TETAP PRODUKTIF DI TENGAH PANDEMI

Opini 0

TETAP PRODUKTIF DI TENGAH PANDEMI

Oleh: Agung Kurniawawan*

Dampak Pandemi Covid-19

Sudah satu tahun lebih Ibu pertiwi terjangkit pandemic Covid-19. Pada masa-masa ini semua pihak merasakan dampaknya. Banyak aktifitas yang di jalani saat ini di batasi. Salah satunya adalah aktifitas jual-beli . Di era pandemic ini, kegiatan proses jual beli di batasi, yang harusnya berjalan secara normal berdampak ke pengusah kecil di pasar  hingga supermarket.

Pandemic covid-19, mengakibatkan perubah dari segi ekonomi dan keseharian dalam beraktifitas, membawa perubahan yang luar biasa untuk semua bidang. Salah satu yang terdampak paling besar adalah perekonomian, sehingga banyak karyawan yang terkena PHK. Sekitar puluhan hingga ratusan orang terkena PHK, Mereka di paksa menerima keadaan yang amat sulit ini. Oleh karena itu, semua masyarakat Indonesia, harus tetap produktif untuk bisa bertahan dari masa-masa sulit ini. Dengan kita memajukan usaha mikro itu bisa membuat kita bertahan dari masa-masa sulit ini.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Dimasa Pandemi Covid-19 pada Saat Bulan Ramadhan

Hal-hal Produktif yang Dapat Dilakukan selama Pandemi

Dengan kita tetap Produktif, akan memberikan banyak hal fositif, Hal tersebut akan mengurangi tingkat kriminal di masa sulit ini. Berikut hal- hal produktif yang tetap bisa di lakukan di tengah pandemic

1. Menjadi seorang UMKM.

Apa aitu UMKM? Pengertian UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sendiri merupakan hal yang baru dalam kegiatan atau aktivitas perniagaan. UMKM ini bergerak dalam hal perdagangan dimana dalam hal ini menyangkut pada aktivitas atau kegiatan berwirausaha. UMKM merupakan suatu usaha perdagangan yang dikelola oleh perorangan atau juga badan usaha yang dalam hal ini termasuk juga sebagai kriteria usaha dalam lingkup kecil atau juga mikro. Dengan begitu kita bisa survive di tengah keaulitan ini dan mempunyai ladang usaha sendiri tanpa harus menghawatirkan perekonomian pada keluarga dan dirinya, dan terciptanya wirausahaan yang produktif bisa bertahan di tengah kesulitan.

2. Menjadi seorang petani.

Apa aitu petani? adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman (seperti padibungabuah dan lain lain), dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Dengan kita mempunya usaha sendiri kita bisa menjadi pahlawan di tengah masyarakat. Dengan menciptakan lapangan kerja bisa mengurangi pengangguran, serta mengurangi tingkat criminal yang terus bertambah. Serta menjadi suritauladan di tengah masyrakat bisa membantu masyarat lain yang terkena dampak pandemic seperti terkena PHK tanpa pesangon, usahanya mundur dan siswa siswi yang baru lulus.

Baca Juga  Covid-19 dan Hubungannya Dengan Revolusi Industri 4.0

3. Tetap berkarya.

Sebuah kegiatan mengahasilakan sebuah karya yang bisa di nikmati atau di apresiasi di media masa dan di nikmati oleh banyak orang contohnya membuat komik,majalah, dan membuat lagu. Dengan begitu banyak masa yang bisa menikmati karya yang kita ciptakan. Hal fositif pun tercipta dengan kita menciptakan sebuah karya seni dan menghasilkan daya jual yang tinggi, misalakan menanyangkannya di youtube itu bisa mendapatkan penghasilan dan populeritas dengan kita menanyangkan karya kita media social.

4. Memulai usaha digital marketing.

Apa itu digital marketing?  Pengertian Digital marketing adalah suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Tujuannya ialah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Dengan begitu kita bisa berjualan tanpa harus turun langsung ke pasaran hanya menggunkan internet sudah bisa mengahasilkan uang, Pada masa pandemic ini masyarakat banyak yang takut keluar rumah, jadi yang berbelanja menggunakan internet sangat menguntungkan, karna konsumen hanya menuggu di rumah barang di antarkan ke rumah dengan kurir.

Itulah merupakan opini saya untuk produktifitas di tengah pandemic ini, dengan adanya hal-hal fositif dan produktif akan memberikan kita sebuah ide untuk mengasilkan sebuah pengahsilan, dan bisa membantu masyarakat lainnya membuka lapangan usaha dan menjadi suritauladan di tengah masyarakat, karna menolong masyarkat lainnya yang terkena dampak dari pandemic yaitu, pekerja yang terkena phk, usahanya gulung tikar, dan pengangguran.***

*Penulis adalah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

 

 

 

Tags:
Rate this article!

Related Posts

Leave a Reply