Kerjasama dengan Baznas, Ikadi Selenggarakan Seminar Zakat Nasional

TangselMedia – Pengurus Pusat Ikatan Dai Indonesia (PP Ikadi) menyelenggarakan seminar zakat nasional yang bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pada Minggu 21 Mei 2017, bertempat di meeting room, Hotel Padepokan Pencak Silat, TMII (Taman Mini Indonesia Indah).

Seminar ini mengambil tema: “Peran Dai dalam Pemberdayaan Pengelolaan Zakat untuk Kemakmuran Bangsa”. Dua pembicara yang hadir adalah: Direktur Koordinator Baznas, Mohammad Nasir Tajang dan Ketua Umum PP Ikadi, Prof. Ahmad Satori Ismail.

Nasir Tajang dan Satori Ismail dalam seminar zakat nasional. (sumber foto: TangselMedia)

“Dana zakat ini sangat besar jumlahnya, harus dikelola secara profesional, kalau tidak maka akan berbahaya”, tutur Nasir.

Ia juga memaparkan, bahwa zakat punya posisi yang sangat penting dan strategis, dari sudut pandang keagamaan, ekonomi dan sosial, jadi multi aspek, jika tidak dikelola secara baik, maka dampaknya akan sistemik.

Pada pemaparan kedua, terkait peran da’i dalam mewujudkan kebangkitan zakat di Indonesia.

“Salah satu peran da’i adalah memberikan tau’iyah (kesadaran, red.) kepada masyarakat terkait kewajiban zakat ini”, ujar Satori yang juga duduk sebagai komisioner di Baznas.

Menurut Satori, masih banyak muslim yang sudah paham zakat, namum belum mau membayarnya, apalagi yang belum paham.

Seminar ini dihadiri oleh utusan Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Dai Indonesia tingkat provinsi dari seluruh Indonesia. (DBS)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply