Tingkatkan Minat Baca SDIT Auliya Programkan “Two Weeks One Book” Untuk Siswanya

SDIT Auliya Bintaro. Foto: Istimewa

TangselMedia – Membaca memang menjadi salah satu cara untuk menambah ilmu pengetahuan. Tak hanya itu, seperti yang dilansir oleh situs Brighterlife Indonesia, membaca memiliki beberapa manfaat bagi anak, yaitu membaca buku, terutama buku cerita dapat meningkatkan kemampuan otak anak, terutama dalam mengembangkan daya imajinasi anak sesuai dengan apa yang dibaca.

Selain itu, membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan analisa anak. Saat membaca buku cerita, biasanya anak akan mulai terpancing dalam menerka bagian cerita berikutnya, bahkan menerka klimaks cerita tersebut “sepertinya aku tahu akhir cerita ini”. Jika anak mengungkapkan hal tersebut, itu menunjukkan bahwa jaringan otak anak sedang bekerja dengan baik.

SDIT AULIYA pun punya cara untuk meningkatkan potensi otak siswa sekaligus meningkatkan minat baca siswa melalui program Two Weeks One Book bagi siswa kelas 1-6. Siswi diwajibkan untuk satu buku berbahasa Inggris.

“Tak sekadar membaca, dalam program ini, siswa pun ditantang untuk berani bercerita di depan teman-teman kelas mereka dengan menggunakan Bahasa Inggris. Mereka juga kami beri lembar evaluasi dan menuliskan pendapat mereka tentang buku yang dibaca”, jelas Infra, selaku Wakil Kepala Sekolah SDIT AULIYA.

“Aku senang ketika harus membaca buku berbahasa inggris, karena gambar dan warnanya bagus. Dirumah juga sudah dibiasakan oleh orang tua untuk membaca buku cerita berbahasa inggris. Kalo di sekolah, isi bukunya harus diceritakan lagi ke teman-teman. Jadi bisa mendengarkan cerita dari teman-teman juga”, ujar Adam, siswa kelas 3 SDIT AULIYA.

Melaui program ini diharapkan siswa dapat lebih akrab dengan buku bacaan daripada gadget dalam keseharian mereka. “Sebaik-baik teman duduk disetiap saat adalah buku”. (isn)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply