Cara Mengantisipasi Bahaya Faktor Ergonomi Pada Lingkungan Rumah Tangga di Desa Mekarsari

 TangselMedia-Dalam rangka memenuhi Tri Dharma perguruan tinggi, Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini yang digelar pada tanggal 14 November 2021 ini bertempat di Desa Mekarsari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tanggerang, Banten. Dan menggingat masih dalam pemberlakuan masa PPKM kali ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dan sesingkat dari sebelum – sebelumnya.

Kegiatan PKM yang dilakukan dimasa pademi ini kita harus menggikuti dan mematuhi protokol Kesehatan 3M dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, dengan adanya edukasi ini diharapkan masyarakat dan mahasiswa sekalipun bisa menjadi memahami karena dampak ini. Dan tema yang kami sampaikan yaitu menggantisipasi bahaya faktor ergonomi pada lingkungan rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga sering dianggap pekerjaan yang memiliki resiko ataupun bahaya yang rendah. Pekerjaan rumah tangga dianggap pekerjaan yang ringan atau sepele. Hal ini bertolak belakang dengan maraknya berita kecelakaan kerja dilingkungan rumah tangga di berbagai media massa di Indonesia. Sering kali penyebab dari kecelakaan kerja ini adalah ketidaktahuan atau minimnya informasi mengenai bahaya, salah satunya bahaya faktor ergonomi dan psikologi.

Cara mengantisipasi bahaya faktor ergonomi pada lingkungan rumah tangga sangat diperlukan oleh masyarakat disini karena belum ada yang melakukan kegiatan sosialisasi tentang cara mengantisipasi bahaya faktor ergonomi pada lingkungan rumah tangga. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk memberi penyuluhan yang lebih mendalam tentang resiko dan penerapan ergonomi pada lingkungan dirumah tangga agar masyarakat bisa mencegah terjadinya kecelakaan kerja dilingkungan rumah tangga di desa Mekasari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, oleh sebab itu kami dan dosen Universitas Pamulang Prodi Teknik Industri melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu berupa Pembinaan dan menggatasi bahaya faktor ernomi pada lingkungan rumah tangga.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan mahasiswa Universitas Pamulang dan didampingi oleh dosen yaitu pak Muhammad yusuf, ST, M.T., kegiatan PKM ini wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa di Universitas Pamulang, serta 5 orang mahasiswa semester 5 yaitu Ikhwan setiawan, Guntur uca saputra, Muhammad rizal, Andre Lukman dan Aji pangestu. Ketua pengusul yaitu Bapak Muhammad yusuf ST, M.T,. mengusulkan kegiatan PKM kali ini dengan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu berupa Pembinaan dan cara mengatasi ergonomi pada lingkungan rumah tangga dengan warga sekitar desa Mekarsari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tanggerang.

Baca Juga  Pondok Pesantren di Serang Memproduksi Dodol Berbahan Baku Kangkung

Kegiatan PKM ini dilakukan dengan beberapa rangkaian, pertama pembukaan oleh ketua kelompok yaitu Muhammad rizal, dan Guntur uca saputra, ketua kelompok menyampaikan kata sambutan dan sekaligus membuka acara seminar menggenai faktor ergonomi pada lingkungan dirumah tangga. Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan hal yang paling penting dalam prosedur sebuah pekerjaan diperusahaan maupun dilingkungan rumah tangga. K3 adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja bagi tenaga kerja maupun orang lain di tempat kerja. K3 diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 1/1970 tentang keselamatan kerja yang mendefinisikan tempat kerja sebagai ruangan atau lapangan, tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap dimana tenaga kerja bekerja. Termasuk tempat kerja ialah semua ruangan, lapangan, halaman dan sekelilingnya yang merupakan bagian-bagian atau berhubungan dengan tempat kerja tersebut.

Kemudian rangkaian akhir acaranya pemberian Plakat kepada Ketua RT Bapak Soleh. selaku pengurus warga desa Mekarsari. Pemberian plakat ini dilakukan oleh ketua PKM yaitu Guntur uca saputra dan Muhammad rizal kepada Ketua RT. Bapak Soleh oleh ketua panitia Bapak Muhammad Yusuf S.T, M.T,.

Dan juga kegiatan PKM ini mendapatkan apresiasi dari para warga dan juga ketua RT. Desa Mekarsari, sekalu pengurus warga disekitar. Ikhwan setiawan beserta jajaran yang menyampaikan tema fakor ergomi pada linkungan warga sekitar yang mendampingi. Bersyukur serta berterima kasih dengan adanya PKM dari Prodi Teknik Industri ini.(***)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply