Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang Lakukan Sosialisasi Inovasi Kemasan Produk Handsoap di Desa Pasir Ampo

TangselMedia-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang selama 3 hari, yaitu pada tanggal 10 – 13 November yang berlokasi di Desa Pasir Ampo, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang. Di dalam kegiatan PKM ini kami memberikan suatu pengarahan atau ide kepada masyarakat agar bisa di terapkan dan memberikan nilai positif di Desa Pasir Ampo tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh 5 orang mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang yaitu Achmad Fauzan, Muhammad Arya Permana, Muhammad Darmawan, Nanang Riskiantoro Setyadi, dan Triono Priyo Saputro dan dibimbing oleh Bapak Rusmalah, ST., MT, Bapak Wanto Sarwoko, ST., MT.

Tema PKM yang dilaksanakan yaitu “Sosialisasi Inovasi Kemasan Produk Hand Soap Untuk Meningkatkan Motu Produk Di Desa Pasir Ampo”, diharapkan warga di Desa Pasir Ampo mampu membuat produk yang tidak hanya berguna bagi banyak orang tapi juga memiliki kualitas produk yang baik dengan di kemas menggunakan kemasan semenarik mungkin agar dapat meningkatkan nilai daya jual dari produk tersebut. Dengan tema ini kami memberikan suatu solusi tentang kemasan produk yang baik dan benar agar bisa di minati oleh masyarakat banyak, selain itu juga diberikan suatu contoh kemasan produk hand soap  yang dimana produk ini merupakan produk yang banyak di cari saat-saat ini.

Dengan didukung jajaran perangkat desa yang dipimpin langsung oleh Bapak Suardi selaku Kepala Desa Pasri Ampo dan Karang Taruna Desa Pasir Ampo . Dalam kesempatan ini juga Kepala Desa Pasir Ampo juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas terpilihnya Desa Pasir Ampo sebagai lokasi di lakukannya Pengabdian Kepada Masyarakat , dimana dengan ada nya acara ini beliau berharap kedepannya masyarakat Desa Pasir Ampo dapat memiliki brand sendiri.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini sangat membantu masyarakat Desa Pasir Ampo dalam membuat kemasan produk yang menarik dan memiliki value,” ujar Suardi.

Beliau juga berharap dengan adanya Sosialisasi Inovasi Kemasan Produk Hand Soap Untuk Meningkatkan Mutu Produk Di Desa Pasir Ampo.

Sementara Ibu Rini Alfatiyah S.T .,M.T. CMA selaku kaprodi Teknik industry Universitas Pamulang dalam sambutannya juga menyampaikan rasa terimakasih atas sudah di sambut dengan baik oleh Warga di Desa Pasir Ampo. Semoga dengan adanya pelatihan pembuatan kemasan produk hand soap ini, masyarakat dapat lebih kreatif dan dapat mengembangkan kemasan produk hand soap lain yang menarik.

Pembukaan acara di pimpin oleh para pembimbing kami yaitu Pak Rusmalah S.T., M.T dan Pak Wanto Sarwoko S.T., MT. dengan sambutan kepada para peserta dan juga kepada kepala Desa Pasir Ampo. Sebelum dilakukannya simulasi atau praktek pembuatan kemasan hand soap, terlebih dahulu dilakukan pemaparan materi oleh anggota tim pengabdi yaitu itu Achmad Fauzan, Muhammad Arya Permana, Muhammad Darmawan, Nanang Riskiantoro Setyadi, dan Triono Priyo Saputro  materi yang di paparkan adalah tentang bagimana memiliih kemasan yang tepat untuk produk yang kita buat, entah itu menggunakan kemasan botol, derigen, atau tabung. Kemasan botol pn memiliki beberapa jenis, ada yang transparan, putih, dan hitam. Kami memaparkan bagaimana sekira nya dalam penggunaan kemasan yang baik untuk produk agar selain mudah di simpan juga mudah untuk di bawa dalam proses distribusi nya ke pada para konsumen.

Baca Juga  Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Serukan Partisipasi Ummat Islam pada Aksi Damai 212

Kami juga memberi pemaparan materi tentang bagimana cara membuat kemasan produk handsoap semenarik mungkin sehingga dapat menarik para konsumen hand soap. Mulai dari pemilihan warna dasar, penulisan label, pemilihan aspek-aspek yang terdapat di produk yang bisa di gunakan debagai nilai jual, kelebihan produk kita dibandikan produk lainnya, kandungan-kandungan yang tercampur di dalam pembuatan produk hand soap, juga tentang pemberian harga jual agar produk yang kita jual itu mendapatkan keuntungan yang besar namun tidak dengan menjual di harga yang mahal. Setelah pemaparan materi telah selesai di lakukan selanjutnya di lakukan simulasi cara membuat kemasan produk yang melibatkan karang taruna Desa Pasir Ampo.

Setelah pemaparan materi selesai dilakukan oleh para Mahasiswa Universitas Pamulang, penutupan materi di lakukan dengan pemberian piagam sebagai tanda bahwa kami sudah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Pasir Ampo, dan juga dengan foto bersama para peserta dengan para Mahasiswa Universitas Pamulang dan juga para Dosen Pembimbing kami.

Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Akhir dari kegiatan juga dilakukan dengan adanya pemberian doorprize kepada para peserta dan ditutup dengan Sesi foto Bersama di depan banner Karang Taruna Desa Pasir Ampo.

Kami berharap Semoga dengan dilakukannya Kegaiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini masyarakat dan Karang Taruna di Desa Pasir Ampo mampu dan bisa membuat kemasan produk yang bisa membantu pemasukan Karang Taruna dengan Usaha UMKM dari para Swadaya Masyarakat. Juga kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membuat tali silaturahmi antara Universitas Pamulang dengan Masyarakat Desa Pasir Ampo tetap terjalin hangat layaknya saudara.***

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply