Hanya Dengan Jawab Telepon “Ya”, Anda Akan Terkena Penipuan

Nasional 0

TangselMedia – Dunia Kejahatan semakin canggih saja. Kejahatan scammer dari korbannya hanya melalui telepon sudah terjadi. Jadi jika Anda menerima telepon dari nomor seseorang yang tidak dikenal dan orang itu langsung bertanya, “Dapatkah Anda mendengar saya?” Jangan katakan apapun dan tutuplah telepon itu sesegera mungkin.

Ilustrasi Scam

Belum lama ini polisi Australia mengumumkan sedang marak penipuan melalui telepon dengan modus scammer kepada korbannya.

Pelaku akan menelepon korbannya dengan “Dapatkah Anda mendengar saya?” Sepertinya kalimat tersebut sepele dan tidak berbahaya. Tetapi, kalimat ini berpotensi menipu Anda di akhir pembicaraan, walaupun hanya dengan jawaban “Ya”.

Mengutip situs berita News.com.au, pelaku akan menelepon nomor bisnis atau nomor telepon rumah Anda. Jika Anda menjawab “Ya”, scammer akan bertanya beberapa kali dengan pertanyaan serupa. Ia kemudian merekam suara Anda dan mengakhiri panggilan begitu saja.

Bahayanya karena rekaman suara tersebut dapat digunakan untuk memberi akses otorisasi pembayaran atas nama Anda yang menggunakan metode pengenalan suara. Karena suara itu adalah suara orang yang memberi otorisasi transaksi, hal ini akan sulit dibantah apabila nanti Anda mengaku telah kena scam.

“Kami membagikan informasi ini ke seluruh negara bagian, karena kami yakin (scammer) akan menyerang banyak wilayah,” ungkap polisi Australia.

Scam adalah penipuan dengan memanfaatkan saluran elektronik atau internet, sehingga pengirimnya akan mendapat keuntungan tertentu. Kasus ini telah sampai di Australia, setelah sebelumnya terjadi berulang kali di Amerika Serikat dan Inggris. (ISN)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply