Program Strategi Mencari Peluang Usaha Di Masa Pandemi Dengan Pemasaran Online Untuk Masyarakat Rt. 07/Rw. 02 Kel. Limo

TangselMedia-PKM (Pengabdian kepada Masyarkat) adalah suatu kegiatan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pamulang (UNPAM), yang dimana hal ini akan menjadi kewajiban untuk dilaksanakan setiap mahasiswa, sebagai pelengkap laporan akhir dalam persyaratan menyelesaikan skripsi.

Sebelum pelaksanaan PKM, sebagai dosen pembimbing memberikan pengarahan terkait teknis dan strategi pelaksanaan agar semua berjalan dengan efektif dan efesien. Seperti mempersiapkan perencanaan PKM, materi PKM, konsumsi dan bingkisan untuk peserta PKM, spanduk, sertifikat, rundown acara, koordinasi penanggung jawab lokasi, dan lain sebagainya. Peserta PKM di ikuti oleh 5 kelompok yang terdiri dari 22 orang. Dalam kegiatan PKM ini kebetulan memang  secara bersama-sama, namun untuk laporan kegiatan masing-masing kelompok membuat secara terpisah.

Dalam melanjutkan presentasi materi PKM, kami koordinasi dengan Bpk. H Lukman Hakim sebagai Ketua RW dan selaku tuan rumah untuk acara ini menyampaikan tujuan kegiatan PKM, dengan harapan bisa bermanfaat untuk masyarakat Keluarahan Limo terutama Ibu Rumah Tangga dan Ibu – ibu Kader.

Peran mahasiswa memang dalam memajukan institusi terutama prodi sangatlah besar. Jika ditinjau dari ketujuh standar akreditasi, tentunya mahasiswa memiliki peran penting, misalnya dalam hal kemahasiswaan, Output lulusan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat serta sumber daya manusia. Kontribusi mahasiswa dalam akreditasi tersebut sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan Salah satu contoh kontribusi mahasiswa dalam bidang penelitian yaitu adanya peran aktif dari mahasiswa dalam berbagai program penelitian yang outputnya misalnya jurnal, program kreatifitas mahasiswa (PKM), artikel ilmiah dll. Dewasa ini mahasiswa dituntut untuk bisa menghasilkan jurnal ilmiah yang nantinya juga akan digunakan sebagai syarat kelulusan.

Baca Juga  Sosialisasi Konsep Produk dan Siklus Hidup Produk Dalam Upaya Pengembangan Produk Kopi di Dusun Pasir Kaliki

Namun kontradiksi dengan realita yang terjadi, hal itu masih belum dipahami oleh mahasiswa, mereka masih merasa keberatan dan kesulitan jika hal tersebut diterapkan. Untuk meningkatkan aktifitas penelitian dikalangan mahasiswa, memang hal tersebut harus tetap dijalankan, akan tetapi harus dibarengi dengan berbagai program pelatihan yang merata dan berkesinambungan yaitu dengan menerapkan kurikulum penelitian disemua program studi diseluruh universitas.

Kemudian tema PKM kami yang akan disampaikan kepada peserta PKM yaitu “Program Strategi Usaha Pemasaran Online Untuk Masyarakat Rt. 07/Rw. 02 KeL. Limo”. Materi PKM tersebut merupakan bagaimana para peserta menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang bagaimana kita memasarkan suaru produk dengan cara memanfaatkan teknologi dimasa kini yang terus semakin canggih. Tentu kita bisa selangkah lebih maju dalam memasrkan suatu produk agar kita bisa memasarkan sampai ke pasar global dengan menggunakan teknologi terkini tanpa kita harus datang ke tempat pembeli.

AKHIRNYA, kegiatan ini berjalan dengan baik dan disambut baik oleh Bapak RW dan Warga setempat. Warga berharap kepada kami kegiatan ini harus terus dilaksanakan mengingat warga sangat jarang diberikan kegiatan seperti ini.(***)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply