Teknik Industri Unpam PKM Dengan Sosialisasi Kebersihan Sanitasi Lingkungan di Kampung Cibeber, Lebak Banten

TangselMedia-Kewajiban dosen – dosen perguruan tinggi adalah melakukan Tridharma perguruan tinggi dimana didalam melakukan berbagai kegiatan yakni selain melakukan kegiatan mengajar dikelas dosen juga diwajibkan untuk melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pada hari Minggu s.d Selasa, 3 s.d 5 April 2022, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diketuai oleh Tedi Dahniar, S.T., M.T, Agus Syahabudin, S.T., M.M, dan Gilang Ardi S.Kel, M.T sebagai anggota serta dibantu oleh rekan-rekan mahasiswa dari prodi teknik industri Universitas pamulang.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tema “Sosialisasi Kebersihan Sanitasi Lingkungan Di Kampung Cibeber, Desa Cijengkol Kecamatan Cilograng Lebak Banten” Di Desa Cijengkol Jl Raya Bayah Pelabuhan Ratu Km 25 Kec Cilograng Kab Lebak Banten. Dihadiri Lurah Desa Cijengkol Bapak Nendi Sumantri, S.Pd.I, beberapa tokoh masyarakat dan warga desa Pasir Cijengkol. Dengan kondisi pandemik seperti sekarang ini maka pelaksanaan harus selalu mematuhi protokol Kesehatan, akan tetapi masyarakat tetap antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan diawali pembukaan oleh MC dilanjutkan sambutan dari perwakilan Program Studi Teknik Industri Kelompok 5 Bapak Agus Syahabbudin, S.T., M.M dimana dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Bapak Lurah dan Warga desa Cijengkol yang antusias untuk menghadiri kegiatan tersebut. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Lurah Desa Pasir Ampo Bapak Nendi Sumantri, S.Pd.I yang dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan banyak memberikan ilmu-ilmu dan informasi yang bermanfaat untuk warga desa untuk mengembangkan potensi-potensi desa dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan diadakan di Desa Cijengkol terutama dari segi kebersihan Lingkungan.

Baca Juga  Rayakan Hari Guru Nasional LotteMart Bintaro Gelar Senam Sehat

Sosialisasi Kebersihan Sanitasi Lingkungan Di Kampung Cibeber, Desa Cijengkol Kecamatan Cilograng Lebak Banten dimaksudkan  untuk memberikan banyak informasi dan mungkin masukan terkait pengetahuan tentang keuntungan lingkungan yang bersih dan sehat, karena kurangnya informasi terkait dengan kebersihan lingkungan menyebabkan penduduk melakukan kegiatan kegiatan keseharian yang kurang sehat dan merugikan diri dan alam sekitarnya. Mengingat pentingnya pola hidup yang sehat, maka perlu dilakukan sosialisasi mengenai upaya peningkatan sanitasi dan kebersihan lingkungan agar tercipta tubuh yang sehat dan jiwa yang tenang. Ketidaktahuan penduduk desa cijengkol yang minim kebersihan akan membawa dampak yang sangat tidak baik untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Penyakit kulit dan menular lain seperti diare, thypus, dan demam berdarah akan sangat mudah terjangkit di lingkungan yang tidak bersih. Mengingat pentingnya sanitasi dan kebersihan.

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang ini diharapkan dapat turut berkontribusi membangun Desa Cijengkol, Kp. Cibeber, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, melalui warga yang hadir untuk berbagi pengetahuan, mendorong masyarakat  agar tercipta linkungan yang lebih bersih dan sehat bagi penduduk Desa Cijengkol Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak Banten.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply