Pendidikan Merupakan Harapan Masyarakat Indonesia Di Tahun 2016

Opini 0

11821790_1476907175970641_1191527257_nPendidikan merupakan salah satu faktor utama bagi pengembangan sumber daya manusia karena pendidikan dapat meningkatkan sumber daya manusia sehingga terwujudnya masyarakat yang produktif serta dapat memajukan bangsa. Pendidikan dengan kualitas yang baik serta mudah dijangkau oleh semua kalangan menjadi harapan besar masyrakat Indonesia yang beberapa hari lagi menuju tahun 2016 .

Dalam merancang sebuah harapan  tersebut agar dapat berjalan dengan semestinya, tentu hal itu harus benar-benar diperhatikan juga menjadi tanggung jawab semua pihak, khususnya pemerintah Republik Indonesia. Tentu bangsa Indonesia tidak ingin  masa depan masyarakatnya menjadi suram atau buram yang hanya akan menambah tingkat kemiskinan dan kemerosotan nama baik bangsa itu sendiri.

Dalam hal ini sudah sepatutnya pendidikan menjadi prioritas utama di tahun 2016 nanti, sebagai buah investasi yang menjamin kemanjuan kualitas masyarakat bangsa juga Republik Indonesia, agar menjadi suatu bangsa yang lebih baik dan generasi siap bersaing kedapannya. Selain itu, sistem pendidikan yang baik mampu merubah pola pikir dan pandangan masyarakat untuk berfikir, bertindak, bersikap dengan pola-pola yang baik juga terarah serta terukur dalam mewujudkan kehidupannya yang lebih baik. Terwujudnya sistem pendidikan yang baik berlaku bagi semua kalangan, baik dari kalang masyarakat ekonomi menengah keatas, masyarakat yang berkecukupan dan masyarakat kurang mampu  .

Harapannya di tahun 2016 nanti – masyarakat pribumi Indonesia bukan hanya dapat hidup di negerinya sendiri, tapi juga jaminan untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang baik. Dalam hal ini pemerintah memiliki tanggung jawab yang sangat besar demi mewujudkan generasi yang berkualitas kedepannya. Apabila generasi Indonesia tidak dibekali ilmu dan memiliki pendidikan yang tidak memadai. Maka, sudah pasti kehancuran terpampang didepan mata yang siap menanti dan melumat habis sebuah bangsa. Selain itu, bangsa Indonesia jangan harap sejarah perjalanan suatu bangsanya akan menjadi jaya dan maju. Bahkan mungkin akan semakin tergilas oleh zaman serta menjadi bangsa yang bodoh.

Mengingat peran pendidikan merupakan salah satu faktor utama  masa depan , maka sudah seharusnya pemerintah segera bertindak demi terwujudnya masyarakat yang berkualitas demi sebuah bangsa yang lebih baik. Ditambah lagi tantangan  zaman yang kian lama semakin berat , mengharuskan masyarakat Indonesia berjibaku dengan berbagai pengaruh global. Perhatian besar terhadap pendidikan adalah salah satu hal terpenting. Sehingga dapat menjadi arah penentu bagi sebuah bangsa demi kehidupan yang lebih baik kedepannya. Dalam hal ini, jenjang perguruan tinggi menempati hierarki tertinggi dalam dunia pendidikan. Namun mahalnya untuk masuk perguruan tinggi menjadi suatu beban tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang seharusnya juga diperhatikan oleh pemerintahan dan juga pihak kampus. Karena perguruan tinggi menjadi benteng terakhir dalam merencanakan suatu tatanan bangsa ke depan.

Rizki Irwansyah (Kiki),
Mahasiswa Uin Syarif Hidayatulah Jakarta, Prodi Aqidah Filsafat. Pegiat Diskusi dan Pergerakan Koalisi Mahasiswa Uin (KMU) Jakarta.
Kader HMI Komisariat Ushuludin & Filsafat, Cabang Ciputat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply