Gubernur Banten Ajak Mahasiswa Terlibat Gerakan Banten Membaca

Banten, Komunitas 0

317perpus sekolahTangselMedia.com – Para kader Keluarga Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) diminta Gubernur Banten Rano Karnon agar mensukseskan program Gerakan Banten Membaca.

Menurut Gubernur pada waktu melakukan temu muka dengan pengurus KAMMI Banten di rang kerjanya di KP3B Serang beberapa hari lalu menjelaskan bahwa. Program Gerakan Banten Membaca tidak akan optimal apabila tidak ada bantuan dan dukungan dari semua pihak, khususnya teman-teman mahasiswa. Sehingga teman-teman KAMMI Banten dipersilahkan memberikan ide atau saran agar bisa dilibatkan.

Gubernur Banten memiliki program untuk memberikan akses bacaan seluas-luasnya bagi masyarakat Banten, terutama sejak tahun 2016 ini, Pemprov Banten mencanangkan pendirian program satu Tamaan Bacaan Masyarakat (TBM) di satu desa.

Sebab fakta di lapangan tercatat jumlah buta aksara masih sekitar 50 ribu orang. Maka diharapkan dukungan dan peran dari semua lembaga agar dalam satu tahun ini bisa dituntaskan, ungkap Rano.

Gubernur juga memiliki harapan kepada semua pihak dapat bersinergi sehingga kelak Gerakan Banten Membaca menjadi gerakan bersama. Atau dari pihak mana bisa membuat konsep seperti bentuk apa sinergi dengan program pemerintah atau program dari CSR Perusahaan. Sehingga tidak hanya bergantung pada anggaran, papar Gubernur Banten.

Menurut Deni Setiadi selaku Ketua Pengurus Wilayah (PW) KAMMI Banten sangat merespon positif pada program Gerakan Banten Membaca yang diprogramkan Pemprov Banten. Deni pun bersedia apabila KAMMI turut dilibatkan dalam salah satu program penuntasan buta aksara tersebut.

Deni menjelaskan bahwa pihaknya juga siap mendukung pemerintah untuk disebar ke daerah-daerah pelosok Banten dalam rangka mengajar membaca kepada masyarakat yang masih buta aksara. Kemudian dari pihak KAMMI sendiri telah menyiapkan sumber daya manusia yang telah dilatih supaya dapat mengelola TBM dengan baik. KAMMI punya desa binaan di setia kampus yang berada di Banten. Sehingga mereka dapat mengelola dan menerapkannya di desa binaan tersebut, ungkap Deni.

Menurut Deni, tujuan dari program Gerakan Banten Membaca adalah turut membantu kepada masyarakat Banten yang ingin maju dan berkembang. Hal tersebut sejalan dengan peran mahasiswa di Tridarma Perguruan Tinggi point ke tiga, yakni pengabdian kepada masyarakat, ungkap Deni.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply