PKM Mahasiswa Teknik Industri UNPAM Lakukan Pengelolaan Limbah Plastik Untuk Prasarana Dalam Memperindah Lingkungan Desa Pasir Gadung

TangselMedia – Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang (UNPAM) yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), melakukan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pasir Gadung, Kabupaten Tangerang. Untuk melakukan Implementasi Pengelolaan Limbah Plastik Yang di jadikan wadah kreasi bagi Masyarakat di Desa Pasir Gadung pada tanggal 14-16 Oktober 2023. Kegiatan tersebut dilakukan oleh satu kelompok, terdiri dari 4 orang, diketuai oleh Aprindajugoja Nur Utomo dan beranggota dari fakultas Teknik program studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Dalam kegiatannya bekerjasama dengan masyarakat Desa Pasir Gadung.

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu sebagai upaya pemberdayaan wadah kreasi anak-anak serta masyarakat dengan memberikan implementasi bahwa limbah plasti dapat di Kelola untuk prasarana dalam memperindah lingkungan.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan melalui beberapa rangkaian acara pertama-tama pembukaan acara oleh Muhamad Fauzan sebagai moderator, dan di mulai nya acara dalam hal ini mengucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak ketua RT. 02/RW. 01 Desa Pasir Gadung yang telah memberikan kesempatan untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini. Serta disampaikan juga ucapan terimakasih kepada kepala seluruh masyarakat yang terlibat dalam kegiatan PKM tersebut.

Selanjutnya acara PKM dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang presentasi tentang pengelolan limbah plastik oleh aprindajugoja dan hermawan mengenai implementasi limbah plastik yang dikelola untuk prasarana di Desa Pasir Gadung ,kab. Tangerang Banten.

Baca Juga  Mahasiswa Teknik Mesin UNPAM Gelar Sosialilasi Uji Hasil Pengelasan SMAW Di Perumahan Sukamanah Rajeg Tangerang

Selesainya acara presentasi mengenai implementasi pengeloaan limbah plastik di Desa Pasir Gadung RT 002/ RW 001, kemudian hasil dari praktek pengelolaan limbah plastik yang kelompok kami buat, kami mengimplementasikan langsung ke titik yang tepat.

Dengan adanya kegiatan PKM ini, Mereka berharap dengan adanya pelatihan pengelolaan limbah plastik ini di Desa Pasir Gadung, Masyarakat bahkan anak-anak bisa membuatnya sendiri dirumah dan dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat tentang pembuatan pot bunga dan tempat cuci tangan, serta memberikan peluang usaha masyarakat khususnya di Desa Pasir Gadung.

Sebagai perwakilan dari Masyarakat, bu Yuli menyatakan, “Dengan adanya edukasi implementasi pengelolaan limbah plastik ini kami selaku Masyarakat sangat senang dan menjadi lebih paham cara memanfaatkan limbah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Kami sangat berterima kasih karena PKM ini memberikan kami wawasan tambahan dan juga membuat anak-anak bisa berpikir kreatif kedepannya”.

Hal ini menjadi salah satu keberhasilan dari kegiatan PKM ini, karena banyak dari peserta yang mengikuti kegiatan ini untuk memakai tempat cuci tangan dan pot bunga kami ini dikarenakan dapat menghemat dari biaya pengeluran pembelian tempat cuci tangan dan pot bunga. dengan adanya PKM ini mereka hanya akan membuat nya dengan sekali pembuatan namun dapat digunakan dalam hingga jangka waktu yang lama.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *