Guna Tingkatkan UMKM di Setu Tangsel, Dosen Unpam Berikan Workshop Pembuatan Ekstrak Jahe Merah

TangselMedia-Jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) merupakan jenis rempah-rempah yang paling banyak digunakan dalam berbagai resep makanan dan minuman. Jahe merah ini juga merupakan salah satu jenis tanaman obat berupa tumbuhan rumpang berbatang semu, memiliki struktur rimpang yang berukuran lebih kecil berlapis-lapis dan daging rimpangnya berwarna kuning kemerahan dari jenis jahe lainnya serta memiliki serat yang kasar. Secara empiris jahe merah biasa digunakan masyarakat sebagai obat masuk angin, gangguan pencernaan, antipiretik, anti-inflamasi, dan sebagai antioksidan. Beberapa komponen bioaktif utama dalam jahe merah adalah 4-diarilheptanoid, shogaol, dan gingerol.

Saat ini banyak makanan dan minuman yang ditawarkan sebagai produk suplemen yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Minuman kesehatan merupakan minuman yang mengandung unsur-unsur zat gizi atau non gizi dan jika dikonsumsi dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh. Minuman kesehatan sebagai salah satu produk yang sudah dikenal masyarakat, banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai merek dan bentuk, seperti dalam bentuk cair, serbuk instan atau tablet. Kecenderungan masyarakat saat ini adalah lebih suka menggunakan produk yang kemasan dan penyajiannya lebih praktis dan cepat, karena tidak perlu membutuhkan banyak waktu dalam mempersiapkannya. Salah satu contoh minuman kesehatan yang dapat dijumpai adalah minuman instan ekstrak jahe, dimana produk tersebut umumnya dibuat dengan mengambil sari dari rimpang jahe kemudian dilakukan pengolahan lebih lanjut. Kebanyakan produk tersebut dijumpai dalam bentuk serbuk, tablet, ataupun cairan.

Berdasarkan berita online Kompas.com, manfaat jahe untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tanaman herbal ini bisa dibilang termasuk rempah-rempah yang paling banyak digunakan masyarakat untuk makanan dan minuman. Secara empiris jahe sendiri telah digunakan secara jamak sebagai obat alami penangkal masuk angin, antiperadangan atau analgesik, antibakteri, hingga antimabuk perjalanan. Selain itu, ekstrak jahe dapat meningkatkan kemampuan makrofag menelan penyusup.

Ekstrak jahe terbukti mengandung bebebera senyawa berakhasiat yang disebut zingerone, shogaol, dan gingerol. Gingerol adalah zat aktif minyak atsiri jahe yang berperan meningkatkan kemampuan sel pembunuh alami NK untuk memperbanyak diri dan menghancurkan dinding sel virus. Selain itu, gingerol juga dapat memperbaiki kemampuan makrofag dalam menelan penyusup. Pemberian ekstrak jahe secara rutin mampu menyembuhkan tukak lambung secara bertahap sebagai efek dari berkurangnya produksi gas lambung, meningkatnya fungsi makrofag yang menelan dan membunuh bakteri, serta meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Jahe instan merupakan produk pangan yang berbentuk serbuk, terbuat dari ekstrak jahe yang ditambah gula atau rempah-rempah lain. Minuman instan ekstrak jahe dimanfaatkan untuk menciptakan produk yang praktis dan efisien, sehingga diharapkan diperoleh manfaat bagi kesehatan.

Melihat manfaat jahe merah yang luar biasa untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dosen Univesitas Pamulang tergerak melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul Workshop Pembuatan Extrak Jahe Merah Untuk Meningkatkan Umkm Karang Taruna Kecamatan Setu, Kota Tangerang  Selatan, Provinsi Banten. Pengabdian ini dilaksanakan di Kecamatan Setu, Kota Tangerang  Selatan, Provinsi Banten pada tanggal 21 November 2020. Dosen yang terlibat dalam PKM ini adalah Niera Feblidiyanti, S.T., M.M. sebagai ketua pengusul, Rizki Aina As Syahadat, S. T., M.T., dan M.T., Acmad Chaerul Muslim, S.T., M.T Sebagai Anggota Serta 5 Orang Mahasiswa Yaitu Ageng Darmawan, Ahmad Rizki, Aldi Ferdiansyah Huda Irawan, Dan Kukuh Kristian Nugroho. Terlibat juga disini ketua beserta anggota karang taruna.

Baca Juga  Habiskan Dana 28,1 Milyar, Proyek Menara Pandang Puspem Tangsel Mangkrak

Rizki Aina As Syahadat, S.T., M.T., sebagai narasumber memberikan sosialisasi, tahap pengajaran, pengamplikasian, serta evaluasi cara mengekstrak jahe merah menjadi produk jadi yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi kepada karang taruna. Cara membuat minuman ekstrak jahe merah:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti jahe merah dan air
  2. Bersihkan jahe merah dengan cara dicuci dengan air yang mengalir
  3. Haluskan jahe merah dengan alat motor listrik agar cepat
  4. Masukan air pada gilingan jahe merah. Perbandingan air dan jahe merah sebesar 1:4 (satu liter air untuk empat kilogram jahe merah).
  5. Saring jahe merah yang sudah halus dengan menggunakan saringan. Buat ampasnya dan manfaatkan hasil saringannya.
  6. Diamkan hasil saringan jahe merah Selama 5 hingga 6 jam atau batas waktu sampai pati jahe merah mengendap.
  7. Pisahkan air saringan jahe merah dengan patinya
  8. Masak air saringan jahe merah dan masukan gula dengan perbandingan 1 kg gula untuk 1 liter air saringan jahe merah. Jika Anda penyuka manis, Anda boleh tambahkan lagi gula sesuai dengan yang Anda inginkan.
  9. Ketika air saringan jahe merah sudah mendidih, silahkan Anda aduk terus. Pastikan api kompor kecil agar tidak cepat kering
  10. Lakukan terus pengadukan hingga air saringan jahe merah mengental. Jika air saringan jahe merah dibiarkan saja tanpa diaduk, jahe akan mengental dan hangus (berwarna cokelat gelap).
  11. Ketika campuran mulai terlihat berbentuk bulat-bulat, silahkan Anda mengaduk hingga bulatan-bulatan tersebut pecah dan menjadi serbuk.
  12. Anda dikatakan berhasil jika campuran jahe merah berwarna cokelat muda dan beraroma jahe.
  13. Ekstrak jahe merah pun telah jadi dan siap digunakan

Dengan adanya kegiatan PKM ini Workshop Pembuatan Extrak Jahe Merah Untuk Meningkatkan UMKM Karang Taruna Kecamatan Setu, Kota Tangerang  Selatan, Provinsi Banten, diharapkan semua warga Kecamatan Setu dapat memproduksi minuman ekstrak jahe merah agar dapat meningkatkan UMKM Karang Taruna setempat.

Selesainya acara Workshop Pembuatan Extrak Jahe Merah ini ketua pengusul Niera Feblidiyanti, S.T., M.M. yang diwakilkan Rizki Aina dan Achmad chaerul mengucapkan terimakasih kepada segenap ketua beserta anggota Karang Taruna di Kecamatan Setu, semoga ilmu yang kami berikan dapat bermanfaat bagi warga sekitar.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply