Sistem Konversi Energi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Photovoltaic) Skala Otomotif

TangselMedia-Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Mesin melakukan serangkaian kegiatan yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan sosialisasi Sistem Konversi Energi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Photovoltaic) Skala Otomotif di SMKN 3 Kota Tangerang Selatan pada hari Kamis, 27 januari 2022.

Didahului dengan penjelasan teori tentang komponen pembangkit Listrik Tenaga Surya, dilanjut kan dengan penjelasan pada komponen komponen nya langsung, dan praktek merangkai kabel atau wiring pada komponen nya langsung, dan ditutup dengan beberapa kuis dengan materi yang sudah dijelaskan, mulai dari jenis-jenis, fungsi, dan penghitungan perancangan.

“kegiatan ini adalah sebuah bentuk kepedulian mahasiswa dalam menjalankan Tri Darma Universitas yang dilaksanakan secara berkesinambungan, serta bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang energi terbarukan. Saya berharap siswa yang mengikuti rangkaian kegiatan tersebut dapat memahami dan mengembangkan atau menerapkan alat tersebut, karena mengingat pentingnya sumber energi yang dibutuhkan dan kemajuan teknologi yang ada, pada kesempatan itu saya dan anggota kelompok saya, menjelaskan manfaat atau output dari PLTS, mulai dari skala otomotif seperti charging station motor listrik, dan skala rumah tangga, semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan peserta PKM ini.

Baca Juga  Impian Siswa SMP Islam Al –Azhar BSD: Target Pentas Nasional

Dan saya juga mengucapkan terimakasih kepada guru-guru SMKN 3 Kota Tangerang Selatan, telah mengizinkan dan mendukung kegiatan ini” Ujar Muhamad Iqbal Amrullah Ketua Kelompok PKM Semester 5 kelas 05TMSM001 Prodi S1 Teknik Mesin, fakultas Teknik, Universitas Pamulang.
Diluar lokasi PKM, dosen pembimbing PKM Mahasiswa Teknik Mesin Bapak Joko Setiyono, S.T, M.T. menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas pelaksanaan PKM mahasiswanya.(***)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply