Pembangunan Sejuta Jamban Bagi Warga Tangsel

Jamban Bagi Warga TangselTangselMedia.com – Pembangunan Sejuta Jamban Sehat Kodam Jaya sedang dilaksanakan antara Pemerintah Kota Tangerang Selatan (tangsel) bekerjasama dengan Kodim 0506 Tangerang di Kota Tangerang Selatan.

Peresmian kegiatan itu ditandai dengan penandatanganan MoU yang berlangsung di Koramil 19 Pondok Aren, Kota Tangsel.

Sejak tahun 2015 lalu, sebagai tim pelaksana pembangunan dari Koramil 19 Pondok Aren telah rampung melaksanakan di 87 titik dimana disurvey dan dipetakan terlebih dahulu. Ke seluruh titik tersebut berada di Kelurahan Jurang Mangu Barat, Pondok Kacang Barat, Pondok Pucung, Perigi Lama, Perigi Baru, Jelupang, Setu serta Muncul.

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menjelaskan bahwa hingga akhir tahun lalu sudah didistribusikan semua material bangunan yang dibutuhkan untuk pengadaan MCK ke 87 titik pertama penerima bantuan.

Menurut Airin, Program ini sangat baik dan di tahun 2016 juga tetap dilanjutkan dengan penambahan titik tertentu di wilayah Kota Tangsel.

Program pembangunan sejuta jamban yang sedang berlangsung masih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun tetap diharapkan ada usulan dari warga melalui pihak RT/RW masing-masing yang dikoordinasikan dengan Koramil. Dengan melakukan pengecekan sebelumnya, untuk menentukan apakah pihak keluarga ini layak diberikan bantuan atau tidak, papar Airin.

Anggaran sepenuhnya milik dari Pemerintah Kota Tangsel, akan tetapi bentuk tenaga dan lainnya semua berasal dari keluarga besar Kodim 0506 Tangerang, khususnya Koramil 19 Pondok Aren.

Menurut Airin, setelah program selesai maka akan dibuat penataan kawasan. Langkah positif ini harus terus dilaksanakan karena turut membantu mendekatkan diri ke TNI dan masyarakat. Selain itu, program sejalan dengan program milik pemerintah Kota Tangsel. Sehingga menjadi prioritas terhadap permasalahan sanitasi dan lingkungan.

Di pihak Dandim 0506 Tangerang, Letkol Inf. Achiruddin menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung berkat kerjasama antara pihak Achruddin dengan Pemda Tangsel. Total jamban yang sudah dikerjakan sebanyak 87 unit di Kota Tangsel dan sudah diberikan kepada masyarakat yang belum memiliki jamban.

Pihak Dandim 0506 tangerang berharap langkah kedepannya agar kerjasama lebih ditingkatkan lagi sehingga bantuan bagi masyarakat turut membantu tingkat kesejahteraan dan kesehatan masyarakat menjadi lebih baik lagi.

Achirudin menambahkan bahwa kegiatan membangun jamban banyak manfaatnya. Hal ini telah disurvey sebelumnya di lapangan, mereka menemukan masih banyak masyarakat Tangsel yang belum memiliki jamban. Kondisi itu dapat menimbulkan masalah kesehatan, atas dasar pertimbangan tersebut pihak Achirudin menjalankan program dengan cepat.

Saat ini sudah dibangun tempat khusus septic tank. Fungsinya adalah untuk mengolah air limbah yang masuk ke dalam septic tank kemudian apabila disedot, lalu diambil airnya sudah netral dan bukan berupa limbah lagi serta tidak mencemari lingkungan, ungkap Achirudin.

Achirudin menjelaskan bahwa pihaknya menargetkan selesai pengerjaan 5.000 jamban yang meliputi kawasan Tangerang Raya, yaitu Wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel pada tahun 2016. Harapan Achridin yakni dimohon kepada Ibu Walikota meningkatkan kerjasama ini ke tahap selanjutnya dan berkembang, jadi tidak hanya pada pembangunan jamban saja, melainkan bisa bekerjasama dalam kepentingan lain supaya kesejahteraan masyarakat semakin lebih baik lagi.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply