Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Pembuatan Sabun Pencuci Tangan di Desa Pasir Gadung

TangselMedia – Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang ( UNPAM ) yang tergabung ke dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat melakukan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pasir Gadung Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang untuk memberikan Pelatihan tentang Pembuatan Sabun Pencuci Tangan yang baik dan bermanfaat bagi Masyarakat Desa Pasir Gadung Pada Tanggal 04 November 2023 sampai 05 November 2023. Kegiatan tersebut dilakukan oleh satu kelompok mahasiswa, terdiri dari 5 orang diketuai Sobirin anggota yang berasal dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Dalam kegiatan tersebut bekerja sama dengan Masyarakat Desa Pasir Gadung.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan dilaksanakan melalui beberapa rangkaian acara pertama- tama pembukaan acara oleh Muhammad Fauzan Zidni sebagai moderator, Kemudian kata sambutan dari Bapak Ketua RT Bapak Sehali. Selanjutnya mahasiswa memaparkan materi presentasi pemaparan materi disampaikan oleh Sobirin dan Asriyah mengenai Pelatihan Pembuatan Sabun Pencuci Tangan Kepada Masyarakat Desa Pasir Gadung Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang.

Selanjutnya acara PKM dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Bagaimana cara Pembuatan Sabun Pencuci Tangan oleh Sobirin. Materi yang disampaikan adalah Edukasi terkait pentingnya Sabun Pencuci Tangan, Agar Masyarakat dapat mengetahui cara

Pembuatan Sabun Pencuci Tangan dan juga berguna untuk bagi kebersihan tangan untuk menghindari bakteri-bakteri atau virus kotor, Oleh sebab itu, Masyarakat dapat menggunakan hasil dari Pembuatan Sabun Pencuci Tangan tersebut dan bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa digunakan dengan tepat. Dengan demikian, Pelatihan tersebut dapat terarahkan dan terfokus pada hasil akhir yang dapat memperoleh keuntungan.

Dengan melakukan pembuatan sabun pencuci tangan adalah hal yang berdampak positif bagi kebersihan tangan dan juga lingkungan yang sehat. Namun bila tidak mengetahui bagaimana cara pembuatannya, Masyarakat dapat menanyakan perihal bagaimana cara Teknik pembuatan sabun yang baik dan benar yang menimbulkan hal positif bagi Masyarakat lainnya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui lebih banyak mengenai tekniknya.

Baca Juga  Penyuluhan Mahasiswa Unpam Tentang Menentukan Kualitas Bahan Produk Sabun Lerak dan Spray

Cara pembuatan sabun yang baik dapat dilakukan dengan cara memilih bahan-bahannya yang tepat untuk pembuatan sabun, sehingga dapat menghasilakan sabun yang baik untuk digunakan. Selain itu bahan-bahan dan zat aktif untuk pembuatan sabun cair pencuci tangan pada pelatihan ini relatif lebih murah, Selain itu juga dapat melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam disekitar yang dapat dijangkau oleh Masyarakat pada umumnya.

Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada Masyarakat ini untuk memberi bekal kepada Masyarakat setempat dengan ilmu dan teknologi tepat guna, yang mana dapat menambah pendapatan Masyarakat dengan cara memberikan pelatihan dan praktek pembuatan sabun pencuci tangan cair.

Adapun manfaat dari pengabdian Masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang pembuatan sabun pencuci tangan cair, cara aplikasi tentang pembuatan sabun tangan cair sehingga lebih bermanfaat dan mempunya nilai lebih.

Dengan adanya kegiatan PKM ini guna melakukan sosialisasi terkait pentingnya kebersihan tangan untuk menghindari bakteri-bakteri atau virus yang dimana di harapkan warga Masyarakat Desa Pasir Gadung dapat menerapkan Teknik Pembuatan Sabun Pencuci Tangan yang dapat dilakukan dilingkungan kita. Selesainya acara Pemerdayaan Masyarakat untuk mengerti bagaimana cara pembuatan sabun pencuci tangan cair guna untuk kebersihan diri-sendiri dan juga lingkungan di Desa Pasir Gadung, Ketua PKM Sobirin mengucapkan terima kasih kepada semua peserta pelatihan dan Masyarakat sekitar atas partisipasinya semoga ilmu yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi Masyarakat Desa Pasir Gadung.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *