Pemanfaatan Platform E-Commerce Untuk Menunjang Penjualan Online di Desa Sukatani

TangselMedia-Tri Dharma Perguruan tinggi merupakan kewajiban bagi para mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah dengan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), selain kewajiban dalam pengajaran dan penelitian. PKM selalu menjadi sesuatu yang menarik serta menantang para mahasiswa untuk mampu menangkap permasalahan yang terjadi di masyarakat dan mencarikan solusi yang sesederhana mungkin. Kegiatan PKM dilakukan di Desa Sukatani, Kec. Parakansalak, Kab, Sukabumi pada hari Sabtu sampai hari Minggu tanggal 20-21 November 2021 yang telah dilaksanakan oleh para mahasiswa UNPAM (Universitas Pamulang). Mahasiswa tersebut diantaranya Arrosyid Shidqi Heryulianto sebagai ketua kelompok, Juanita Anggraeni, Rizki Zhanwar Saputra, dan Yosia sebagai anggota kelompok.

Foto Bersama Warga Desa Sukatani

Kegiatan PKM ini disambut baik oleh Bapak Ujang Suriyana, S.E., sebagai Kepala Desa Sukatani dan warga setempat. PKM ini membuka ruang kepada mahasiswa maupun dosen untuk berkontribusi secara langsung dan nyata, serta tujuan agar para pengusaha muda ataupun masyarakat yang sedang merintis usaha online dapat lebih mengoptimalkan kegiatan usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang diharapkan mampu meningkatkan omset serta margin keuntungan, dan sasaran pasar yang semakin luas.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk pemaparan materi, diskusi dan simulasi serta praktek cara pembuatan toko online disalah satu platform marketing.

Baca Juga  Sosialisasi Pentingnya Penerapan Budaya 6S Pada SMK Sasmita Jaya 2 Oleh PKM Teknik Industri, UNPAM

Kegiatan diawali pembukaan oleh MC dilanjutkan sambutan dari perwakilan mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi Teknik Industri Hengki Hariyanto dimana dalam sambutannya menguacapkan banyak terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Bapak Kepala Desa dan Warga Desa Sukatani yang antusias untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Pemaparan Materi

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Sekretaris Desa yang dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan banyak memberikan ilmu-ilmu dan informasi yang bermanfaat untuk warga desa untuk mengembangkan potensi-potensi desa dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan diadakan di Desa Sukatani.

Pada kegiatan ini masyarakat Desa Sukatani kan dikenalkan dengan beberapa platform-platform marketing yang bisa didapat secara gratis. PKM ini selain mengetahui beberapa tips dan ide mencari peluang usaha digital, tetapi juga memberikan contoh-contoh aplikasi bisnis atau tempat usaha digital yang bisa langsung di aplikasikan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha. Kegiatan PKM ini berjalan kondusif dan mendapatkan antusiasme tinggi dari Masyarakat yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan mengenai peluang-peluang usaha, aplikasi digital serta kelemahan dan kelebihan membuka suatu usaha. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, dapat menumbuhkan semangat dan kreatifitas karang taruna dan masyarakat di Desa Sukatani serta dapat meningkatkan pendapatan, kesejahteraan dan juga dapat berkesinambungan.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply