Mahasiswa Unpam Sosialisasi ke Mayarakat Desa Cikopomayak tentang Penggunaan Energi Listrik dan Air Yang Optimal

TangselMedia – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pamulang sedang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai Sosialisasi Kepada Mayarakat di Desa Cikopomayak Kecamatan Jasingan Kabupate Bogor Tentang Penggunaan Energi Listrik Dan Air Yang Optimal Untuk Keperluan Rumah Tangga.  pada kurun waktu November 2023 pengabdian kepada masyarakat ini merupakan sarana bagi Mahasiswa untuk mengabdikan keilmuannya agar berguna bagi masyarakat pada umumnya. Yang dilaksanakan oleh tim Mahasiswa PKM Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang Muhammad Sahrul Hijaj, Iqbal, Uus Purnomo, Yogi Permana, Rian Ardhi Permana Putra,  kegiatan pengabdian ini bekerja sama dengan Masyarakat Desa Cikopomayak karena dianggap memegang peranan penting dalam kegiatan Rumah tangga untuk Penggunaan Energi Listrik dan Air yang optimal.

Di era modern ini, energi listrik dan air telah menjadi dua komponen penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam keperluan rumah tangga. Baik energi listrik maupun air adalah sumber daya yang tidak dapat diperbarui dalam jangka pendek dan memiliki dampak lingkungan signifikan saat diekstraksi, diproduksi, atau dikonsumsi secara berlebihan. Sehubungan dengan semakin meningkatnya perkembangan Masyarakat dalam menggunakan energi listrik dan air di Indonesia, terutama di desa Cikopomayak kecamatan jasinga – Kabupaten Bogor.

Tingginya tingkat penggunaan energi listrik, tentunya menyulitkan kehidupan masyarakat khususnya didaerah dengan tingkat ekonomi padat penduduk dan tingkat ekonomi menengah ke bawah dimasyarakat Desa Cikopomayak Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor . PT PLN (Persero) memperkirakan pertumbuhan konsumsi listrik pada tahun 2023 bisa mencapai 6%. Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly mengatakan perusahaan sejatinya menargetkan konsumsi listrik pada tahun ini dapat tumbuh 5%. Namun demikian, pihaknya optimistis bahwa pertumbuhan konsumsi listrik lebih dari itu selain energi listrik penggunaan air di desa cikopomayak sedang mengalami krisis air di Karenakan Kemarau yang berkepanjangan karena saat ini Fenomena kekeringan di Indonesia mulai menghebat di bulan Agustus – Otober 2023 ini.

Musim kemarau yang dikombinasikan dengan fenomena ElNino ditengarai menjadi penyebab utamanya. Salah satu nya Masyarakat di Desa Cikopomayak, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor terdampak terancam mengalami krisis ketersediaan air bersih yang berkepanjangan selain itu risiko kebakaran hutan dan lahan serta kelaparan berpotensi meningkat di daerah yang bersangkutan. Oleh karena itu kami sebagai mahasiswa universitas pamulang ingin memberikan kegiatan berupa sosialisasi mengenai penggunaan energi listri dan air yang optimal untuk keperluan rumah tangga dengan memberikan pemaparan materi melalui presentasi tata cara penghematan penggunaan energi listrik dan air untuk kepentingan di Rumah Tangga, Berdasarkan kegiatan sosialisasi ini diketahui bahwa pengetahuan peserta sosialisasi masih minim terhadap tata cara penghematan energi listrik dan air . Setelah dilakukan sosialisasi nanti kami harap masyarakat desa cikopomayak dapat menggunakan energi listrik dan air dengan Hemat sebaik mungkin dalam menggunakan nya karena mengingat meningkatnya penggunaan listrik dan krisis air di Desa cikopomayak kecamatan jasinga kabupaten bogor.

Baca Juga  Universitas Terbuka, Menembus Batas Ruang dan Waktu

Selanjutnya dilakukan pemaparan materi oleh anggota tim pengabdian masyarakat. Materi yang dipaparkan antara lain membantu dan membimbing peserta PKM dalam Pengunaan Energi listrik dan air di rumah tangga yang optimal . Adapun dalam pemaparan materi ini peserta di berikan arahan bagaimana cara dalam menggunakan energi listrik dan air dengan optimal, memberikan gambaran mengenai data konsumsi pemakain energi listrik dan air ,apa saja yang menjadi faktor penyebabnya, diberikan vidio ilustrasi  mengenai dampak penggunaan listrik dan air secara berlebihan atau pemborosan dalam penggunan nya, memberikan pengarahan kepada masyarakat mengenai cara atau tips dalam penggunaan energi listrik dan air yang optimal, menjelaskan ke untungan dari penghematan pengunaan energi listrik dan air.

Target dari proses sosialisasi mengenai penggunaan energi listrik dan air di rumah tangga yang optimal adalah dapat memberikan wawasan dan pemahaman masyarakat dalam penggunaan energi listrik dan air , hal lain adalah ingin membantu meningkatkan penghematan dalam menggunakaan energi listrik dan air sebaik mungkin. Sosialisasi ini  terlihat sangat antusias dengan banyaknya peserta yang bertanya terkait dengan pengunaan energi listrik dan air yang optimal . Setelah pemaparan materi selesai selanjutnya dilakukan Tanya jawab yang melibatkan masyarakat khusus nya ibu-ibu Desa cikopomayak kecamatan jasinga kabupaten bogor. Kegiatan ini dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB ini  ditutup dengan foto Bersama.

Penyerahan Plakat, cindramata dan penandatangan Kerjasama antara desa cikopomayak kecamatan jasingan kabupaten bogor dan prodi Teknik industri Universitas Pamulang. Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa terbantu dan mampu menggunakan energi listrik dan air yang optimal bagi masyarakat Desa Cikopomayak Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *