Kegiatan Membentuk Karakter Nabi Muhammad SAW sebagai Model Kepribadian Positif Melalui Story Telling Pada Siswa di TPQ Al – Hikmah

TangselMedia-Akibat pandemik yang berkepanjangan memaksa anak untuk terlibat penuh pada gawai yang berdampak pada cara pandang dan sikap siswa dalam bertindak dan berperilaku. Bebasnya mereka untuk mencontoh sikap-sikap yang kurnag baik tanpa adanya kontrol terutama ketika mereka berinteraksi dengan orangtua, guru dan teman sebaya terasa tidak ada jarak dan cenderung tidak memiliki sikap positif yang saling menghargai satu sama lainnya. Selain itu, karakter Nabi Muhammad SAW sebagai acuan bagi anak-anak menjadi dasar bagi mereka terutama dalam menghormati oranglain seperti orangtua, teman dan guru. Selain itu, sikap jujur juga menjadi acuan. Dalam hal kegiatan ini, akan diberikan dalam bentuk story telling atau menceritakan suatu cerita berkaitan dengan sikap Nabi Muhammad sebagai contoh dan teladan bagi seluruh umat islam dalam sikap, perilaku dan tutur kata. Tidak hanya menggunakan ceramah berupa penyuluhan yang berhubungan dengan karakter Nabi Muhammad namun juga cerita yang mendeskripsikan perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh bagi anak-anak.

Tim Dosen dari beberapa prodi Sarjana Akuntansi dan Manajemen FEB serta Teknik Industri Universitas Pamulang ingin mengambil peranan dalam membantu masyarakat dengan sumbangsih ilmu. Terutama dalam hal membentuk karakter kepribadian dengan model Nabi Muhammad SAW melalui metode Story Telling atau bercerita dimana kepribadian yang dipilih adalah Jujur, Disiplin da Berani berpendapat. TPQ Al-Hikmah menjadi sasaran karena sudah cukup lama berdiri dan memiliki konsep mendidik berdasarkan karakter Nabi Muhammad SAW yang berlokasi di Tangerang Selatan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Dewi Ulfah Arini (Akuntansi). Pelatihan dilakukan oleh tim Dosen yang beranggotakan Ibu Khairunnisa (Teknik Industri) dan Bapak Robby Kharisma (Manajemen) serta dibantu oleh dua mahasiswa yaitu Kelvin Kristiyanto Saputra, Egy Patriasta dan Muhammad Fathin Fadhil.

Baca Juga  Lakukan Inovasi Produk, Mahasiswa Teknik Industri Olah Kunyit Menjadi Produk Instan

Kegiatan PKM ini dilakukan dengan mengunjungi TPQ Al – Hikmah secara langsung pada hari Senin, 28 Februari 2022 pukul 08.00 WIB yang beralamat di Jl. Benda Permai II Blok D no. 25 Pamulang, Tangerang Selatan, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417.

Tentunya, tidak hanya sebatas pada membaca Qur’an saja namun juga diharapkan guru-guru dari TPQ dapat memberikan nilai positif dalam mengajarkan dan memberikan pengayoman kepada siswa dari sisi kepribadian dan penanaman sikap positif sesuai dengan acuan seluruh umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW. TPQ yang dimaksud lebih pada mengacu di kawasan ekonomi menengah kebawah yang berada di Pamulang.

Salah satu usaha untuk membangun karakter yang baik pada anak untuk mencapai kematangan adalah melalui cerita kisah keteladanan. Dalam meningkatkan karakter siswa positif maka “metode bercerita (Story Telling)  dalam pendidikan dapat membangun sikap moral yang baik dan perasaan takut pada Sang Pencipta”. Penyajian kisah pada dunia pendidikan dapat meningkatkan akal pikiran siswa untuk selalu merenung dan melakukan proses pikir sebelum melaksanakan setiap tindakannya. Hal ini dilakukan dengan metode bercerita dengan contoh-contoh nyata yang disampaikan oleh pencerita dan siswa memberikan contoh perilaku mana yang baik dan tidak sesuai kehidupan sehari-hari mereka.

Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diselenggarakan secara berkelanjutan. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat bermanfaat lagi dalam meningkatkan karakter ana-anak bangsa sebagai generasi penerus yang berakhlak dan berbudi luhur sesuai karakter positif Nabi Muhammad SAW.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply