkan masyarakat Rw 02. Manfaat lain dari alat yang dibuat juga dapat digunakan untuk mempersingkat waktu dan lebih efisien dalam pemberian pakan”, papar Gilang.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat terdiri dari 5 Mahasiswa yang diketuai Epilinus Laia dengan Achmad Fauji, Ananda Arba Pamungkas, Irineus Elnino Laluja, Andika Galih Saputra sebagai anggota dan dosen pembimbing Gilang Ardi, S.Kel.,M.T.,

Ketua Rw 02 H. Lukman Hakim dalam sambutannya mengatakan “ Sangat mengapresiasi pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh team Fakultas Teknik Industri Universitas Pamulang dan berharap ini bukan hanya menjadi seremonial semata karena kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat positif yang harus terus dikembangkan nantinya”, ujar H. Lukman.

“Semoga kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai disini dan tetap trus berlanjut serta dikembangkan, semoga dengan adanya kegiatan ini membawa dampak positif bagi masyarakat,” tutur Nurvianis sala satu masyarakat Rw 02 Kec. Limo.

Dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang nantinya dapat dilanjutkan dan dikembangkan oleh seluruh masyarakat Rw 02 Kel. Limo dan mendapat dukungan dari pemerintah setempat. Semua ini tak lain untuk meningkatkan perkembangan desa menjadi lebih baik dan nantinya dapat memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat Rw 02 Kel. Limo.***

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply