Prodi Teknik Industri Unpam Gelar PKM Melalui Pelatihan Daur Ulang Barang Bekas

TangselMedia-Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Team Dosen Program Studi Teknik  Industri Universitas Pamulang, melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada hari Minggu 13 Desember 2020   yang bertempat di Kp. Cibodas Kecil Rt.01 Rw.03 Kel. Cimone Kec. Karawaci Kota Tangerang  Banten, yang diikuti oleh Ibu-ibu PKK  Kp. Cibodas Kecil Rt.01 Rw.03 dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang danjurkan oleh pemerintah yaitu cuci tangan sebelum memasuki tempat pelaksanaan, memakai masker dan jaga jarak.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimotori oleh Pak Junaedi  S.T., M.M, Ibu Nia Kurniasih, S.T., M.M selaku narasumber dan Bapak Rianto Aditama , S.T., M.M serta dibantu oleh rekan-rekan mahasiswa dari prodi teknik industri Universitas pamulang.

Penyuluhan wirausaha home industry untuk meningkatkan ekonomi keluarga dengan daur ulang barang bekas, hadir untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan peluang yang sangat potensial dikembangkan, karena bahan bakunya murah dan mudah diperoleh. Obyek pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pada ibu-ibu PKK Kp. Cibodas Kecil Rt.01 Rw.03 Kel. Cimone Kec. Karawaci Kota Tangerang  Banten  karena pengusul pengabdian kepada masyarakat melihat potensi local baik dari sumber daya manusia yaitu ibu-ibu rumah tangga dan bahan baku dari barang bekas yang mudah dan murah diperoleh sehingga sangat memungkinkan untuk dikembangkan guna meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat setempat.

Baca Juga  Dosen Unpam Adakan Training Pembuatan Pakan Ternak Ayam Kampung Dengan Menggunakan Tehnik Permentasi di Lebak

Barang bekas tidak selalu berkonotasi rendah, tinggal bagaimana menyikapi barang bekas. Jika barang bekas dibiarkan dan dianggap sebagai barang yang sudah mempunyai nilai ekonomis dan nilai manfaat maka barang bekas tersebut hanya akan menjadi sampah. Tetapi barang bekas ini akan mempunyai nilai ekonomis dan nilai manfaat  jika barang bekas ini mendapat perhatian dan perlakuan lebih baik dari pada sekedar dianggap sebagai sampah.

Barang bekas (sampah) merupakan sisa bahan yang nilai ekonomisnya hampir tidak ada yang terbuang dari hasil kegiatan manusia atau alam yang nilai manfaatnya juga sudah tidak ada (Sejati, 2009).

Maka dari hal tersebut tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan jiwa wirausaha skala home industry untuk meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat Kp. Cibodas Kecil Rt.01 Rw.03. Selain itu juga untuk menggerakkan masyarakat sekitar agar sadar menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan sadar pengelolaan sampah yang baik dan benar dan juga untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan ibu-ibu ini semata-mata untuk memberikan kegiatan positif bagi ibu-ibu agar waktu luangnya tidak sia-sia serta dapat memberikan peluang usaha yang baik untuk para ibu-ibu PKK  serta warga masyarakat di daerah tersebut didaerah tersebut.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply