Tingkatkan Literasi Mahasiswa, Divisi Website LKK-UNPAM Gelar Pojok Literasi Kampus

TangselMedia- Divisi Website Lembagai Kajian Keagamaan Universitas Pamulang (Devisi Website LKK-unpam) menggelar kegiatan Pojok Literasi Kampus (PLS) di Masjid Darul Ulum  Kampus 2 Viktor Universitas Pamulang pada Kamis (12/10/2023). Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan literasi mahasiswa.

Dr. Septian Arif Budiman, selaku ketua Tri Dharma LKK-Unpam mengatakan bahwa kemampuan ini sangat penting bagi mahasiswa. “Kemampuan membaca dan menulis adalah literasi dasar. Mahasiswa harus meningkatkan kemampuan ini, agar kelak bisa menulis berbagai jenis penulisan,”ujarnya.

Narasumber pertama, Kusumawati, mengatakan bahwa spirit iqro yang ada di dalam surat al-Alaq adalah spirit membangun peradaban. “Allah mau kita cerdas dan pintar berliterasi. Banyak para tokoh muslim yang menguasai berbagai disiplin ilmu karena semangat iqro dari surat al-Alaq,” ujar Kusumawati seorang dosen agama Islam dan penulis buku Perpustakaan Simbol Peradaban.

Narasumber kedua, Deni Darmawan menyampaiikan tentang cara menumbuhkan growth mindset. “Seseorang yang memiliki growth mindset akan memiliki pola pikir terbuka. Untuk menumbuhkannya, ia berusaha untuk mempelajari hal yang baru, tanpa kenal menyerah, selalu menerima tantangan, keluar dari zona nyaman, menerima perubahan dan berorientasi pada proses bukan hasil,” ujar Deni koordinator website LKK-Unpam.

Deni melanjutkan, lawan dari growth mindset adalah fixed mindset. “Jika ada seseorang yang tidak mau belajar hal baru dan tidak mau menerima perubahan, mudah menyerah dengan keadaan, tidak mau berusaha, selalu dalam zona nyaman, maka pola pikiran tidak berkembang dan tertutup. Pola pikir ini disebut fixed mindset,” ujar penulis buku Kreativitas Menulis Kaum Rebahan ini.

Baca Juga  LKK-UNPAM , ADPISI dan MTT Gelar Coaching Clinic Writing Islamic Journal

Untuk menumbuhkan growth mindset dalam dunia literasi, maka dibutuhkan dorongan internal atau eksternal. “secara internal, growth mindset dalam dunia literasi bisa ditumbuhkan di dalam keluarga. Misalnya, anak sering dibacakan dongeng, dibelikan buku bergambar dan berilustrasi yang disukai anak, mengajak ke toko buku, taman buku, perpustakaan, sehingga muncul minat dan keinginan anak untuk membaca dan menulis,” lanjut Deni.

Sedangkan secara eksternal, growth mindset bisa ditumbuhkan dari luar seperti dorongan untuk mengikuti berbagai seminar, pelatihan, dan kegiatan literasi lainnya. Mengikuti berbagai komunitas literasi. Mengikuti kegiatan gerakan literasi di sekolah seperti baca buku di perpustakaan, ikut eskul club writing, jurnalis sekolah, dan mengundang narasumber pegiat literasi dari berbagai komunitas,” ungkap Deni yang juga dosen agama Islam di Universitas Pamulang.

Diakhir acara, Deni Darmawan dan Kusumawati memberikan hadiah berupa buku kepada peserta penanya terbaik. Seluruh peserta dari mahasiswa berbagai prodi begitu antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Semoga kegiatan ini terus digalakkan agar kemampuan literasi siswa terus meningkat.

Kontributor : Deni Darmawan (Koordinator Website LKK-Unpam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *