Berwisata Sambil Belajar Di Tanah Tingal

Wisata
image from:thisisfito.blogspot.com

Sekolah Tanah Tingal image from:thisisfito.blogspot.com

Anak-anak adalah harapan bangsa, kehidupan mereka dimasa kecil akan membawa banyak pengaruh pada saat ia dewasa. Cara belajar mereka adalah sambil bermain, karena bermain adalah dunia anak-anak. Terlalu serius dapat membuat anak menjadi stres dan memberontak oleh karena itu belajar sambil bermain merupakan salah satu pilihan tepat untuk mendidik anak. Salah satu tempat yang cukup menarik di Tangsel adalah Tanah Tingal. Sebuah tempat dimana terdapat sebuah sekolah alam dan juga area rekreasi yang menawarkan pendidikan dasar mengenai alam untuk anak.

Tanah Tingal berada di Desa Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan. Tempat ini sangat menarik, selain itu tempat ini juga mudah dijangkau karena terletak didalam kota.

Alam merupakan salah satu daya tarik utama tempat ini, dimana anak-anak bisa belajar untuk meningkatkan kreativitas serta melatih diri mereka untuk mengenal lingkungannya. Berbagai kegiatan bisa anak-anak lakukan di sini. Di Tanah Tingal juga terdapat sebuah rumah tinggal yang berisi galeri foto, selain itu dibagian halaman dan sekitarnya anak-anak bisa bermain sepuasnya mulai dari berkubang dengan lumpur sambil menikmati suasana hutan atau berenang di kolam renang. Tersedia juga lapangan yang luas untuk bermain maupun melakukan beberapa kegiatan lainnya.

Di Rumah Tingal terdapat kebun anggrek, rawa-rawa, sawah, kebun sayur, dan kebun anggrek serta danau tempat bermain kano. Areal Tanah Tingal luasnya mencapai 10 hektar.

Dengan fasilitas fasilitas yang disebutkan di atas memungkinkan anak untuk mengikuti permainan-permainan atau pendidikan dasar seperti memanen padi di sawah, bermain kayak di danau atau berkebun anggrek.

Konsep alam yang ditawarkan oleh Tanah Tinggal sebenarnya sangat luar biasa menyenangkan, disamping menawarkan berbagai jenis permainan-permainan juga tersedia beberapa wahana seperti flying fox, panjat dinding, meniti jembatan tali, dan lain-lain. Semuanya terdapat di tempat ini. Anda tidak perlu khawatir, karena semua permainan sudah memenuhi standar keamanan internasional. Hal ini dilakukan untuk mendidik anak agar dapat berinteraksi dengan lingkungan cara mandiri serta meningkatkan rasa percaya diri.

Lapangan

Lapangan

Pada bulan-bulan tertentu seperti bulan-bulan dimana buah sedang musim kita juga bisa mengajak keluarga untuk memetik buah, terutama dimusim panen. Anak bisa belajar memanen padi, bahkan di sawah anak-anak juga bisa belajar menanam padi atau menanam jagung dan berbagai tanaman-tanaman yang lain.

Kegiatan lainnya yang bisa anda ikuti bersama keluarga terutama anak adalah kegiatan mengamati burung. Kegiatan ini dilakukan sekitar pukul 05.30 hingga pukul 07:00 pagi, dimana burung baru mulai melakukan aktivitasnya, sehingga ini adalah waktu yang paling tepat untuk mengamati kegiatan burung.

Ada kurang lebih 30 jenis burung yang bisa diamati di Tanah Tingal seperti Burung Perkutut Jawa, Betet Kelabu, Pipit Benggala, Tekukur, Elang Bondol, Wiwik Uncuing, Burung Cabai Jawa, Merbah Cerukcuk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tempat-tempat mengamati burung bisa dilakukan mulai dari pintu gerbang utama hingga ke bagian belakang Tanah Tingal. Kegiatan ini tentu sangat mengasikkan sekali karena dengan kegiatan ini anak akan tahu bagaimana burung beraktifitas.

Aktivitas belajar menarik lainnya adalah melukis keramik. Disini anak akan diajarkan bagaimana melukis sebuah keramik menggunakan kuas dan cat.

Berikut adalah berbagai layanan yang disediakan oleh Tanah Tingal.

1.   Outdoor wedding atau garden party
Lengkap dengan :

– Sewa area
–  Dekorasi pelaminan
– Dokumentasi
– Katering
– Sound system
– Tenda dan lain lain.
2.   Family an Employee Gathering

Yang merupakan sebuah kegiatan untuk membangun hubungan informal atau untuk membina kebersamaan dengan keluarga. Aktivitas yang dilakukan bersama dalam suasana informal dan rileks diharapkan akan mempererat jarak yang ada di antara keluarga, selain itu ada paket

3. Outing

Paket ini merupakan kombinasi dari berbagai kegiatan wisata petualangan dan wisata liburan yang telah dikemas oleh pemiliknya untuk menambah pengalaman anda selama mengikuti kegiatan ini. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan seperti.

– Management Training
–  Team Building
– Dan lain-lain

Kegiatan ini mengutamakan aspek kualitas individu maupun kelompok. Manfaatnya untuk karyawan adalah agar karyawan dapat meningkatkan kinerja serta interaksi mereka dengan team.

4. Edu Kids

merupakan program yang didesain untuk memberikan kegiatan pendidikan kepada anak-anak, seperti cinta lingkungan, menanam padi, memanen padi, menumbuk padi, menangkap ikan, melukis caping, recycle paper, recycle plastic, kreasi biji-bijian, melukis keramik, melukis, menghias pensil dan lain-lain.

5. Outing kids

Outing kids berisi kegiatan di luar ruangan seperti Flying fox, Water Transfer, Elsword Carbonet, Transfer ball, dan lain-lain.

musholaFasilitas yang disediakan di tempat ini di antaranya adalah pondok inap atau kabin yang dapat digunakan untuk mendukung pendidikan dan pelatihan. Pondok inap ini mengusung konsep Barak, akan tetapi sudah dilengkapi dengan AC, barak ini berkapasitas sekitar 50 tempat tidur. Namun sayangnya di tempat ini tidak terdapat di kantin atau warung makan, sehingga anda harus membawa makanan atau bekal sendiri dari rumah.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Tanah Tingal anda dapat datang di Jl. Merpati Raya No.32 Sawah Baru- Jombang  Ciputat  Tangerang  Selatan  15413 Banten. Atau menghubungi no Tlp. (021) 740 9454, 7409429 Fax. 7412912
dan mengirim Email:  tanahtingal@gmail.com

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.