Penerapan Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Opini 0

Penerapan Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Kirey Karmila Abdul Rahman

Oleh: Kirey Karmila Abdul Rahman*

Definisi Artificial Intelligence

Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan merupakan suatu simulasi kecerdasan manusia yang di implementasikan di dalam mesin dan di program supaya bisa berpikir seperti manusia. Dengan kata lain, AI dapat melakukan pekerjaan yang biasanya menggunakan tenaga manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dalam AI juga memerlukan sejumlah data yang bisa dijadikan untuk sumber pengetahuan dan juga pengalaman untuk memperbaiki kinerjanya. Tujuan dari AI yaitu untuk membuat suatu teknologi yang bermanfaat, membentuk mesin yang lebih bermanfaat, dan memahami suatu kecerdasan. AI sendiri memiliki konotasi fiksi ilmiah yang sangat kuat, walaupun begitu AI dapat membentuk cabang di ilmu komputer yang berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi dalam mesin. AI terdapat 4 jenis yaitu:

  • Mesin reaktif
  • Memori terbatas
  • Teori pikiran
  • Kesadaran diri

Dalam AI terdapat bidang studi yang mencakup metode, teori, metode. Berikut diantaranya:

  • Jaringan neural adalah pembelajaran mesin yang terdiri dari unit yang berhubungan.
  • Komputasi kognitif, dimana merupakan upaya untuk melakukan interaksi antara manusia dan mesin secara alami.
  • Pemrosesan Bahasa alamiah dimana komputer dapat memahami, menganalisis dan menghasilkan Bahasa manusia.

Singkatnya, tujuan dari AI sendiri untuk memperlihatkan atau memberikan kemampuan dalam mengolah input serta menjelaskan output pada perangkat lunak.

Penerapan AI dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan AI sendiri  biasanya terdapat pada mesin dan sistem komputer dimana sistem dapat mengenali atau mengolah data. Penggunaan AI dalam kehidupan sehari-hari bermacam-macam dan sering digunakan.  Penggunaan itu sendiri sangat menguntungkan bagi manusia apalagi di era serba teknologi ini. Berikut beberapa contoh penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari:

1. Virtual Reality (VR)

Merupakan teknologi yang dapat membuat manusia berinteraksi secara nyata hanya dengan animasi atau objek simulasi dari komputer. Teknologi ini dimanfaatkan untuk alat bantu observasi dalam berbagai bidang. Teknologi VR ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

2. Streaming Musik / Video

Streaming merupakan teknologi yang digunakan untuk menampilkan atau memainkan sebuah file video maupun audio secara langsung melalui internet. File video atau audio tersebut diletakkan dalam sebuah server komputer yang dapat diakses melalui komputer melalui internet. Biasanya digunakan saat sedang berpergian dan ingin melihat suatu acara atau berita dapat melakukan streaming ini. Streaming sendiri memerlukan kecepatan internet yang stabil agar tidak terjadi buffering saat melakukannya.

3. Search Engine

Merupakan sebuah program yang dibuat untuk mencari informasi dengan sebuah kata kunci yang spesifik. Dengan adanya Search Engine ini pengguna dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan dimanapun dan dalam waktu yang singkat. Saat ini Google merupakan Search Engine yang paling banyak digunakan. Manfaat dari Search Engine ini pengguna mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya dan bertanggung jawab, serta mendapatkan data yang akurat dan relevan tanpa waktu yang lama.

Baca Juga  LGBT dan Pancasila

4. Global Positioning System (GPS)

Teknologi ini menggunakan big data dalam proses pembuatannya. GPS ini digunakan untuk melihat seluruh tempat di dunia secara detail. GPS juga dapat mendeteksi jalanan atau wilayah yang terkena macet sehingga pengguna dapat menghindari jalanan tersebut. Pengambilan rekaman GPS ini menggunakan kendaraan mobil yang mengelilingi dunia dengan kamera 360०.

5. Internet Marketing

Internet marketing merupakan suatu wadah bagi pengguna yang memiliki usaha online shop. Dalam Internet Marketing, pengusaha online shop akan dimudahkan dalam menjual barang yang ia jual. Dengan Internet Marketing iklan penjualan akan otomatis tersebar ke pengguna internet.

6. Media Sosial

Media Sosial merupakan teknologi berbasis website atau aplikasi yang digunakan sebagai sarana interaksi sosial. Karakteristik media sosial ini meliputi partisipasi pengguna, adanya perbindacangan dan keterbukaan antar pengguna, dan keterhubungan antar pengguna. Media sosial berfungsi untuk memperluas interaksi sosial manusia menggunakan teknologi internet dan sebagai media komunikasi antar pengguna internet. Media sosial juga dapat membantu membangun personal branding untuk para pengusaha ataupun tokoh masyarakat. Program ini menggunakan kecerdasan buatan. Teknologi ini sangat banyak diminati karena penggunaannya yang mudah dipahami dan mudah dimengerti.

7. Translator

Merupakan program penerjemah Bahasa yang menggunakan kecerdasan buatan. Translator mampu menerjemahkan sebuah kalimat hingga paragraph. Selain itu, translator juga berguna untuk menambah informasi kosakata, kelas kata, dan sinonim. Contoh translator yang sering digunakan saat ini adalah Google Translate. Dalam Google Translate terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan yaitu listen atau mendengarkan untuk mendengarkan pengucapan dari kata atau kalimat yang diterjemahkan untuk melatih pengucapan Bahasa asing yang kita terjemahkan. Lalu ada  voice record untuk memudahkan pengguna menerjemahkan Bahasa dengan suara yang pengguna rekam. Translator sangat membantu pengguna yang ingin belajar Bahasa asing dan pengucapan Bahasa asing.

Baca Juga: Peranan Artificial Inteligence (AI) Dalam Dunia Pendidikan

Banyak sekali penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari. Diatas merupakan beberapa contoh penerapan kecerdasan buatan di kehidupan sehari-hari. Dalam penerapan ini akan sangat membantu dan meringankan pekerjaan kita asal kita memahami, mengetahui, dan mempelajarinya.***

*Penulis adalah Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang

Tags:

Related Posts

Leave a Reply