Tren Penggunaan Internet dan Media Sosial di Era Konvergensi Media

TREN PENGGUNAAN INTERNET DAN MEDIA SOSIAL DI ERA KONVERGENSI MEDIA

Ditulis oleh : Agni Regina Pitaloka*

 

Era digital hadir ditandai dengan munculnya teknologi komputer beserta teknologi lainnya yang mendukung akses informasi secara elektronik. Berbagai media digital yang saling terhubung satu sama lain membentuk sebuah media baru yang lebih kompatibel, mudah dan cepat diakses yang kemudian disebut dengan konvergensi media.

Konvergensi media adalah pengggabungan atau menyatunya berbagai jenis media yang sebelumnya diangap terpisah dan berbeda, seperti media cetak, radio, televise, internet bersama dengan teknologi teknologi poratabel dan interaktifnya melalui berbagai platform presentasi digital.

Dalam perkembangannya, hal tersebut mendorong berbagai macam perubahan pada media massa tentang bagaimana informasi disajikan kepada setiap orang, seperti media cetak, radio, televisi, internet bersama teknologi-teknologi portable dan interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital.

Konvergensi media dibuat bertujuan untuk memudahkan manusia dalam menikmati media. Sebagai contohnya, media televisi, yang telah mengalami beberapa perubahan diakibatkan oleh konfergensi media. Saat teknologi internet belum menjadi popular seperti sekarang, televisi masih menjadi media primadona yang seolah wajib ada dalam setiap rumah masyarakat Indonesia. Kini, televisi seolah hanya menjadi salah satu barang pajangan yang belum tentu dalan satu hari dinyalakan oleh pemiliknya. Karena masyarakat lebih senag menggunakan smarphone.

Smartphone yang memiliki lebih banyak fasilitas hiburan daripada media televisi, medorong masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya dengan teknologi yang tidak lebih dari 10 inci itu. Selain menawarkan banyak varian jenis hiburan yang tidak terbatas akses waktunya, smartphone juga memberi keleluasan ruang untuk menikmatinya dimana saja sesuai denga apa yang sedang dipikirkan dan dihendaki.

Baca Juga  Menumbuhkan Geliat Profesi Teknisi Handphone di Institut Kemandirian Dompet Dhuafa

Youtube merupakan salah satu flatform yang dianggap menjadi salah satu bentuk konvergensi media paling kompatibel dengan karakter televisi. Dengan adanya konvergensi media ini banyak hal yang dapat kita lakukan hanya dalam satu genggaman,  dimana youtube sendiri menjadi salah satu media yang mudah diakses dan banyak digunakan karena kita dapat mendaptkan ilmu secara visual maupun audio, seperti layaknya televisi akan tetapi youtube sendiri lebih luas cakupannya.

Namun seperti perkembangan teknologi lainnya yang selalu pasti selalu ada dampaknya, entah dampak negative maupun dampak posisif, konvergensi media pun seperti itu, ada dampak negative dan dampak positifnya, yaitu sebagai berikut:

  • Dampak positif

Terjadinya konvergensi media saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan dan kemajuan teknologi, yang mendorong kemudahan kita menikmati media konvesional secara online melalui gadget yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan CD/DVD melalui DVD player. Tidak hanya itu dengan adanya konvergensi media, kita dapat mengetahui segala macam jenis informasi dengan sangat mudah hanya dengan smartphone kita, dari mulai informasi criminal, politik, kuliner, budaya, iklan dan lain-lain.

  • Dampak negative

Dengan kemudahan teknologi seperti sekarang ini memang kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi diinternet, namun sayang sekali informasi atau berita diinternet itu tidak semuanya benar, karena banyak sekali penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab hanya untuk mendapatkan keuntungan semata.***

* Penulis adalah Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *