Penyuluhan Dan Praktek Pemberian Makanan Balita Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Serta Kesehatan Dalam Situasi Pandemi Covid 19 Di Posyandu Alamanda

TangselMedia-PKM ini dilakukan oleh dosen Teknik Industri Universitas Pamulang Tangerang Selatan DI Posyandu Alamanda, Pondok Petir. PKM dilakukan oleh Dr. Aceng abdul Hamid, S.T.,M.M dan Nurselvi S,T.P., M.Sc serta dibantu oleh lima orang mahasiswa Fakultas Teknik, Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang dengan judul “Penyuluhan Dan Praktek Pemberian Makanan Balita Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Serta Kesehatan Dalam Situasi Pandemi Covid 19 Di Posyandu Alamanda

Gambar 1. Kegiatan Pendaftaran di Posyandu Alamanda oleh Kader dan Tim PKM

Posyandu Alamanda merupakan Posyandu aktif yang melakukan kegiatan setiap bulannya pada minggu yang telah ditentukan. Namun, posyandu ini terhenti kegiatannya sejak  kasus COVID 19 pertama terjadi di Indonesia pada tanggal 2 maret 2020 dan terus meningkat hingga Agustus 2021, bahkan per Agustus tahun 2021 telah mengalami gelombang COVID 19 ke dua.

November merupakan masa percobaan kegiatan dalam masyarakat. Masyarakat mulai melakukan kegiatan normal seperti sebelum pandemic dengan tetap melakukan protocol kesehatan. Berbagai upaya untuk mengendalikan pandemic dan berdamai dengan keadaan agar keadaan perekonomian kembali membaik dan aktivitas masyarakat kembali berjalan. Dimulainya diadakannya kegiatan Posyandu di tengah masyarakat merupakan langkah yang baik dimana kegiatan ini dilakukan dengan membatasi peserta serta memastikan semua peserta posyandu Balita dalam keadaan sehat, menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

Gambar 2. Kegiatan Penimbangan di Posyandu Alamanda oleh Kader dan Tim PKM

Kegiatan PKM diadakan di tempat ini dengan tujuan 1) Meningkatan daya tahan tubuh balita dalam situasi pandemic COVID 19 melalui eduksi tentang MPASI sebagai usaha pencegahan COVID 19 di posyandu Balita Alamanda; 2) Menambah keterampilan ibu anggota posyandu alamanda tentang cara pengolahan makanan tambahan anak berbahan baku local, murah, mudah serta bergizi. Metode yang digunakan yaitu penyuluhan dalam bentuk presentasi dan diskusi  tentang makanan tambahan bagi bayi dan balita, tips dan trik mengolah makanan murah, sehat dan mudah serta padat gizi yang benar, Disamping itu juga penyebaran Leaflet tentang tata cara mengolah makanan yang benar.

Baca Juga  3 Bayi Tewas Dibunuh Di Tangerang Selatan

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan adanya sinergi antara civitas akademika dengan masyarakat sekitar, berbagi ilmu pengetahuan yang berguna bagi masyarakat khususnya penegtahuan tentang pengolahan makanan tambahan untuk anak dan balita.  Kegiatan posyandu meliputi kegiatan pendaftaran dapat dilihat pada Gambar 2.

Kegiatan PKM di posyandu Alamanda berjalan dengan sukses dan lancar dimana anggota dan kader posyandu sangat terbantu dengan kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh dosen Teknik Industri Universitas Pamulang.(***)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply