Sejarah, Demografi dan Kondisi Kota Tangerang Selatan

Info Kota 0

Foto: Kantor Walikota Tangsel

TangselMedia – Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu kota yang usianya masih baru. Meski begitu kota ini sudah cukup maju dan bisa disebut sebagai kota yang berhasil. Meskipun merupakan sebuah kota industri tapi ada banyak tempat yang didedikasikan untuk pendidikan sehingga membuatnya menjadi salah satu calon kota yang bersahabat untuk pelajar. Penasaran dengan kota ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Luas wilayah dan kondisi kepadatan penduduk di Tangerang Selatan

Hal pertama yang akan kita bahas dari Tangerang Selatan adalah mengenai area dari Tangerang Selatan itu sendiri. Tangerang Selatan merupakan sebuah daerah berwujud kota. Meskipun berupa kota tapi ia memiliki luas area yang cukup besar yaitu sekitar 147.19 KM2.  Kota ini secara posisi berada di sebelah barat Jakarta dengan jarak kira-kira adalah 30 KM.

Untuk yang tidak tahu, banyak yang mengatakan bahwa Tangerang Selatan adalah bagian dari Tangerang. Padahal berbeda, Tangerang Selatan merupakan kota mandiri yang memiliki ibu kota di Ciputat. Kota Tangerang Selatan memang dahulu bergabung dengan Kabupaten Tangerang akan tetapi mulai berpisah sejak tahun 2008.

Sejarah dari Kota Tangerang Selatan

Dahulu Tangerang Selatan adalah sebuah area yang memiliki bentuk keresidenan. Namanya adalah karesidenan Batavia. Keresidenan ini dibentuk pada zaman penjajahan Belanda dan dihuni oleh 3 etnis yaitu Sunda, Tionghoa dan Betawi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya Kota Tangerang Selatan mulai berpisah dan menjadi kota mandiri sejak tahun 2008, lebih tepatnya adalah pada tanggal 29 Oktober 2008.

Pembentukan Tangerang Selatan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri yaitu Mardiyanto. Pembentukan atau pembangunan kota ini diawali dengan kurang puasnya kecamatan-kecamatan yang ada di Tangerang selatan mengenai pembangunannya. Dikatakan bahwa pembangunan dari Tangerang Selatan kurang mendapatkan perhatian sehingga daerahnya sulit maju.

Berdasarkan hal itu, bertahun-tahun dilakukan perundingan akhirnya dibuatlah sebuah Undang Undang pendirian Tangerang Selatan yaitu UU Nomor 51 Tahun 2008. Undang Undang tersebut kemudian menjadi pelengkap dari Sejarah Kota Tangerang Selatan yang kini berdiri sebagai kota dengan 7 kecamatan.

Kecamatan yang ada di Tangerang Selatan

Seperti yang  disebutkan sebelumnya, Tangerang Selatan merupakan kota yang terdiri dari 7 kecamatan. Kecamatan yang ada di bawah naungan dari Tangerang Selatan antara lain adalah

Kondisi Penduduk di Tangerang Selatan

Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu kota yang ada di pulau Jawa. Keragaman yang dimilikinya sangat luas karena kondisinya sebagai salah satu kota industri. Untuk jumlah penduduknya sendiri Tangerang Selatan memiliki jumlah penduduk lebih dari 1 juta orang. Lebih tepatnya adalah 1.593.812. Dengan luas area yang telah disebutkan sebelumnya, maka rata-rata kepadatan penduduk dari Tangerang Selatan adalah sekitar 1.000 / KM2.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keragaman dari Tangerang Selatan memang sangat luas. Keragaman dari Tangerang Selatan ini salah satunya bisa dilihat dari suku bangsa yang mendiami kota tersebut. Dahulu kota  Tangerang Selatan memang hanya dihuni oleh 3 etnis seperti yang disebutkan pada sub bab sejarah tentang Tangerang Selatan, akan tetapi saat ini keberadaan penduduk dari Tangerang Selatan sudah mulai berkembang. Saat ini suku yang mendiami Tangerang Selatan mulai beragam dari seluruh Indonesia mulai dari suku utama yaitu Sunda, Tionghoa dan juga  Betawi dan juga suku lainnya seperti suku Banten, Jawa, Batak, Minangkabau dan lain-lainnya.

Baca Juga  Bupati Pamekasan Berikan Beasiswa Kepada Santri Penghafal Al Quran

Karena suku yang berkembang di Tangerang Selatan ini jumlahnya sangat banyak, maka bahasa yang berkembang dan digunakan di Tangerang Selatan ini juga sangat beragam. Beberapa bahasa yang digunakan di kota ini antara lain adalah bahasa Banten, Betawi, Jawa, Tionghoa, Sunda, Bahasa Inggris dan yang sudah pasti adalah Bahasa Indonesia.

Selain suku yang mendiaminya yang sangat beragam, agama yang dianut oleh warga Tangerang Selatan juga sangat luas. Berikut ini adalah jenis agama yang ada di Kota Tangerang Selatan beserta persentasenya.

  • Islam sebanyak 88.99%

  • Kristen Protestan sebanyak 6.08%

  • Katolik sebanyak 3.89%

  • Buddha sebanyak 0.79%

  • Hindu sebanyak 0.20%

  • Konghucu sebanyak 0.05%

Untuk mata pencaharian penduduknya, pasti sudah cukup jelas ya dilihat dari jenis kota dan Kondisi penduduk Kota Tangerang Selatan ini? Ya, mata pencaharian penduduk dari Tangerang Selatan ini di dominasi dengan pekerja pabrikan mengingat Tangerang Selatan adalah sebuah kota industri.

Kondisi Cuaca Tangerang Selatan

Lalu bagaimana dengan keadaan cuaca yang dimiliki oleh Tangerang Selatan? Tangerang Selatan merupakan sebuah kota yang bisa dibilang cukup dingin. Hal ini disebabkan karena temperatur udara yang ada di sana biasanya berkisar antara 23,4° C hingga 34,2° C. Selain itu, cahaya matahari di tempat tersebut juga tidak begitu panas karena rata-rata intensitas cahaya mataharinya adalah 49,0%. Yang cukup tinggi dari hal udara di Kota Tangerang Selatan ini adalah mengenai kelembaban udara yang dimiliki oleh kota industri ini. Untuk kelembaban udaranya, kota industri Tangerang Selatan ini memiliki rata-rata sebesar 80%

Daya Tarik Tangerang Selatan

Foto: Taman Kota 1, BSD

Untuk daya tariknya, Tangerang Selatan merupakan sebuah kota yang cukup menarik. Cukup maju karena tujuan pengembangannya memang digunakan untuk meningkatkan kemajuan dari daerah tersebut. Salah satu bentuk atau wujud dari kemajuan yang dimiliki oleh Tangerang Selatan ini adalah mengenai wisatanya. Meskipun merupakan sebuah kota yang populer dengan kondisi penduduknya yang bekerja di lahan industri, ternyata Tangerang Selatan ini memiliki cukup banyak tempat wisata.

Tempat wisata yang dimiliki oleh Tangerang Selatan ini sebagian besar adalah tempat wisata buatan seperti kolam renang dan juga taman bermain. Selain itu, Tangerang Selatan ini juga merupakan sebuah kota yang cukup peduli dengan pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya tempat Wisata Kota Tangerang Selatan yang tidak hanya menawarkan permainan saja tapi juga  menawarkan edukasi di dalamnya.

Selain itu, di Tangerang Selatan ini juga ada banyak sekolah baik sekolah menengah atas hingga universitas. Bahkan di  Tangerang Selatan ini ada beberapa universitas internasional yang memiliki gengsi yang luar biasa. Jadi untuk anda yang tinggal di Tangerang Selatan tidak perlu khawatir mengenai masalah pendidikan karena pendidikan di Tangerang Selatan ini memang sudah cukup maju

Sayangnya karena merupakan kota yang baru berdiri, maka makanan khas yang dimiliki oleh Tangerang Selatan ini bisa dibilang tidak ada. Namun jangan salah, meskipun tidak ada makanan khasnya jangan kira di Tangerang Selatan ini tidak ada tempat kuliner yang enak ya. Untuk anda yang penasaran dengan kuliner dari Kota Tangerang Selatan anda bisa menyimaknya di artikel kami selanjutnya yang berhubungan dengan kuliner di area Tangerang Selatan. Di jamin anda akan ngiler hanya karena membayangkan kelezatan makanan yang disajikannya.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply