Dibangun Megah, Unpam Resmikan Masjid Darul Ulum Sekaligus Pemotongan Hewan Qurban

TangselMedia-Universitas Pamulang bekerjasama dengan Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang (LKK-UNPAM) menggelar acara peresmian masjid Darul Ulum di Kampus Viktor sekaligus pemotongan hewan qurban pada moment Idul Adha, 11 Dzhuhijjah 1441 H pada hari Sabtu (1/8/2020). Acara ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Tangsel Drs. Benjamin Davnie, Ketua MUI Tangsel K.H. Saidi serta Camat Serpong Dwi Suryani serta Ketua Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Indonesia (ADPISI) Jabodetabek Dr. Taufik Hidayatullah, MA.

Acara ini juga dihadiri oleh keluarga besar Yayasan Sasmita Jaya Group, segenap Civitas Universitas Pamulang mulai dari Ketua Yayasan, Rektor, para Wakil Rektor, para Kaprodi, struktural dan Ketua LKK beserta dosen agama Universitas Pamulang. Acara dimulai dari pemotongan pita, penandatangan prasasti, pemotongan tumpeng, hingga pemotongan hewan qurban semua berjalan dengan lancar.

Sebelum memasuki masjid, Ketua Yayasan Sasmita Jaya Group Dr.(HC) Drs. H. Darsono dan Rektor Unpam Dr. Dayat Hidayat, M.M. melakukan pengguntingan pita dengan mengucapkan bismillah dan takbir untuk masuk secara bersama-sama masjid Darul Ulum yang mirip perahu Nabi Nuh As.

Dalam sambutannya, Ketua LKK Sofyan Hadi Musa, S.Pd.I., M.A. menyampaikan terima kasih karena menghadiahkan masjid ini untuk kegiatan keagamaan. “Masjid ini dinamakan Darul Ulum semoga menjadi tempat untuk menggali ilmu yang bermanfaat dan pusat kegiatan keagamaan. Terima kasih kepada Ketua Yayasan yang sudah menghadiahkan masjid yang indah dan megah ini yang didesign seperti kapal Nabi Nuh As. Masjid ini bisa mengangkut kita semua (ummat) dalam kejayaan dan bisa memakmurkannya,” ungkap Sofyan yang juga sebagai Qori International.

Sambutan juga datang dari Rektor Unpam Dr. Dayat Hidayat, M.M. yang berharap dengan dibangunnya masjid ini semoga terlahir para cendekiawan yang sholeh. “Yang utama adalah masjid dibangun dengan keimanan. Dari masjid akan melahirkan para cendekia, karena tempat untuk mencari ilmu. Ini masjid yang kedua yang dibangun oleh Yayasan Sasmita Jaya Group. Dari masjid, InsyaAllah Unpam akan menjadi besar,” harap Dayat Hidayat.

Baca Juga  4 Tersangka Pelaku Ganjal ATM Ditembak Polisi di Jakarta Barat

Sambutan selanjutnya dari Yayasan Sasmita Jaya Group Dr.(HC) Drs H. Darsono. “Kita bersyukur kepada Yang Maha Kuasa karena selalu dikabulkan niat kita untuk menjalankan amanah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat  untuk menimba ilmu yang tinggi yang merupakan visi misi lembaga Universitas Pamulang humanis-religius,” ungkap Pak Dar.

“Kita berharap para Mahasiswa tidak hanya cerdas pikirnya saja tetapi kita tingkatkan penumbuhan karakter yang baik, yang mempunyai keimanan yang baik. Karena banyak yang cerdas pikirnya tapi karena keimanan yang kurang baik sehingga merugikan yang lain,” sambung Pak Dar.

Sambutan juga datang dari Wakil Wali Kota Tangsel Drs. Benjamin Davnie yang menyampaikan terima kasihnya kepada Yayasan Sasmita Jaya Group selaku pemilik dari Univeritas Pamulang. “Kami ucapkan terima kasih kepada Yayasan Sasmita Jaya Group yang menghadiahi Kota Tangerang Selatan (menjadi) tempat yang luar biasa. Salah satunya masjid yang menjadi ikon Kota Tangsel (yang cerdas, modern dan religius). Universitas Pamulang menjadi tempat yang dipertahankan oleh Pak Darsono, padahal saya pernah usul nama Universiras diganti apa gitu. Kini, Unpam menjadi salah satu penguat (simbol) Kota Tangsel yang kini menjadi megah dan peringkat ke-55 top Universitas,” ungkap Benjamin.

Sebelum acara berakhir, tausiah disampaikan oleh Ketua MUI Tangsel K.H Saidi. “MasyaAllah, kalau kita ingin melihat keimanan, kita lihat saja masjidnya. Kalau masjid nya bagus, insyaAllah keimanannya juga bagus. Mari makmurkan masjid tidak hanya secara fisik atau bangunanya. Tapi juga secara ma’nawiyah yaitu tujuannya dibangunnya masjid ini. Mudah-mudahan masjid ini terus penuh jamaahnya dengan melaksanakan sholat lima waktu berjamaah,” nasehatnya.

Acara ini ditutup dengan penandatanganan prasasti, pemotongan tumpeng, dan pemotongan hewan qurban sebanyak 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing yang dibagikan kepada warga sekitar Unpam. ***

 

Penulis

Ranifah (Mahasiswa Stikes Widya Dharma Husada)

Deni Darmawan (Dosen Universitas Pamulang)

 

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply