Sosialisasi Mahasiswa UNPAM Servis Berkala pada Sepeda Motor “Spesialis Karburator”

TangselMediaPada kesempatan kali ini kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang kelompok kami mengadakan kegiatan sosialisasi yang bertempatkan di Bintaro- Pesanggarahan jakarta selatan yang bertemakan SERVIS BERKALA PADA SEPEDA MOTOR “SPESIALIS KARBURATOR” Minggu,31 Januari 2022.

Dengan diawali pembukaan oleh ketua kelompok kami Muhammad Amar Ramadanil dilanjut kan dengan penjelasan pada komponen komponennya Karburator “memang sangat penting dalam kendaraan bermotor, karena karburator dapat mengatur akselerasi kecepatan kendaraan pada berbagai tingkat beban dan kecepatan, kemudian dapat memudahkan mesin untuk hidup, dan juga memberikan tenaga yang besar pada mesin kendaraan dan juga bekerja dengan ekonomis.

Fungsi kerja pada karburator adalah ketika waktu zuiger bergerak dari TMA ke TMB didalam langkah hisap, maka pada ruangan silinder terjadi pembesaran ruangan sehingga menimbulkan kehampaan pada ruang bakar atau ruang silinder

Cara kerja pada karburator adalah ketika mesin dalam keadaan hidup (langsam), bensin dari float camber ( tampungan bensin) masuk ke dalam lubang kecil pada jet stationer (spoeyer langsam), masuknya bensin kedalam spoeyer ini diakibatkan karena perbedaan tekanan udara antara tekanan udara pada float chamber dengan tekanan udara pada venturi,” ujar Ivan Jodi Martinez.

Saat di pengujung acara kami mengajukan pertanyaan kepada warga silahkan ada yang ingin bertanya tentang materi kaburator,”ujar Budi Ebo Wicaksono

Baca Juga  Komunitas GIP Selenggarakan Bakti Sosial di Rumah Quran

Lalu ada warga yang mengajukan pertanyaan bagaimana jika oli masuk kedalam kaburator?.”ujar warga

Jika oli masuk kedalam karburator maka tarikan mesin akan berkurang peformanya(tersendat- sedat),”ujar Ivan Jodi Martinez dan akhirnya Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) di tutup oleh Budi Ebo Wicaksono.

kegiatan ini adalah sebuah bentuk kepedulian mahasiswa dalam menjalankan Tri Darma Universitas yang dilaksanakan secara berkesinambungan.Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang masih memiliki motor yang menggunakan sistem karburator,agar masyarakat tau betapa pentingnya perawatan karburator.Karena kita tahu bahwa sistem karburator merupakan komponen yang sudah lama dan mudah rusak .oleh sebab itu,sistem karburator harus di rawat dengan extra agar komponen itu bisa bekerja secara optimal.

Terimakasih kepada warga Bintaro-Pesanggarahan jakarta selatan yang telah bersedia hadir dalam kegitan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) kelompok kami.

Dan tidak lupa kami berterima kasih kepada dosen pembimbing PKM Kelompok (Pengabdian Kepada Masyarakat) kami yaitu Ibu Fifit Astuti, S.Pd.Si.,M.Sc yang telah mensuport jalannya kegitan ini hingga akhir.

Dalam kelompok kami beranggota 5 orang terdiri Budi Ebo Wicaksono,Medy Ferdiansyah, Ivan Jodi Martinez, Melkisedek yang di ketuai oleh Muhammad Amar Ramadanil.(***)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply