Metrologi Industri Dan Teknologi Pengukuran Di Era Digitalisasi

TangselMedia-Perkembangan teknologi khususnya di bidang permesinan memacu para praktisi maupun akademisi untuk dapat terus berinovasi dalam menghasilkan produk. Suatu produk harus didukung dengan penyajian data yang lengkap serta akurat dari hulu hingga hilir, tidak terkecuali menyangkut pengukuran geometri benda. Suatu data bisa diterima karena diperoleh dengan metode pengukuran yang benar serta alat ukur yang tertelusur sehingga menghasilkan data pengukuran yang paling mendekati geometri bendanya.

Untuk menjawab tantangan dunia industri yang semakin berkembang di era digitalisasi maka Prodi Teknik Mesin Unpam memandang perlu memberikan pembekalan terkait metrologi industri dan teknologi pengukuran kepada mahasiswa apalagi metrologi industri menjadi salah satu mata kuliah di Prodi Teknik Mesin. Sebagai wadahnya diselenggarakan seminar ataupun workshop dengan menghadirkan pakar dan praktisi dalam bidang metrologi. Dilatarbelakangi hal tersebut, maka Prodi Teknik Mesin Unpam pada hari Sabtu tanggal 28 Mei 2022 menyelenggarakan virtual workshop dengan tema “Metrologi Industri dan Teknologi Pengukuran di Era Digitalisasi”. Acara ini berlangsung dari jam 09:00 – 12:00 diikuti sebanyak 227 peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa Teknik Mesin Unpam.

Untuk mengupas tema terkait dengan metrologi, dihadirkan pakar dari Pusat Riset Material Maju – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yaitu Prof. Dr. Rike Yudianti selaku pemateri pertama. Beliau menyampaikan tentang aplikasi metrologi, perkembangan alat ukur, sistem pengukuran, jaminan mutu dan kualitas produk yang meliputi Quality Control (QC), Quality Ansurrance (QA) dan The International Organization for Standardization (ISO). Disinggung juga tentang lembaga-lembaga terkait metrologi di Indonesia seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Standarisasi Nasional (BSN), dan Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (DJPKTN). Di akhir pemaparannya dibahas tentang ketidakpastian pengukuran dan angka penting.

Baca Juga  Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang Gelar Pelatihan Perawatan CVT Dan Pengereman Sepeda Motor

Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Ir. Wenda Permana, direktur PT. Metrology Global Solusi, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang kalibrasi, training kalibrasi, konsultan laboratorium kalibrasi dan menyediakan instrumen ukur laboratorium dan industri. Dengan pengalaman beliau sebagai praktisi dalam bidang kalibrasi beliau memaparkan materi tentang pengukuran, standarisasi serta prospek kerja dan usaha dalam bidang kalibrasi serta kendala-kendalanya.

Secara umum acara virtual workshop yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Mesin berlangsung lancar. Acara dibuka oleh Fifit Astuti S.Pd. Si, M. Sc .selaku MC dilanjutkan dengan doa oleh Abdul Choliq, S.T., M.T. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan, yang pertama adalah laporan oleh Ketua Pelaksana workshop disampaikan oleh Silviana Simbolon, S.Si., M.Sc, dilanjutkan sambutan dari Kaprodi Teknik Mesin Nur Rohmat, S.T., M.T. dan sambutan berikutnya sekaligus membuka acara workshop adalah Dekan Fakultas Teknik Unpam Syaiful Bahri, S.T., M.Eng. Sc., Ph.D. Memasuki acara inti adalah pemaparan materi workshop oleh dua orang narasumber yang dipandu oleh moderator Ihat Solihat, S.Si. M.Sc. Tema yang diangkat cukup menarik dan mengundang antusiasme para mahasiswa hingga waktu pelaksanaan workshop hampir habis masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa.***

Kontributor: Abdul Choliq (Dosen Teknik Mesin Unpam)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply