Universitas Pamulang Hadir Untuk Kita

UNIVERSITAS PAMULANG HADIR UNTUK KITA

Oleh : Neng Ita Rosita*

 

Universitas Pamulang memang terkenal di seluruh pelosok negeri karena biaya yang sangat murah. Dicatat dari unpam.ac.id, tercatat jumlah mahasiswa universitas pamulang per Juli 2020 tercatat sebanyak 74.217 Mahasiswa yang terdiri dari berbagai wilayah dan pelosok di tanah air. Melihat banyaknya jumlah mahasiswa tersebut menjadi bahan motivasi untuk terus meningkatkan kualitas yang akan diberikan oleh Universitas Pamulang. Salah satunya dengan memenuhi rasio jumlah mahasiswa yang banyak tersebut, Unpam saat ini memiliki sekitar 2.036 jumlah dosen (unpam.ac.id  31/07/2020).

Dahulu Universitas Pamulang memang mengutamakan kuantitas dari pada kualitas, karena sasaran universitas pamulang yaitu golongan masyarakat menengah ke bawah. Bagaimana tidak, uang bulanan hanya dipatok sebesar Rp. 200.000/bulan tanpa ada biaya gedung, padahal yang kita lihat ada 3 gedung unpam yang terdiri gedung utama, gedung witana harja, dan gedung viktor. Bahkan sekarang ini sudah dimulai pembangunan gedung baru di wilayah kota serang dengan biaya bulanan sebesar Rp. 150.000 /bulan dengan nama  Universitas Sutomo yang beralamat di jalan lintas serang Рjakarta kp limandang, Kalodran, Kec. Walantaka, Serang, Banten 42183. Universitas Sutomo tersebut masih satu yayasan dengan Sasmita Jaya Group yang diketuai oleh Dr. (H.C.), H. Darsono.

Perlahan namun pasti, Universitas Pamulang mulai unjuk gigi, di akhir tahun 2020 ada beberapa program studi yang berhasil terakreditasi B, yaitu: Matematika, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan lainnya. Dengan adanya kenaikkan akreditasi tersebut artinya ada perubahan dan peningkatan dari segi pembelajaran, fasilitas, dan infrastruktur yang sudah mulai diperhatikan oleh Universitas Pamulang. Teknik industri Universitas Pamulang contohnya, Program Studi ini selalu melakukan perbaikan dari waktu ke waktu. Hal ini dilakukan agar setiap mahasiswa yang sedang menimba ilmu di bidang industri bisa mempunyai wawasan dan kemampuan yang lebih unggul dan terlatih.

Namun menjadikan mahasiswa yang berkompeten itu memang tidak mudah. Maka dari itu setiap kampus harus menyiapkan segala fasilitas untuk melatih kemampuan mahasiswanya. Teknik industri universitas pamulang saat ini sudah terakreditasi B oleh BANPT sejak tahun 2020. Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya selaku mahasiswa semester 8 saat ini (2021). Keberhasilan tersebut pasti tak luput dari kerja keras, dukungan, semangat, dan motivasi dari semua pihak, apalagi terhadap tim akreditasi baik dari dosen dan asisten laboratorium yang ikut andil dalam akreditasi tersebut.  Semua jerih payah terbayarkan dengan hasil keputusan yang menyatakan bahwa program studi Teknik Industri berhasil mendapatkan akreditasi B oleh BAN-PT.

Namun, rasa puas tak cukup sampai situ, “Dalam hidup ini saya memiliki mental seperti orang yang bermain sepeda, bila saya tidak mengayuh sepeda maka saya akan jatuh, jika saya berhenti bekerja maka saya mati”, B.J. Habibie. Maka setelah kegembiraan tersebut, Program Studi Teknik Industri terus mengembangkan kualitasnya, salah satunya yaitu dengan mengadakan pelatihan Solidwork yang berada dibawah naungan tim laboratorium terintegrasi. Pada 1x pelatihan tersebut, di ikuti oleh 15 mahasiswa, 2 asisten laboratorium, dan 1 dosen sebagai pelatih.

Baca Juga  Serikat Pemuda Muslim Kecam Pelarangan Cadar di Unpam

Pada pelatihan solidwork yang dilakukan di tengah pandemi covid-19 ini, seluruh mahasiswa, dosen, dan asisten laboratorium diwajibkan untuk memenuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, memakai sarung tangan, memakai face shield, menjaga jarak, serta membawa hasil rapid test yang menyatakan non-reaktif ataupun negatif dari covid-19.

Selain pelatihan solidwork di atas, Teknik Industri juga mempunyai produk yang di produksi oleh tim laboratorium, diantaranya yaitu pembersih lantai, sabun cuci piring, pewangi pakaian, dan hand sanitizer yang digunakan untuk kalangan internal Kampus. Produk-produk tersebut di kembangkan dan di produksi oleh laboratorium POBIS.

Produk-produk diatas nantinya akan dipakai untuk internal dan di pasarkan di kopinmart. Kopinmart adalah unit usaha di bidang ritel perdagangan di bawah badan hukum Koperasi Pinbik Unpam. Koperasi Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahan Universitas Pamulang (Koperasi PINBIK UNPAM) merupakan badan Untitled usaha yang berkedudukan di PINBIK UNPAM sebagai bentuk implementasi kegiatan Usahanya. Diresmikan Oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya Group Bpk. Dr. (HC) H. Darsono, disaksikan oleh Rektor Universitas Pamulang dan Pimpinan Bohan Food dalam acara grand launchingnya pada tanggal 5 Maret 2018. Unit usaha ini juga difungsikan sebagai laboratorium bisnis dan kewirausahaan yang berskala industri untuk pembelajaran bagi mahasiswa dan civitas akademika di Universitas Pamulang.

Setelah asisten laboratorium mampu membuat produk-produk tersebut, ilmu yang didapatkan mampu diterapkan dan dibagikan ke masyarakat dengan cara mengadakan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang telah dilaksanakan pada tanggal 5-6 Desember 2020 di Lebak. Pengadian tersebut mengajarkan kepada masyarakat sekitar untuk dapat membuat sabun cair guna membangun UMKM pedesaan demi meningkatkan tarap ekonomi masyarakat desa cihujan yang lebih baik.

Di setiap kampus baik swasta ataupun negeri pasti menginginkan seluruh mahasiswanya menjadi terampil, berani, mempunyai kemampuan dan perilaku yang baik. Maka dari itu mari kita semua sebagai mahasiswa Universitas Pamulang bahu-membahu agar terus menciptakan sebuah karya yang dapat berguna untuk diri sendiri dan masyarakat. Kesuksesan seseorang tidak perlu dilihat dari latar belakang kampusnya, jika ada kemauan pada diri, kita bisa membuat diri kita berkualitas ditengah segala keterbatasan. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, belajar dari sapu lidi, jika satu dipatahkan maka akan mudah sekali, namun jika 100 lidi dipatahkan maka akan saling menopang dan menyelamatkan satu sama lain. Terima kasih Universitas Pamulang telah memberikan pengalaman-pengalaman berharga yang mungkin tidak bisa kita dapatkan di kampus lain.***

 

*Penulis adalah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Tags:
Rate this article!

Related Posts

Leave a Reply