Prodi Teknik Industri UNPAM Gelar Pelatihan Manfaat Serbuk Jahe Instan Sebagai Miniuman Kesehatan Dimasa Pandemi COVID – 19.

TangselMedia-Dalam rangka memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM yang digelar pada 17 Desember 2021 ini bertempat di Desa Gorowong, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi yang dijadikan tempat kegiata Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa adalah Desa Gorowong, Kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor. Sejak tahun 1960-an, secara turun temurun warga Desa Gorowong, rata-rata menggantungkan hidupnya dengan membuat bata merah. Tanah lempung atau tanah liat dijadikan bahan baku utama,yang tentu membuat kekhawatiran akan rusaknya lingkungan sekitar. Kurangnya tingkat pendidikan warganya membuat desa ini belum berani mencoba hal-hal baru diluar dari profesi yang sudah lama turun temurun, kurangnya sokongan keuangan dan keterampilan juga menjadi faktor masyarakat enggan beralih usaha lain. Kami merasa perlu menyelesaikan permasalahan yang ada di desa Gorowong dengan memberikan pelatihan dan sosialisasi sebagai solusi alternatif untuk memotivasi masyarakat berani beralih usaha dengan cara ekonomis dan nyata yaitu dengan menyampaikan proses pengolahan jahe untuk dijadikan serbuk jahe instan sebagai minuman kesehatan yang bisa menjadi usaha baru bagi masyarakat disana.

Saat ini banyak makanan dan minuman yang ditawarkan sebagai produk suplemen yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Minuman kesehatan merupakan minuman yang mengandung unsur-unsur zat gizi atau non zat gizi dan jikadikonsumsi dapat memberikan pengaruh posistif terhadap kesehatan tubuh. Minuman kesehatan sebagai salah satu produk yang sudah dikenal masyarakat, banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai merek dan bentuk, seperti dalam bentuk cair,serbuk instan ataupun tablet. Kecenderungan masyarakat saat ini adalah lebih sukamenggunakan produk yang kemasan dan penyajiannya lebih praktis dan cepat, karena tidak perlu membutuhkan banyak waktu dalam mempersiapkannya.

Salah satu contoh minuman kesehatan yang dapat dijumpai adalah minuman instan ekstrak jahe, dimana produk tersebut umumnya dibuat dengan mengambil sari dari rimpang jahe kemudian dilakukan pengolahan lanjut. Kebanyakan produk tersebut dijumpai dalam bentuk serbuk, di samping ada beberapa yang dibuat dalam bentuk tablet maupun cair.

Maka dari itu kelompok kami akan memulai sebuah usaha dimana usaha ini cukup menjanjikan untuk desa Gorowong yaitu membuat serbuk jahe instan sebagai minuman kesehatan. Dengan pembuatan serbuk jahe instan bisa memberikan peluang usaha baru bagi masyarakat desa Gorowong agar lebih banyak lagi usaha yang bisa dikelola. Berdsarkan latar belakang yang sudah dibahas diatas maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat melakukan penyuluhan dengan judul “Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dengan Keterampilan Membuat Serbuk Jahe Instan”.

Baca Juga  Gempa Banten Terasa Hingga Tangsel

Kegiatan PKM ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan juga tim Pengabdian Kepada Masyarakat karena kita sama-sama belajar bagaimana mengolah jahe untuk dijadikan minuman kesehatan dimasa pandemi covid-19 ini. Sebelum melaksanakan kegiatan tim PKM sudah melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui latar belakang desa Gorowong, masyarakat disana sangat antusias dengan adanya program ini karena mereka juga dapat menambah wawasan untuk kemajuan desa mereka.

Setelah melakukan survey tim PKM Teknik Industri melakukan perjalanan ke desa Gorowong untuk melaksanakan kegiatan ini. Dalam perjalanan kami melakukan dokumentasi perjalanan untuk dijadikan laporan akhir setelah terlaksananya kegiatan ini, setelah sampai di lokasi tim PKM mempersiapkan semua keperluan yang digunakan dalam kegiatan ini agar bisa terlaksana dengan lancar.

Pada kegiatan PKM yang di lakukan di masa pandemi ini kita harus mematuhi protokol kesehatan 3M dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, dengan adanya edukasi ini di harapkan masyarakat dan mahasiswa sekalipun bisa menjadi pemasukan dan wawasan karna dampak pandemi ini. Dan tema yg kami bawakan tentang manfaat dari jahe sebagai minuman kesehatan dimasa pandemi. “Berikut merupakan manfaat dari kandungan jahe merah pada produk yang dibuat, yaitu : Phenolic (kandungan tersebut dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Zat tersebut bekerja untuk meredakan gejala iritasi pada sistem pencernaan), minyak atsiri (kandungan tersebut baik untuk meredakan batuk pada anak sehingga tidak mengonsumsi obat-obatan kimia yang dapat berdampak buruk bagi tubuh dalam jangka panjang), gingerol (kandungan rasa pedas yang muncul karena gingerol sangat berguna agar tubuh tidak mudah kedinginan), zingeron (zat ini mampu mencegah terjadi inflamasi usus dengan cara menghambat enzim yang dapat memicu peradangan pada pencernaan)”.

Kegiatan PKM ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari para warga dan juga disambut dengan baik oleh PJS Desa Gorowong, Rully Akbar beserta jajarannya yang mendampingi. Pihaknya merasa bersyukur serta berterima kasih dengan adanya PKM dari Prodi Teknik Industri UNPAM ini.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply