Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Strategi Pengelolaan Keuangan Masyarakat Dalam Bisnis Usaha Produk Kebersihan Sabun Cuci Tangan

TangselMedia – Pada tanggal 12 sampai dengan 14 November 2023 Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang, telah melaksanakan kegiatan pegabdian kepada masyarakat  (PKM) yang bertempat di Desa Cikopomayak Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM ini yaitu Michael Nandya pratama, Rian Reviansyah, Abdul Halim, dan Wahyu Sukma Wijaya.

Tujuan dilakukannya penyuluhan tentang pengelolaan bisnis ini untuk memberikan pengarahan terhadap masyarakan di Desa Cikopomayak agar dapat mengelola keuangan dalam menjalankan bisanis terutama bisnis sabun cuci tangan. Penyuluhan ini dimulai dari penjelaskan mengenai latar belakang tingginya tingkat permintaan akan sabun cuci tangan.

Semakin tinggi permintaan, semakin besar peluang usaha yang dimiliki. Ini adalah hal yang umum pada ilmu bisnis. Oleh karena itu, kami berusaha memberikan pengarahan bagaimana mengatur bisnis ini, tujuannya agar setiap orang di Desa Cikopomayak bisa melihat peluang sekecil mungkin dalam membuka usaha dan dapat mengelolanya dengan baik.

Pembinaan strategis dalam pengelolaan keuangan masyarakat dalam bisnis usaha produk seperti sabun cuci tangan mencakup beberapa point yaitu:

  1. Memberikan pemahaman tentang tingginya kebutuhan akan sabun cuci tangan.
  2. Memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah dalam pembuatan sebuah usaha. Langkah tersebut meliputi Tahap Perencanaan, Target Pasar, dan Evaluasi.
  3. Tahap Perencanaan yaitu: melakukan analisa pasar, menghitung sarana dan biaya produksi, dan memperkirakan pendapatan. Point pertama dalam pengelolaan keuangan dalam bisnis sabun cuci tangan adalah besarnya modal yang dikeluarkan untuk biaya produksi dan perhitungan pendapatannya.
  4. Menjelaskan tentang bagaimana cara menentukan target pasar dan cara pemasarannya. Point kedua dalam pengelolaan bisnis sabun cuci tangan adalah biaya pemasaran dan distribusinya.
  5. Tahap Evaluasi dengan cara mengevalusi laporan hasil penjualan dan kualitas produk yang dijual. Point terakhir untuk mengelola keuangan adalah melakukan pemeriksaan terhadap laporan hasil penjualan.
Baca Juga  Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Pembuatan Sabun Pencuci Tangan di Desa Pasir Gadung

Keberhasilan kegiatan penyuluhan dipengaruhi oleh cara penyampaian pesan sehingga mudah dipahami oleh masyarakat, Kegiatan penyuluhan Pengelolaan Keuangan Masyarakat Dalam Bisnis Usaha Produk Sabun Cuci Tangan Desa Cikopomayak, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor dapat dikatakan berhasil yang berarti bahwa terjadi perubahan terhadap tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan mengenai Pengelolaan Keuangan Masyarakat Dalam Bisnis Usaha Produk Sabun Cuci Tangan.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung proses penelitian dan pengabdian ini, khususnya pihak Kepala Desa Cikopomayak yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan kegiatan dalam proses ini yang memberikan dorongan dan semangat.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *