Penyuluhan Dosen Teknik Industri Di Jelupang Guna Peningkatan Produktivitas UMKM

TangselMedia-Untuk meningkatkan produktivitas UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di masyarakat, terutama pada kaum remaja yang berguna sebagai bentuk pemanfaatan waktu senggang yang dapat menghasilkan pendapatan lebih, maka Prodi Teknik Industri mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan yang dilaksanakan dua hari sejak Sabtu (05/12) di Sudut Baca Opera RW 06 Kampung Baru Jelupang ini, salah satunya berisi materi tentang penerapan Value Engineering dan Strategi Pemasaran dalam pembuatan semir ban. Pemaparan Materi disampaikan oleh Anthon Rudy W, S.T., M.T dan Ruspendi S.T., M.T. selaku Team Dosen serta dibantu oleh mahasiswa Prodi Teknik Industri yang terdiri dari Ibnu hanafiah, Choirunnisa, dan Errin Melliyana Luffiani.

UMKM merupakan suatu bentuk usaha dalam bidang ekonomi terutama dagang yang dikelola oleh suatu badan usaha atau individu yang memenuhi kriteria usaha mikro atau kecil. Dimana dalam kegiatan ekonomi UMKM sangat berperan dalam mengembangkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti makanan, minuman, pakaian, dan alat sehari-hari lainnya. Seperti Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Prodi teknik industri dalam menerapkan Value Engineering dan Strategi Pemasaran Semir Ban kepada Karang Taruna RW. 06 Kampung Baru, Jelupang yang dimana mereka hendak memulai kegiatan UMKM di wilayah sekitar mereka.

Tujuan umum dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah membantu dan mengembangkan potensi masyarakat dengan memberikan pelatihan, khususnya UMKM Karang Taruna RW. 06 Kampung Baru Kelurahan Jelupang Kecamatan Serpong Utara Tangerang Selatan. Dalam mengatasi permasalahan perhitungan biaya produksi dan bagaimana strategi pemasaran yang tepat serta dapat menganalisis minat juga kebutuhan masyarakat. Kegiatan Pegabdian Kepada Masyarakat (PKM) juga sebagai wujud implementasi tridharma perguruan tinggi yang dilakukan prodi teknik industri Universitas Pamulang.

Anthon Rudy W, S.T., M.T dalam pemaparannya tentang Value Engineering menjelaskan bahwa setiap kegiatan konstruksi/proyek pengembangan produk selalu terdapat biaya-biaya yang tidak diperlukan. Biaya-biaya tersebut kadang-kadang tidak terlihat atau tidak disadari oleh pemilik, perencanaan maupun pelaksanaan kegiatan tersebut. Penerapan Value Egineering pada pembuatan produk sangat penting karena untuk mengetahui hubungan fungsi uang sesungguhnya terhadap biaya yang diperlukan dan memberikan cara pengambilan keputusan mengenai usaha-usaha yang diperlukan selanjutnya. Dengan menerapkan Value Engineering diharapkan UMKM Karang Taruna RW 06 Kampung Baru Kelurahan Jelupang mampu menekan biaya produksi dan meningkatkan kualitas produk yang akan di produksi.

Baca Juga  Mahasiswa Pelaku Pembunuhan Ica Foya-Foya Pakai Uang Yang Digondol Dari Tangan Ica

Terkait dengan strategi pemasaran disampaikan pada kegiatan PKM, Ruspendi ST, MT sebagai pengisi materi tersebut menyampaikan bahwa strategi Pemasaran sangat penting dalam meningkatkan nilai ekonomi. Dengan menyusunan strategi yang tepat dapat melihat peluang bisnis yang ada di wilayah RW 06 Kampung baru, kelurahan Jelupang. Untuk strategi pemasaran yang bisa dijalankan untuk produk semir ban, bisa dengan cara memasarkan pada lingkup paling kecil terlebih dahulu yaitu warga sekitar kelurahan, kemudian bisa juga memasarkan pada komunitas-komunitas mobil maupun motor, serta memasarkan pada car wash (pencucian mobil) maupun tempat pencucian motor. Pada saat penyampaian Strategi Pemasaran tersebut para peserta sangat antusias  mendengarkan.

Pelatihan pembuatan semir ban menjadi kegatan inti PKM di wilayah RW 06 Kampung Baru Kelurahan Jelupang Kecamatan Serpong Utara Tangerang Selatan. Dengan mengetahui bahan baku dan proses pembuatannya diharapkan Karang Taruna dapat memproduksi semir ban dengan mandiri serta dapat mengimplementasikan Strategi Pemasaran dan value engineering dalam produksi semir ban.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab antara karang taruna dengan Dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang, juga penyerahan sampel semir ban kepada Karang Taruna RW 06 Kampung Baru Kelurahan Jelupang Kecamatan Serpong Utara Tangerang Selatan.  Adapun prosesi foto dan makan bersama menjadi kegiatan penutup Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Teknik Industri, Universitas Pamulang.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply