Pengabdian Masyarakat Dosen Teknik Informatika UNPAM Kunjungi MTs Al Kautsar di Sawah Baru

TangselMedia-Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen Fakultas progam studi Teknik  Informatika Universitas Pamulang. Pada tanggal 04 Desember 2021, melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang bertempat di MTS Al- Kautsar, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan yang diikuti oleh 40 Santri dan 5 Mahasiswa dari Universitas Pamulang.

Madrasah Tsanawiyah (disingkat MTs) adalah jenjang dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah pertama, yang pengelolaannya dilakukan oleh Departemen Agama. Pendidikan madrasah tsanawiyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Murid kelas 9 diwajibkan mengikuti Ujian yang memengaruhi kelulusan siswa. Lulusan MTs dapat melanjutkan pendidikan ke madrasah aliyah atau sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan. Kurikulum madrasah tsanawiyah sama dengan kurikulum sekolah menengah pertama, hanya saja pada MTs terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam. Selain mengajarkan mata pelajaran sebagaimana sekolah dasar, juga ditambah dengan pelajaran-pelajaran seperti: ,Alquran dan Hadits, Aqidah dan Akhlaq, Fiqih,Sejarah Kebudayaan Islam sera Bahasa Arab.

MTs Al-Kautsar 712 adalah sebuah Lembaga Pendidikan setingkat SMP, yang memadukan kurikulum Pendidikan Agama dengan Mata pelajaran umum.sehingga peserta didik mampu berIman,berilmu serta mengamalkan ilmu tersebut,peserta didik tidak hanya pintar dalam ilmu namun juga memiliki keperibadian yang mencerminkan akhlak Islami.

Baca Juga  Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat, Dosen Unpam Berikan Penyuluhan Tentang Jual Beli Sistem Online Ke Majelis Taklim Di Tangsel

Dari hasil wawancara selanjutnya dengan Bapak Hermin Yaqub S.pdi Selaku Kepala Sekola MTS Al- Kautsar sebagian besar para Siswa/i masih belum mengenal tentang Rumus-Rumus pada Microsoft Office Excel. Maka pada program pengabdian masyarakat ini kami selaku team PKM dari Universitas Pamulang memberikan pelatihan dasar Rumus-rumus Microsoft Office Excel kepada para Siswa/I kelas 9 MTS Al-Kautsar. Tujuan dari Program pelatihan ini adalah untuk Menambah dan meningkatkan wawasan serta kemampuan para santri sebagai bekal para santri untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi ”jelas Tio Andrian, S. T, M.Kom,. sebagai ketua dari tim dosen pada kegiatan PKM”.

Bapak Ust. Hermin Yaqub S.Pdi, sebagai Kepala Sekolah MTS Al-Kautsar menambahkan, kegiatan ini sangat baik untuk para siswa/i guna menambah wawasan serta keterampilan para Siswa/i.

“Saya sebagai Kepala  Sekolah MTS Al-Kautsar sangat menyambut baik maksud dan tujuan dari kegiatan PKM ini, dan berharap kegiatan ini dapat rutin dilakukan di MTS Al- Kautsar karena dapat mengedukasi dan memberikan bekal keahlian kepada para santri,” terangnya.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply