Bus Masuk Sungai di Guci Tegal

BUS MASUK SUNGAI DI GUCI TEGAL

Ditulis oleh : Zidni Afif*

 

Pada tanggal 7 Mei 2023, sebuah kecelakaan terjadi di Jalan Raya Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sebuah bus pariwisata yang sedang mengangkut wisatawan terjun ke dalam jurang setelah sopir kehilangan kendali atas kendaraannya.

Bus ini diketahui membawa rombongan peziarah dari Serpong, Tangerang Selatan, yang berangkat pada Sabtu (6/5/2023) pagi. PMI Kabupaten Tegal mencatat, ada 38 penumpang di dalam bus saat kejadian. Berdasarkan data terakhir, dua orang tewas, dua korban kritis, dan 23 orang dilaporkan luka-luka akibat kecelakaan tersebut.Sebanyak enam orang lainnya dikabarkan selamat tanpa luka.

Bus yang terlibat dalam kecelakaan tersebut adalah bus pariwisata dengan nomor polisi B 7260 GOA, milik PO Duta Wisata.

Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo mengatakan kecelakaan terjadi ketika rombongan hendak melakukan perjalanan pulang setelah menginap di kawasan wisata Guci.Bus yang semula dalam posisi terparkir meluncur pada jalanan menurun hingga terjatuh masuk ke sungai.

Baca Juga  Universitas Riau Telah Menjawab Tantangan Industri

Tim SAR (Search and Rescue) bersama dengan petugas kepolisian dan warga sekitar segera merespons kecelakaan ini dan membantu para korban.Semua korban berhasil dievakuasi dari lokasi kecelakaan dan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Selain itu, kecelakaan ini juga menimbulkan pertanyaan tentang keselamatan transportasi di Indonesia. Meskipun pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keselamatan transportasi, namun kecelakaan-kecelakaan serupa masih terjadi di Indonesia.

Dalam hal ini, diperlukan upaya yang lebih serius dan terkoordinasi dari pemerintah, operator transportasi, serta masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan dalam transportasi. Kejadian di Jalan Raya Guci, Kabupaten Tegal, harus menjadi pengingat bagi kita semua bahwa keselamatan dalam transportasi harus menjadi prioritas utama, dan setiap orang harus berperan aktif dalam mewujudkan hal tersebut. ***

*Penulis adalah Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *