Postur Kerja Bank Sampah di Permata Bunda, Pamulang Barat

TangselMedia-Universitas Pamulang Program Studi Teknik Industri Telah Melaksanakan Pengambdian Kepada Masyarakan (PKM), Pada Tanggal, 23 Maret 2021. Tim PKM terdiri dari 4 dosen dan 3 mahasiswa, dosen yang terlibat yaitu Dr. Ir. Dadang Kurnia, M.M, Syahreen Nurmutia,S.T,M.T, Andry Septianto,S.T,M.M dan Wahyu,S.T,M.M. Mahasiswa yang terlibat Ayu Puspita Sari, Puspita Sari dan Rafikah Laudya. Tim PKM Unpam memberikan arahan atau pembinaan Postur Kerja yang Baik untuk Karyawan Bank Sampah Permata Bunda terhadap warga Pamulang Barat. Pelaksanaan PKM ini dilakukan pada lantai produksi ragum bangku yang dimana masih terlihat postur kerja Karyawan Bank Sampah Permata Bunda masih kurang baik dalam kegiatan pekerjaan yang telah di lakukan disaat seperti membungkuk, fasilitas fisik yang kurang memadai, serta beban yang diangkat melebihi kapasitas tubuh operator atau pekerja.

Didunia industri dalam skala kecil maupun skala besar tenaga manusia sangat dominan, karena setiap aktifitas pekerjaan masih jauh dari pemakaian teknologi, khususnya pada pelaku industri kecil dan menengah, jika dibandingkan dengan biaya untuk membeli sebuah alat atau teknologi mesin-mesin, tenaga manusia masih terbilang cukup murah dan mudah dikelola, selain itu permasalahan di industri besar yang telah memiliki beragam teknologi pun juga tetap membutuhkan manusia dalam pekerjaannya (Nur, 2019), di lihat dari pekerja manusia memiliki banyak dampak positif jika dibandingkan dengan tenaga teknologi seperti mesin-mesin namun terdapat dampak negatif pula dalam pekerjaannya terutama dalam aktivitas pemindahan secara manual (manual material handling).

Baca Juga  Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Membuat Tempat Pensil Dari Botol Air Mineral Bekas

Aktivitas pemindahan secara manual (manual material handling) meliputi aktivitas seperti mendorong, menurunkan, mengangkat, menarik dan membawa. Aktivitas pemindahan secara manual yang tidak benar dalam aktivitas nya dapat menimbulkan bahaya menyebabkan keluhan cedera pada otot dalam keilmuannya sering disebut dengan Musculokskeletal Disorders (MsDs).

Setelah memeberikan arahan mengenai Postur kerja yang Baik terhadap Karyawan Bank Sampah Permata Bunda Dari hasil, 80% operator atau pekerja menyatakan bahwa mereka pernah mengalami keluhan fisik selama bekerja. Beberapa pekerja menyatakan bahwa pekerja mengalami keluhan fisik tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa fasilitas fisik dan postur kerja operator atau pekerja saat ini belum memperhatikan aspek ergonomi, sehingga menimbulkan berbagai keluhan fisik dan ketidak nyamanan pada waktu bekerja yang jika dibiarkan akan menimbulkan muskuloskeletal disorders. Tujuan dari PKM ini adalah menganalisis kondisi postur kerja ditinjau dari gaya maksimum yang ditanggung oleh operator atau pekerja dan mengusulkan perbaikan postur kerja yang ergonomis khususnya pada aktivitas cutting dengan mesin pengakut dan lain-lain.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply